Yen Ibune Siji Anake Loro, Yen Anake Siji Ibune Loro, Yen Ibune Telu Ora Duwe Anak

cangkriman batangane salak nanas sulak kates jagung
cangkriman batangane salak nanas sulak kates jagung
Share

Yen Ibune Siji Anake Loro, Yen Anake Siji Ibune Loro, Yen Ibune Telu Ora Duwe Anak batangane bedhekane cangkriman yaiku salak, ada yang menyebut juga dengan kata ibuke. Berikut penjelasan dari cangkriman ini.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, ketemu kembali dengan kita yang akan membahas mengenai teka teki tebak tebakan bahasa Jawa untuk para siswa siswi SMP maupun MTS kela 7.

Dalam tebakan kata ini memberikan gambaran jumlah ibu dengan anaknya.

Berikut ini penggambaran kalimat pertanyaannya lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia.

Yen ibune siji anake loro tegese yaiku nek anake loro, mangka ibune mung siji, artinya apabila ibunya seorang maka dia memiliki dua orang anak.

Yen anake siji ibune loro yaiku anake mung siji namung ibune ana loro, artinya apabila ibunya dua orang, maka hanya memiliki seorang anak atau putra saja.

Dan yang terakhir yaitu yen ibune telu ora duwe anak, minangka ana 3 ibu mangka ora ana anake. Artinya apabila ibunya ada tiga orang, maka ketiganya tidak ada anaknya.

Itulah arti cangkriman diatas dalam terjemah bahasa Indonesia.

Penjelasan cangkriman Yen Ibune Siji Anake Loro, Yen Anake Siji Ibune Loro, Yen Ibune Telu Ora Duwe Anak sing batangane salak

Buah salak ini merupakan salah satu buah yang unik, sampai-sampai Nia Ramadhani tidak bisa atau tidak tahu cara mengupasnya.

Anda bisa mengupasnya?

Jika anda membuka atau mengupas buah salak, maka anda akan menemukan (biasanya) berisi 3 buah.

Bentuk dan ukurannya bisa bermacam macam.

Namun secara umum, apabila ada satu buah yang besar mendominasi, maka ada 2 buah isi salak yang kecil-kecil. Inilah penggambaran dari yen ibu siji anake loro.

Buah yang besar merupakan penggambaran dari seorang ibu yang tentunya lebih besar daripada anaknya pada waktu sang anak masih kecil.

Bentuk kedua yaitu dua buah isi salak yang besar-besar, nanti aka nada 1 buah salak yang kecil nylempit diantara kedua buah besar ini.

Itulah penggambaran dari yen Anake Siji Ibune Loro. Yaitu apabila ibunya dua maka anaknya Cuma satu saja.

Dan yang terakhir yaitu ukara unen unen sing unine ukarane yaiku Yen Ibune Telu Ora Duwe Anak menggambarkan buah salak yang seimbang besarnya antara satu dengan yang lainnya.

Sehingga menjadi gambaran 3 orang ibu yang tidak memiliki anak.

Begitulah batangane cangkriman Yen Ibune Siji Anake Loro, Yen Anake Siji Ibune Loro, Yen Ibune Telu Ora Duwe Anak bedhekane lan uga tegese. Wilujeng sonten, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.