Dijupuki Malah Mundhak Gedhe Batangane Cangkriman

dijupuki malah mundhak gedhe
dijupuki malah mundhak gedhe
Share

Gawea ukara unen unen tembung Dijupuki Malah Mundhak Gedhe Batangane Cangkriman yaiku Jugangan klebu jinise cangkriman kang awujud pepindhan utawa irib-iriban soal basa Jawa kelas 7 SMP MTs.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, berikut ini adalah tebak tebakan kata teka teki dalam Basa Jawa yang menanyakan di ambili akan tetapi malah semakin besar.

Maka jawaban pertanyaan ini adalah lahat, yang dalam bahasa Jawanya yaitu jugangan, lobang pada tanah atau apalah itu anda terjemahkan sendiri dalam Bahasa Indonesia.

Kalau anda perhatikan orang membuat lahat atau jugangan maka orang mencangkuli mengambili tanah supaya menjadi lobang atau lahat.

Dengan berkurangnya tanah yang di ambili ini menjadikan lahatnya semakin besar.

Maka cocoklah kalimat cangkriman sebagaimana diatas yang artinya dalam bahasa Indonesia yaitu diambili namun semakin besar.

Yang dalam bahasa Jawa yaitu dijupuki malah mundhak gedhe sing bedhekane utawa tegese yaiku jugangan.

masuk dalam kategori jenis contoh cangkriman pepindhan utawa irib iriban

Jadi jika ada pertanyaan yang berbunyi gawea pitakon cangkriman unen unen ukara basa Jawa sing batangane yaiku jugangan maka jawabannya sebagaimana dalam judul artikel ini.

Dijupuki Malah Mundhak Gedhe kelebu jinise cangkriman Pepindhan

Sebagaimana sudah banyak pembahasan mengenai jenis-jenis teka teki basa Jawa bahwasanya tebakan ini masuk dalam kategori irib-iriban atau pepindhan.

Dalam bahasa Jawa anda bisa mengatakan bahwa ukara tembung unen-unen sing unine Dijupuki Malah Mundhak Gedhe Batangane yaiku jugangan klebu jinise cangkriman kang awujud irib-iriban utawa pepindhan.

Maksudnya tebakan kata ini maksudnya adalah teka teki dengan maksud suatu barang yang memiliki kemiripan. Memper atau kaya (bahasa jawanya seperti) barang sing ditakokake.

Dalam bahasa Jawa, jugangan biasanya pemakaiannya untuk meletakkan sampah maupun sisa sisa barang yang tidak dipakai.

Bisa jadi untuk dibakar maupun ditimbun.

Dengan begitu secara lazim dalam basa Jawa, jugangan merupakan suatu tempat yang fungsinya untuk menempatkan barang-barang tidak terpakai. Singkatnya berfungsi sebagai tempat sampah.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cangkriman jugangan. Sing ukaran pitakonane yaiku yen di jupuki malah mundhak gedhe, klebu jenise cangkriman irib-iriban utawa pepindhan.

Wilujeng dalu, selamat malam salam kenal dan wassalaamu’alaikum


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.