Dalil AlQuran tentang Qada dan Qadar beserta Pengertian dan Manfaat

Share

Dalil AlQuran tentang Qada dan Qadar, pengertian beriman kepada qadha dan qodar, lengkap dengan teks latin tulisan arab beserta arti Bahasa Indonesia alias terjemahnya, contoh perilaku sehari-hari beserta manfaat hikmahnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, pada postingan kali ini kita akan menyampaikan mengenai pengertian qada dan qadar lengkap dengan dalil naqli yaitu dalil al-Qur’an tentang Qada dan Qadar lengkap tulisan teks latin arab beserta terjemah dalam bahasa Indonesia.

Sebelum menuliskan mengenai dalil naqli, mari kita menjawab soal berkenaan dengan pengertiannya mengacu kepada buku pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas IX atau 3 SMP.

Langsung saja berikut informasinya

Pengertian qada dan qadar

Pengertian Secara bahasa, qada memiliki beberapa pengertian, yaitu: hukum, keputusan, ketetapan, kehendak.

Sedangkan Qadar secara bahasa artinya kepastian, ukuran, kekuasaan, perwujudan kehendak.

Adapun pengertian secara istilah, qada adalah ketetapan Allah terhadap segala sesuatu sejak zaman azali.

Apakah zaman azali?

Zaman azali ialah zaman ketika segala sesuatu belum tercipta.

source : brainly

Sedangkan pengertian secara istilah Qadar ialah perwujudan kehendak Allah Swt. terhadap semua makhluk-Nya dalam ukuran dan bentuk-bentuk tertentu sesuai dengan iradah-Nya.

apabila ada pertanyaan yang berbunyi “jelaskan pengertian beriman kepada qada dan qadar!” maka jwabannya sebagai berikut ini.

Pengertian beriman kepada qada dan qadar adalah percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menentukan segala sesuatu yang akan terjadi pada mahluknya.

Dalam buku yang lain menyebutkan bahwa pengertian kepada qada dan qadar adalah percaya bahwa segala apa yang terjadi di alam semesta ini. Seperti adanya sehat dan sakit, hidup dan mati, rezeki dan jodoh seseorang merupakan kehendak dan ketentuan Allah Swt.

Itulah beberapa pengertian tentang beriman kepada qada dan qadar berdasarkan buku PAI dan budi pekerti untuk kelas IX SMP atau MTs.

Dalil Alquran tentang Qada dan Qadar beserta hadits

kalau ada soal yang berbunyi “tulislah satu buah dalil alquran tentang qada dan qadar!” anda bisa menyampaikan dalil alquran tentang qada dan qadar yang terdapat dalam surat al ahzab ayat 36.

Adapun teks arab dan latin surat al ahzab ayat 36 dan artinya adalah sebagai berikut;

Teks latin : wa maa kaana limu’miniw-wa laa mu’minatin idzaa qadha-llaahu wa rasuuluhuu amron ay-yakkuuna lahumul khoirotu min amrihim. Wa may ya’shallaaha w rasuulahuu waqod dholla dholaalam mubiinaa

Artinya ; Dan tidaklah pantas bagi laki-laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh, dia telah tersesat, dengan kesesatan yang nyata

Perilaku beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari-hari

Sebutkan contoh Perilaku beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari-hari!

Pada contoh ini ada 5 perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan perilaku beriman kepada qada dan qadar.

Apa saja contohnya? Ini dia yang bisa sanda tuliskan.

  1. Menanamkan serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt.
  2. menjadikan teladan serta selalu membiasakan diri membina hubungan baik dengan dengan orang-orang yang beriman.
  3. Menyadari bahwa manusia adalah mahluk lemah dan mempunyai sikap lapang dada dan ikhlas dengan menerima semua yang berhubungan dengan qada dan qadar.
  4. Berbaik sangka kepada Allah terhadap ketentuan yang Allah Swt. berikan kepada kita.
  5. Senantiasa berdoa kepada Allah Subhana wa Ta’ala supaya mendapapatkan ilmu yang bermanfaat dan mempunyai akhlak yang mulia.

Manfaat beriman kepada qada dan qadar

Di antara buah dari beriman kepada qada dan qadar adalah berupa ketenangan hati.

Hati seseorang yang beriman kepada qodho dan qodar akan senantiasa tenang dan tidak akan merasa gelisah ketika dirinya ditimpa suatu cobaan.

Karena ia yakin bahwa segala sesuatu telah ditakdirkan oleh Allah Swt. Ketenangan hati ini akan menjadikan hidup kita bahagia.

Adapun rangkuman manfaatnya adalah sebagai berikut;

  • Menenangkan jiwa
  • Senantiasa bersikap sabar dan syukur
  • Menumbuhkan sifat optimis
  • Menjauhkan diri dari sifat sombong.

Demikian informasi mengenai pengertian qada dan qadar beserta dalil alQuran nama surat beserta nomor ayatnya.

Lengkap dengan contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan perilaku beriman kepada qada dan qadar beserta manfaat dan hikmahnya kelas IX SMP. Wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *