Dipedhanga Dimriyema Dibedhila ora Mati Nanging yen Dicegati Mati

Share

Cangkriman Dipedhanga, dimriyema, dibedhila ora mati nanging yen dicegati mati batangane yaiku banyu, tegese artinya teka teki ini adalah meski di babat dengan pedang, dihajar memakai meriam, ditembak dengan senapan tidak mati, akan tetapi apabila dicegat maka dia mati.

pontren.com – tegese cangkriman Dipedhanga dimriyema dibedhila ora mati nanging yen dicegati mati maksudte yaiku arepa di pedang, dibom karo meriyam, di bedhil ambek pistol utawa tembak iku tetep isih urip wae.

Ananging yen dicegat deweke mati, maka jawabannya adalah air. Jawaban cangkriman dalam istilah bahasa Jawa disebut dengan batangan utawa batangane.

Penjelasan cangkriman Dipedhanga Dimriyem Dibedhila ora Mati batangane banyu (Air)

Tentu anda sudah bisa memahami maksud teka teki ini, penjelasan dipedhanga adalah di babat menggunakan pedang, dibacok, ditusuk dan lain sebagainya, maka air akan tetap hidup, maksudnya bisa mengalir.

Begitu pula untuk mematikan air menggunakan meriam dengan cara di tembakkan, maka air tersebut masih bisa mengalir (hidup) alias isih urip.

Untuk mematikannya dengan menggunakan senapan dengan cara ditembak (dibedhila) maka dia tetap saja masih hidup (bisa mengalir), ora mati.

Akan tetapi, karakteristik air, apabila dicegati maka dia akan mati. Dalam bahasa Indonesia adalah menghalangi.

Cara menghalangi air dengan cara di bendung, maka dia akan mati. Maksudnya adalah sudah tidak mengalir lagi.

Begitulah cangkriman Bahasa Jawa yang batangane air.

Bausastra kata kata sulit tegese;

Berikut ini adalah terjemah tembung atau kata dalam cangkriman satu persatu untuk mempermudah memahami teka teki ini (Dipedhanga, Dimriyem Dibedhila ora Mati).

Dipedhanga tegese di bacok, ditujeb, ditebas nganggo pedang, artinya di tusuk, disabet, dilukai menggunakan senjata tajam yaitu pedang

Dimriyema tegese yaiku ditembak nganggo meriyam artinya adalah dibom menggunakan senjata meriam.

dibedhila tegese ditembak nganggo bedil utawa pistol artinya ditembak dengan menggunakan senapan api semisal pistol ataupun senapan.

ora mati tegese isih urip artinya tidak mati, masih saja hidup (meski dibacok, dimeriam maupun di tembak).

Nanging tegese yaiku namun, akan tetapi

Yen tegese yaiku nek, artinya jika,

dicegati tegese yaiku dicedangi, dialangi artinya decegat, dihalangi (dalam cangkriman ini maksudnya yaitu dibendung) maka air akan mati.

Demikian penjelasannya cangkriman kang batangane banyu, tegese lan penjelasan ukara tuladhane basa Jawa. Wilujeng enjang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *