Cangkriman Wit Thoyung Batangane Bedhekane

cangkriman wit thoyung bedhekane
Share

Cangkriman wit thoyung Batangane Bedhekane yaiku tegese Yen dijiwit atho biyung. Saya juga bingung kenapa banyak yang bilang athi bukan atho, mungkin kebanyakan copas alias copy paste kali ya?

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, wilujeng sonten selamat sore. Kali ini kita akan membahas salah satu tebak tebakan teka teki Basa Jawa.

Yaitu ukara unen unen cangkriman sing unine yaiku wit thoyung bedhekane yaiku yen dijiwit atho biyung artinya yaitu apabila dicubit aduh ibu (sakit rasanya).

Ukara tembung cangkriman ing ndhuwur utawa nang ngisor iki kalebu jinise cangkriman kang wujud utawa awujud cekakan.

Kata kata kalimat tebakan kata bahasa Jawa di atas ataupun di bawah ini masuk dalam kategori jenis teka teki yang berupa/berwujud singkatan.

Apa sih maksudnya cangkriman wancahan?

Cangkriman wancahan yaiku cangkriman kang wujud wewancahaning tembung-tembung. Wancah tegese cekak, wancahan tegese cekakan.

Tebakan kata wancahan adalah tebak kata yang berupa singkatan dari kata kata. Wancah artinya adalah singkat, wancahan artinya yaitu singkatan.

Bedhekane Cangkriman wit thoyung Batangane yen di jiwit atho biyung artinya

Kalau anda iseng mengartikan jawaban tebakan cangkriman bahasa Jawa ini ke dalam Bahasa Inggris maka bahasa Inggrisnya adalah If you were pinched, oh mom.

Mari kita artikan satu persatu kata atau kalimat singkatan dalam tebakan bahasa Jawa ini.

Wit yaiku cekakan saka ukara yen dijiwit artinya yaitu apabila dicubit.

Tho merupakan singkatan atau tembung cekak saka atho, yang arti dalam Bahasa Indonesia adalah teriakan mengaduh. Kalau dalam bahasa Indonesia biasanya menyebut dengan “aduh!!’

Yung yaitu singkatan dari kata atau tembung biyung. Dalam bahasa orang dahulu, biasa menyebut simbok atau ibu dengan biyung.

Apabila anda penggemar ketoprak (drama tradisional Jawa, bukan makanan khas Jakarta) anda tentu bisa mendengar seorang anak memanggil ibunya dengan sebutan biyung.

Maka apabila ada soal pertanyaan dalam Bahasa Jawa berupa cangkriman yang berbunyi wi thoyung maka tegese yaiku yen di jiwit atho biyung yang artinya apabila atau jika dicubit aduh ibu (sakit rasanya).

Akhirnya cukup sekian informasinya, salam kenal, selamat beraktivitas dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.