Biti Notun Noti biratun batangane, Jenise Cangkriman

Biti Notun Noti biratun batangane, Jenise Cangkriman

Wangsulane utawa bedhekane cangkriman biti notun noti biratun tegese yaiku babi mati cino getun, cino mati babi ora getun artinya adalah babi mati orang keturunan china menyesal, orang china mati babinya tidak menyesal.

pontren.com – assalaaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam para pembaca internet yang budiman.

Kali ini kita akan membahas tebak tebakan bahasa Jawa biti notun jenise cangkriman wanchan utawa cekakan utawa tugelan wanda.

Tebak tebakan ini masuk dalam kategori teka teki atau cangkriman wancahan. Alasannya karena sebagaimana berikut ini;

Kagolong utawa kalebu jenise cangkrimane cekakan amarga carane mbatang kanthi mangsuli adhedhasar wanda kang ana ing sajroning gatra.

Masuk dalam kategori jenis teka teki tebak tebakan kata dalam bahasa Jawa singkatan (wancahan) karena cara menjawabnya berdasarkan suku kata yang ada dalam bait pertanyaan.

Batangane Cangkriman Biti Notun Noti biratun Kalebu jenise wancahan

Kenapa bisa ada cangkriman seperti ini yang kesannya seperti menyudutkan dari ras tertentu.

Karena melihat gelagatnya, ada penyesalan karena kehilangan barang yang ada nilai kekayaannya. Sehingga merujuk kepada perilaku yang tamak kikir atau apalah yang begitu memperhatikan kekayaan secara materi.

Namun biarlah hal ini menjadi pembahasan para ahli berkenaan dengan sikap rasis dan yang semislnya.

Kembali lagi ke pembahasan mengurai jawaban atau wangsulane cangkriman biti notun ini.

Untuk lebih jelas mengenai jawaban dari tebakan berbahasa Jawa ini mari kita membahasnya dengan mengurai maksud dari suku kata yang ada.

Biti wancahan saka bi = babi (hewan celeng berwarna putih yang dipelihara) lan ti = mati (kehilangan nyawa). Natun wancahan saka na = china/cino (orang keturunan dari tiongkok), lan tun = getun (menyesal karena matinya si babi).

Noti biratun, penjelasannya adalah noti asale saka tembung wancahan saka no = cino dan ti = mati. Biratun asale saka wancahan bi = babi, ra = ora (artinya adalah tidak) lan wanda tun wancahan/cekakan saka tembung getun yang atinya menyesal.

Jadi Biti Notun Noti biratun artinya adalah babi mati orang keturunan Tiongok menyesal, orang turunan China meninggal babinya tidak menyesal, yang dalam bahasa Jawa batangane cangkrimane yaiki babi mati Cino getun, cino mati babi ora getun.

Demikianlah sekedar informasi tentang batangane utawa bedhekane cangkriman Basa Jawa pelajaran untuk kelas 5 SD MI maupun jenjang SMP dan SMA. Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top