Tuwok Rawan Tegese Cangkriman Bedhekane Artinya

cangkriman tuwok rawan
Share

Tuwok Rawan Tegese Cangkriman Bedhekane yaiku Untu krowok larane ora karu-karuan Artinya adalah gigi berlubang sakitnya tidak karu-karuan (begitu dahsyat rasa sakitnya). Cangkrimane nang ndhuwur iku klebu cangkriman sing wujud utawa awujud wancahan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, benarlah kata Meggy Z. Dalam lagu dangdut zaman dahulu mengenai sakit gigi.

Yaitu sakitnya begitu mendera, pipi bengkak karena radang, namun malu di jenguk tetangga karena sakit yang sepele, lara untu.

Hal ini sesuai dengan cangkriman wancahan/cekakan atau singkatan yang berbunyi tuwok rawan sing tegese yaiku untu krowok larane ora karu-karuan.

Baiklah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah arti dalam bahasa Indonesia kalimat yang ada pada paragraf pertama diatas.

Tuwok rawan artinya tebak tebakan kata teka teki bahasa Jawa jawabannya adalah gigi berlobang sakitnya minta ampun. Masuk dalam kategori jenis cekakan (singkatan yang dalam bahasa Jawa juga disebut dengan wancahan).

Tuwok Rawan Kalebu Jenise Cangkriman Wancahan

Sebagaimana kami informasikan tadi bahwasanya tebak tebakan kata atau cangkriman ini masuk dalam contoh cangkriman wancahan.

Apa sing dimaksud cangkriman wancahan?

Dalam bahasa halus krama inggil anda bisa mengatakan yang dimaksud dengan Cangkriman wancah punika cangkriman ingkang awujud wewancahaning tembung-tembung. Wancah tegesipun cekak, wancahan ateges cekakan.

Artinya cangkriman wancahan adalah teka teki bahasa jawa yang berupa singkatannya kata-kata. Wancah artinya singkat, wancahan artinya adalah singkatan.

Mari kita urai wancahan atau singkatan yang ada dalam teka teki ini lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

Tuwok rawan berasal dari kata untu krowok, untu artinya gigi, krowok artinya adalah berlobang.

Sedangkan tembung rawan berasal dari kata ra dan wan, wa dari ora yang artinya tidak, wan cekakan dari karu-karuan, artinya tidak karu-karuan. Maksudnya adalah sakitnya minta ampun.

Jadi arti cangkriman basa jawa untu krowok rasane ra karu-karuan maksudnya adalah sakit gigi rasanya sangat sakit tidak karu karuan.

Demikianlah tambahan koleksi tebak tebakan kata cangkriman bahasa Jawa Tuwok rawan tegese batangane bedhekane lengkap dengan artinya basa jawa dan Indonesia. Wilujeng sonten, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *