Tembung Sumringah Tegese Conto Tuladha Ukara

sumringah tegese
Share

Gawea contoh tuladha ukara tembung sumringah tegese apa artine Basa Jawa lengkap dengan arti beserta terjemah dalam Bahasa Indonesia lengkap contoh kalimatnya.

pontren.com – assalaamu’alaikuum, wilujeng dalu selamat malam, apa tegese tembung sumringah? tegese yaiku seneng banget, bungah atine. Artinya Basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia kata sumringah yaitu sangat senang, begitu gembira, berbunga-bunga hatinya.

Jadi tembung sumringah artinya adalah suatu keadaan yang sangat senang, bukan hanya sekedar senang saja, berbinar-binar dan berbunga bunga saking senangnya.

Biasanya keadaan ini yaitu sumringah terlihat dari raut muka yang nampak semangat berbinar-binar matanya tanda kebahagiaan yang sangat mendalam.

Tuladha ukara Tembung sumringah lan tegese

Semisal ada sebuah pertanyaan yang meminta anda untuk membuat contoh kalimat menggunakan kata ini dalam bahasa Jawa.

Pertanyaan tersebut misalnya seperti ini,” Gawea ukara nganggo tembung sumringah lan lan tegese basa Jawa artikan kedalam bahasa Indonesia.

Maka contohnya yang bisa kami haturkan adalah sebagai berikut;

Para petani sumringah amarga rega rabuk murah, tandurane uwoh akeh lan gedhe-gedhe, regane murwat ora anjlog amarga panen raya. Artinya adalah para petani sangat senang karena harga pupuk yang murah, tanamannya berbuah besar-besar, harganya cocok tidak anjlok karena panen raya.

Jangan anda tambahkan di belakang kalimat ini tapi bo ong ya, nanti kena bully orang yang tidak suka.

Contoh kedua misalnya berkenaan dengan nilai yang bagus karena lulus ujian sekolah atau nasional.

Para murid katon sumringah amarga kabeh padha lulus ujian nasional kanthi biji sing nyenengake. Para siswa tampak gembira karena semua lulus ujian nasional dengan nilai yang menyenangkan.

Satu lagi contoh dalam kalimat bahasa Jawa seperti Ibu Diana guru Kimia sumringah amarga diangkat dadi kepala Sekolah. Artinya Ibu Setiyaningsih guru mata pelajaran kimia gembira karena di angkat menjadi kepala sekolah.

Contoh lainnya yaitu Hardiyah Novita sumringah amarga tunjangan covid-19 wis mudhun, keno kanggo piknik menyang kebun teh ing Desa Kemuning Ngargoyoso Karanganyar. artinya Hardiyah Novita sangat gembira karena tunjangan covid-19 turun, bisa di pakai untuk berwisata ke kebun Teh di Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

Demikianlah contoh tuladha ukara tembung sumringah tegese basa Jawa artinya dalam bahasa Indonesia, semoga memudahkan dalam mengerjakan soal ujian maupun LKS.

Akhirnya salam kenal, wilujeng dalu dan wassalaamu’alaikum.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.