Tembung Didangu Tegese Artinya Bahasa Jawa, Tuladha Ukara

Share

Tembung didangu tegese artinya Bahasa Jawa dalam sebuah lirik lagu anak anak kecil pada saat TK maupun SD yang berbunyi siji loro telu, astane sedheku, mirengake buguru menawa didangu, papat nuli lima lenggahe sing tata aja padha sembrana, mundak ora bisa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, berikut ini adalah arti kata tembung didangu tegese dalam Bahasa Indonesia artinya yang merupakan terjemah dari Bahasa Jawa.

Dalam lagu siji loro telu, astane sedheku, mirengake buguru menawa didangu. Didangu tegese yaiku ditanya.

Dalam Bahasa Jawa, ada tingkatan Bahasa, kata di dangu ini untuk bentuk penghormatan kepada orang yang lebih tua atau tinggi derajatnya.

Jadi bukan untuk kalimat arti bertanya untuk teman sepantaran atau seumuran.

Tegese didangu conto ukara tuladhane

Gawea ukara tuladha nganggo tembung didangu, buatlah contoh kalimat menggunakan kata ditanya.

Berikut ini contohnya dalam Bahasa Jawa dan kami terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia.

mirengake bu guru menawa didangu tegese

Bima didangu Pak Wibawa, mbesuk gede pengen dadi apa? Jawabe Bima pengen dadi youtuber. Artinya, Bima ditanya pak Wibawa, kalau besar nanti ingin menjadi apa? Jawaban Bima besok kalau sudah besar ingin menjadi youtuber.

Contoh lainya misalnya adalah; Rini didangu ibu guru wis nggarap tugas opo durung. Artinya rini ditanyain oleh ibu guru apakah sudah mengerjakan tugas atau belum.

Dari contoh kalimat diatas, anda bisa mengetahui bahwa orang yang bertanya merupakan orang yang mendapatkan penghormatan atau di hormati maupun layak untuk mendapatkan hormat dari yang berbicara.

Lagu Tembang Siji Loro Telu syair lirik tegese arti terjemah Jawa ke Bahasa Indonesia

Menyinggung mengenai lagu atau tembang dolanan diatas yang awalnya siji loro telu, berikut adalah arti dan maksudnya dalam bahasa Indonesia.

siji loro telu, astane sedheku, tegese ngitung angka siji tekan telu, sakbanjure tangane rapi nang nduwur meja ditekuk kang rapi. Artinya satu dua tiga, tangannya dilipat diatas meja.

mirengake buguru menawa didangu tegese nyimak bu guru nerangne pelajaran, mbok menawa mengko didangu ambek bu guru, didangu tegese ditakoni. Artinya mendengarkan ibu guru yang mungkin saja nanti ditanyain.

papat nuli lima lenggahe sing tata tegese ngitung papat sak banjure lima, lungguhe sik rapi, anteng ora usreg. Nuli tegese yaiku sak banjure, bar kuwi. Artinya empat selanjutnya lima, duduknya yang rapi.
aja padha sembrana, mundak ora bisa tegese yaiku ojo gojeg nalika bu guru nerangne pelajaran, mengko ndak ora mudheng lan ora bisa paham pelajaran kang di paringake ibu guru. Artinya, janganlah bermain-main, nanti tidak bisa (pelajaran).

Demikianlah informasi mengenai tegese didangu yang artinya di takoni atau ditanya, selanjutnya terjemah dan arti isi tembang siji loro telu.

Wilujeng dalu, selamat malam dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Ibnu Singorejo

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *