Yumaerong Tegese Batangane Kalebu Cangkriman

yumaerong tegese cangkriman
Share

Yumaerong Tegese utawa Batangane yaiku yuyu omahe ngerong Kalebu Cangkriman kang awujud wancahan utawa cekakan. Yu mahe rong artinya adalah yuyu (kepiting) omahe (rumahnya) ngerong (bolongan atau lobang). Merupakan jenis tembung yang masuk dalam kategori cangkriman wancahan (singkatan).

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, teka teki bahasa Jawa yu mahe rong atau yumaerong ini merupakan salah satu tebakan yang sudah saya dengar semenjak saya kecil.

Yaitu Pada waktu simbah saya masih sugeng (hidup). Beliau melontarkan pertanyaan tebakan bahasa Jawa yang jawabannya adala yuyu atau dalam bahasa lainnya ada yang menyebutnya cucu, omahe ngerong, rumahnya di lobang.

Biasanya ngerong cuyu (rumahnya kepiting) berada pada bolongan pinggiran sungai yang besar maupun kecil.

Mereka hidup dengan ikan kecil yang biasa kita sebut dengan iwak cethul.

Yumaerong Tegese Batangane yaiku Cuyu omahe ngerong, Klebu Cangkriman Cekakan/Wancahan (singkatan)

Dalam Bahasa Jawa, ada beberapa jenis wujud atau bentuk cangkriman.

Ada yang berupa pepindhan/irib-iriban, adapula cangkriman ngemu tembang (mengandung lagu), cangkriman blenderan/plesedan dan teka teki berupa singkatan kata yaitu cangkriman cekakan utawa wancahan.

Untuk cangkriman yu mahe rong kalebu cangkriman kang awujud cekakan utawa wancahan.

Maksudnya, tebakan bahasa Jawa ini masuk dalam kategori tebakan kata berupa singkatan.

Lebih jelasnya mari kita mengudari, apa ya bosone yang tepat. Merinci apa saja yang menjadi wancahan atau singkatan dalam teka teki ini.

Yu merupakan wancahan atau cekakan dari yuyu atau cuyu. Anda tentu sudah mengetahui hewan ini.

Dalam bahasa Indonesia, KBBI menggambarkan hewan yang identik dengan tuan crab pada film spongebob square pant ini dengan gambaran sebagai berikut;

Kepiting (yuyu/cuyu) adalah ketam yang hidup di pantai, berkaki sepuluh, dua di antaranya berupa supit yang tajam, punggungnya keras berwarna hijau kehitam-hitaman selebar telapak tangan, dapat dimakan.

Mahe adalah cekakan (singkatan) dari tembung (kata) omahe, dalam bahasa Indonesia artinya yaitu rumahnya.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan dengan bangunan tempat tinggal.

Rong dari kata yumaherong adalah singkatan tembung ngerong, tegese yaiku bolongan. Dalam bahasa Indonesia artinya lobang, menurut KBBI penulisannya yang benar adalah lubang, artinya yaitu adalah lekukan di tanah atau liang.

Demikianlah informasi cangkriman yumaerong batangane yaiku yuyu omahe ngerong, wilujeng siang, selamat menikmati maksi, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.