Wong Buang Bathang Tikus Sing Dicekel Dhisik Yaiku Batangane

wong buang bathang tikus
Share

menawa ana pitakon unen unen ukaraa Cangkriman kaya nang ngisor ndhuwur iki golekana jawabane ! Yen ketemu bathang tikus, apa sing kok tindakake sepisanan? Bedhekane utawa batangane kon milih a. Irunge b. Buntute c. Sikile d. Kupinge jawabane sik bener yaiku irung utawa grana.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, kali ini kita akan membahas teka teki bahasa Jawa berkenaan dengan hewan pengerat yang menjengkelkan dan banyak menimbulkan masalah bagi manusia. Atau setidaknya mengganggu dalam kehidupan.

Mari kita artikan bahasa Jawa di atas kedalam Bahasa Indonesia.

Begini artinya.

Apabila ada pertanyaan kalimat teka teki bahasa jawa sebagaimana diatas atau dibawah ini carilah jawabannya! Apa yang kamu lakukan pertama kali apabila bertemu dengan bangkai tikus?

Atau ada yang soalnya berbunyi seperti ini;

“wong buang bathang tikus sing dicekel dhisik apane” artinya orang yang membuang bangkai tikus, yang lebih duluan dipegang apanya?

Kemudian di bawah soal cangkriman ini ada beberapa pilihan jawaban, bahasa kerennya multiple choice.

Adapun pilihan jawabannya adalah;

a. Irunge
b. Buntute
c. Sikile
d. Kupinge

maka jawabannya alias bedhekane utawa batangane sing bener yaiki nyekel irunge utawa irung, basa krama inggile yaiku grana.

Penjelasan Batangane Cangkriman Wong Buang Bathang Tikus Sing Dicekel Dhisik apane

Dahulu kala saya sempat mengalami kegagalan menjawab pertanyaan ini karena salah menganalisa.

Adapun jawaban saya waktu masih kecil orang kalau membuang bangkai tikus tentu yang dipegang adalah buntut atau ekornya.

Yaitu bagian kecil dan di rasa paling gampang memegangnya dengan minimal kontak dengan fisik si tikus.

Memang benar logika ini tidak salah, namun ada logika lain yang lebih tepat, jadi sejurus sebelum memegang ekor atau buntut bangkai tikus, maka tangan akan memegang hidung supaya tidak membaui bau busuk yang keluar dari bangkai si mickey mouse ini.

Itulah kenapa ukara tembung cangkriman sing unine Yen ketemu bathang tikus, apa sing kok tindakake sepisanan? Batangane yaiku irunge utawa irung, amarga sik sepisan dicekel tangan yaiku irung.

Tangan mithet irung supayane ora mambu bathang tikus, nembe sak banjure nyekel buntut lan mbuang tikus mau marang kali utawa pawuhan.

Jadi tangan memencet hidungnya supaya tidak mendapatkan aroma yang sangat tidak enak yang keluar dari tikus yang wafat tadi. Akhirnya salam kenal, wilujeng sonten dan wassalaamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.