Jatos Lempuk Batangane Bedhekane

Cangkriman sing unine jatos lempuk batangan utawa bedhekane yaiku (wit) jati atos pelem empuk kalebu jenise cangkriman wancahan yang artinya jati keras mangga empuk, tebak tebakan kata dalam Bahasa Jawa berupa singkatan kata.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam para pelajar utamanya yang ada di SMP alias sekolah menengah Pertama maupun santri pada Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Kali ini kita akan membahas mengenai cangkriman wancahan bahasa Jawa yang memiliki jawaban berupa (kayu) jati keras sedangkan (buah) mangga empuk.

Bagi saya pribadi untuk cangkriman model cekakan atau wancahan ini memerlukan pembelajaran khusus yang lebih kepada menghafalkan jawabannya (batangane).

Karena saya mengalami kesulitan untuk mengetahui jawabannya.

jatos lempuk batangane cangkriman

Alasannya karena sifatnya berupa singkatan. Sehingga kalau anda tidak ada ide maka akan sangat sulit menerka – nerka jawabannya dengan rasio kalkulasi akal anda.

Berbeda dengan model cangkriman irib-iriban yang mungkin saja anda bisa menganalisa dengan nalar anda kira – kira jawabannya apa.

Hal ini (penalaran) jawaban atau batangane tidak berlaku untuk model cangkriman wancahan.

Jika hendak mengetahui lebih banyak macamnya, anda bisa membaca pada artikel contoh cangkriman wancahan basa Jawa lan Batangane.

Yang jelas, anda harus mengerti kepanjangan apa maksud dari singkatan yang ada dalam tebak tebakan ini. Yang dalam Bahasa Indonesia yaitu kudu mangerteni carane mbatang cangkriman wancahan.

Batangane Cangkriman Jatos Lempuk Yaiku

Baiklah, sekedar mengulang penjelasan saja, berikut adalah bedhekane cangkriman ini.

Jatos yaiku asale saka wancahane jati lan atos, yang artinya adalah (kayu) jati kang nduweni sifat atos, kosokbaline tembung empuk (kebalikan kata dari empuk).

Sedangkan wancahan lempuk asale saka tembung lem (pelem) yaitu nama buah yang artinya bahasa Indonesia adalah mangga, dan kata puk yang asalnya wancahan dari empuk.

Kalau anda anak generasi kelahiran era 80 an mungkin aja anda ingat dengan iklan pindy mint yang memiliki tagline “dingin-dingin empuk”.

Tegese empuk yaiku kosokbaline saka tembung atos, artinya adalah kebalikan dari kata keras.

Nah demikianlah jawaban dari tebak tebakan singkatan dalam bahasa Jawa. Semoga membantu anda dalam mengerjakan tugas atau menjawab soal mapel Basa daerah dalam tantri Basa.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*