Prasaja Tegese, Ukara Tembung, Tuladha lan kosokbaline

prasaja tegese
Share

Prasaja Tegese ukara tembung Tuladha lan kosokbaline. Arti prasaja dalam bahasa jawa beserta contoh kalimat dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, tembung prasaja tegese opo? Tegese yaiku sak madya, sedengan, sederhana. Adapula yang mengartikan dengan jujur, terus terang apa adanya.

Yen di artekne ing boso jowo yoiku jujur, opo anane lan bares.

tuladha ukara prasaja lan tegese basa Jawa artinya Bahasa Indonesia

berikut ini adalah contoh kalimat menggunakan kata prasojo yang memiliki arti sederhana, seperlunya lengkap dengan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia memakai kromo inggil.

Werkudara kagungan watak prasaja artinya adalah Werkodoro (Bima) mempunyai sifat yang sederhana.

Dalam cerita pewayangan dengan dalang ki Manteb Sudarsono, ada kata prasaja dalam dialog antara Prabu Baladewa dengan Sri Kresna.

Yaitu pada Saat Baladewa membawa senjata nanggala karena marah Bimasena atau Werkudara memukul paha kiri Prabu Anom Kurupati (Duryodana).

Alasannya perbuatan memukul area di bagian bawah perut bukanlah perbuatan Ksatria, melainkan perbuatan kaum rendahan sudra.

Kresna mencegat Baladewa yang hendak memakai Nanggala untuk menghajar Bima.

Kemudian terjadi percakapan yang intinya Sri Kresna juga memiliki senjata Kresna.

Kresna bertanya kepada Baladewa,” koko Prabu ngedalaken nenggala kagem napa? Artinya kakak Prabu mengeluarkan nenggala untuk apa?

Maka dengan malu-malu Baladewa berkata,” iki mau Persajan wae, Nenggala kuwi nek pirang-pirang ndino ora tak isis ngono kuwi rasane kok piye, rasane kok ora kepenak.”

Artinya, terus terang saja, senjataku (nenggala) itu kalau tidak dikasih angin beberapa hari kok rasanya bagaimana begitu. Rasanya tidak enak.

tuladha tembung prasaja

Ada juga berupa contoh atau tuladha berupa parikan atau sebuah ungkapan yaitu wajik kletik gula jawa, luwih becik sing prasaja.

Artinya adalah wajik kletik (makanan khas jawa timur berbahan ketan, kelapa dan gula, berbungkus kertas atau klobot) gula jawa, lebih baik yang sederhana saja. kira-kira begitulah artinya.

Maksudnya sederhana yaitu tidak berlebihan, sak madya, secukupnya atau sepatutnya.

Contoh lain memakai kata prasojo (tuladha ukara nganggo prasaja) dalam bahasa ngoko misalnya adalah,” urip iku sik prasaja wae”. Artinya yaitu hidup itu yang sederhana saja.

Kosokbaline Prasaja

Kosokbaline prasja yaiku mubra-mubra. Artinya akeh banget utawa sangat banyak.

Contoh parikan menggunakan kata ini yaitu ukara mubra-mubra blabur madu, tegese yaiku wong kang sarwo kecukupan. Artinya adalah orang yang serba dalam kecukupan.

Kebalikan kata prasaja adalah bisa bermacam-macam arti, dapat mengartikan dengan berlebih-lebihan, atau bisa juga dengan istilah terlalu banyak basa-basi, banyak cakap juga bisa.

Contoh misalnya adalah, menawi ngendikan ingkang prasaja kemawon, mbotensah mubra-mubra.

Artinya, jika berbicara yang secukupnya saja, tidak usah terlalu banyak.

Penutup kata,

Demikianlah arti prasaja tegese sak madya, sederhana, apa anane, juga bisa memiliki arti jujur apa adanya, tanpa basa basi juga bisa.

Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal, semoga memudahkan dalam mengerjakan tugas. Akhirnya wilujeng dalu, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *