Batangane Pawon Cangkrimane Pepindhan

cangkrimane pawon batangane
Share

Batangane pawon utawa luweng pawonan cangkrimane pepindhan basa Jawa yaiku gajah nguntal sangkrah, kalebu cangkriman irib-iriban tegese yaiku ngemu kaya, memper, mirip-mirip.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, kali ini kita akan membahas tebak tebakan kata bahasa Jawa yang jawabannya adalah tungku api, kalau dalam bahasa Jawa kita mengatakan batangane cangkriman sing bedhekane pawon yaiku gajah nguntal sangkrah.

Apa maksudnya gajah nguntal sangkrah? Ya pawon atau luweng.

Untuk mengetahui kenapa seperti itu maka ada baiknya kita mengetahui arti masing masing tembung atau kata dalam cangkriman tebakan kata berbahasa Jawa ini.

Gajah artinya sebagaimana kita ketahui yaitu hewan besar dengan ciri khas hidungnya (dalam bahasa Jawa artinya adalah grana tegese irung) yang panjang, bertelinga lebar dan tubuhnya yang besar.

Nguntal artinya adalah memakan dengan bulat bulat. Yaitu melahapnya tanpa memotong motong lebih dahulu.

Sangkrah tegese yaiku uwuh, regetan, sampah, kayu-kayu serta ranting ranting ataupun dahan.

Jadi secara harfiah gajah nguntal sangkrah tegese yaiku kewan gedhe sing dawa irunge kang mangan langsung reregetan utawa kayu pang uwit-uwitan.

Batangane Pawon Cangkrimane Pepindhan

Karena ini termasuk dalam contoh cangkriman pepindhan atau irib-iriban, maka kita perlu mencari sesuatu yang perilaku atau kelakuan perbuatannya semisal seekor gajah yang melahap bulat bulat berbagai sampah maupun ranting dahan pohon.

Jawabannya yaitu tungku api yang dalam bahasa Jawa adalah luweng atau pawonan (pawon).

Dimana tungku api ini untuk menjaga apinya tetap menyala, maka manusia memasukkan berbagai macam kayu dahan serta sampah kedalam bagian bawah tungkunya.

Perilaku tungku yang kemasukan berbagai macam hal untuk dibakar supaya api tetap menyala merupakan tingkah laku keadaan yang mirip (irib-irib), kaya (seperti) pindhan (semisal) dengan gajah nguntal sangkrah (gajah melahap sampah dahan ranting).

Jadi apabila ada pertanyaan dalam soal ujian maupun LKS pr basa jawa untuk menyebutkan bunyi teka teki yang jawabannya adalah pawon/pawonan/luweng maka jawabannya adalah gajah nguntal sangkrah.

Demikianlah informasi tambahan pada siang hari ini, semoga menambah kosakata tebak tebakan basa Jawa pepindhan atau irib-iriban.

Akhirnya selamat makan siang, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.