Pitik Putih Ngendhog Ing Segara Getih (Batangane Cangkriman)

Pitik Putih Ngendhog Ing Segara Getih (Batangane Cangkriman)

Batangane cangkriman sing unine Pitik putih ngendhog ing segara getih yaiku manggis, artinya adalah ayam putih bertelur di lautan darah, jawabannya adalah buah manggis. Berikut penjelasannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, berikut adalah penjelasan, uraian untuk menjelaskan kenapa cangkriman ini batangane woh manggis.

Penjelasannya dalam bahasa Jawa adalah sebagai berikut;

Kang diarani pitik putih ana ing cangkriman iku iya daginge woh manggis kang wernane putih lan wujude rada bunder. wondene kang diarani segara getih iya kulit jerone manggis kang wernane abang tua kaya werna getih.

Yang dimaksud dengan ayam putih dalam tebak-tebakan kata bahasa Jawa ini adalah dagingnya buah manggis yang warnanya putih dan wujudnya atau bentuknya agak bulat.

Adapun yang disebut dengan lautan darah yaitu kulit dalam manggis yang warnanya merah tua sebagaimana warna darah.

Batangane Cangkriman Pitik putih ngendhog ing segara getih Yaiku woh manggis, kalebu jenise cangkriman Pepindhan

Dalam tebak tebakan kata ini masuk dalam kategori cangkriman pepindhan Basa Jawa.

Cangkriman pepindhan yaiku jenise cangkriman kang ngemu tegese pepindhan utawa irib iriban. Jadi merupakan teka teki yang mengandung pemisalan. Irib-iriban tegese yaiku memper, artinya adalah mirip – mirip atau semisal.

Jadi dalam hal ini bentuk dari buah manggis merupakan pemisalan untuk teka teki dalam Bahasa Jawa ini.

Pada frasa pertama pitik putih (ayam putih) merujuk kepada dagingnya buah manggis yang warnanya sangat putih. Serupa dengan warna bulu ayam yang berwarna putih.

Ngendhog artinya adalah bertelur, jadi bentuk manggis yang agak bulat ini merupakan gambaran atau pepindhan endhog (memisalkan, memiripkan telur) sang ayam tadi.

Ing segara getih tegese yaiku manggon ana ing segara getih, artinya adalah berada di lautan darah. Karena pepindhan atau irib-iriban, maka tidak bisa memaknai secara harfiah.

Jadi maksudnya lautan darah atau segara getih ini merupakan pemisalan untuk warna bagian dalam buah manggis yang berwarna merah tua mirip dengan warnanya darah.

Demikianlah informasi tentang cangkirman pepindhan sing batangane woh manggis, maturnuwun sudah mampir membaca dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*