Ungkapan dan Artinya, Contoh Kalimat (tema 1 kelas 2)

Share

Ungkapan dan artinya beserta contoh kalimat dalam tema 1 kelas 2 semester ganjil bagi Madrasah Ibtidaiyah maupun sekolah dasar baik Negeri maupun swasta.

pontren.com – assalaamu’alaikum, secara singkat, pengertian ungkapan adalah gabungan kata yang menyatakan maka, begitulah dalam soal pertanyaan pada buku tema 1 kelas 2 semester ganjil untuk madrasah ibtidaiyah MI maupun SD.

Misalnya ada pertanyaan yang berbunyi, “Sebutkan 10 contoh ungkapan beserta artinya!

Apa saja contoh ungkapan beserta artinya dan contoh kalimatnya dalam Bahasa Indonesia?

ungkapan dan artinya
ungkapan dalam bahasa Indonesia beserta artinya

Langsung saja tanpa banyak cakap, ini dia berbagai istilah ungkapannya.

Ungkapan dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Tinggi hati artinya sombong, contoh kalimatnya, Mega anak yang tinggi hati, dia suka pamer kekuasaan orang tuanya.

Cepat kaki ringan tangan artinya cekatan, Ahmad merupakan anak yang cepat kaki ringan tangan dalam bekerja, pekerjaannya cepat selesai dan tepat waktu.

Buah bibir artinya bahan pembicaraan, contoh kalimat; Saswito menjadi buah bibir setelah mencetak gol indah kemarin.

Makan asam garam artinya banyak pengalaman, kalimatnya Eyang sudah banyak makan asam garam kehidupan.

Rendah hati artinya tawadhu tidak sombong, tidak angkuh, contoh kalimat; Zahra Nada tetap rendah hati meskipn dia berhasil menjadi juara lomba.

Naik pitam artinya marah, contoh ungkapan ini dalam kalimat yaitu; karena sering diledek rekan-rekannya, Makhalis Khoirul Anwar pun naik pitam.

Bunga desa artinya gadis yang cantik pada suatu wilayah, contohnya sewaktu masih kuliah, Wiwik Maret Tini adalah bunga desa di Matesih.

Bintang kelas artinya juara atau nomor satu, contoh ungkapan dalam kalimat yaitu; Mumtaz Hanif merupakan bintang kelas di sekolahnya.

Darah biru artinya adalah keturunan bangsawan atau kerajaan, ningrat, contohnya dalam kalimat yaitu ; Dewi Megawati merupakan anak yang memiliki darah biru kerajaan Majapahit.

Kebakaran jenggot artinya adalah panik, bingung, kebingungan yang berkelebihan. Contohnya dalam kalimat; karena kas desa kosong maka pak lurah menaikkan pajak hingga kebakaran jenggot.

Lepas tangan artinya adalah tidak bertanggungjawab melepaskan diri dari tanggungjawab. Contohnya dalam kalimat yaitu, ibu Sri Mulyanto lepas tangan dari ekonomi keluarganya yang semakin memprihatinkan.

Contoh Kalimat Ungkapan

Besar kepala artinya adalah sombong, contohnya dalam Bahasa Indonesia yaitu; si Juki besar kepala karena merasa bisa menipu banyak orang tanpa ketahuan.

Gulung tikar artinya adalah bangkrut, contoh kalimatnya; karena kurang modal dan pembatasan orang keluar rumah, banyak rakyat kecil yang usahanya gulung tikar.

Kutu buku artinya adalah gemar membaca, contoh dalam kalimat; si Memey kutu buku tetapi tidak bisa membaca buku jawi yang dibawa oleh Mail.

Angkat kaki artinya adalah pergi, contoh dalam kalimat : Yang menjajah Indonesia dengan prinsip glory gospel gold akhirnya angkat kaki dari negeri ini.

Meja hijau artinya adalah pengadilan, contoh dalam kalimat yaitu; setelah lari sekian lama akhirnya si Masiku dan Harun ditangkap kemudian dibawa ke meja hijau.

Banting tulang artinya adalah bekerja keras, Ayah Budi harus banting tulang mengecat pesawat supaya bisa mendapatkan uang pada masa pandemi corona.

Contohnya dalam Kalimat

Ringan tangan artinya adalah suka menolong atau membantu, contohnya Ahmad anak yang soleh dan baik, dia soerang yang ringan tangan.

Sahabat pena artinya adalah orang yang saling berkirim surat dalam berteman, contoh Saya mempunyai sahabat pena asal Malaysia bernama Siti Nurhaliza, kami hanya berkomunikasi lewat surat saja.

Awan hitam artinya adalah mendung, contohnya adalah: anak – anak segera pulang kerumah saat awan hitam menutupi langit.

Anak buah artinya bawahan atau karyawan dibawahnya; Paman Sastro mempunyai banyak anak buah pada pabriknya.

Darah daging artinya keturunan asli atau anak kandung; anak dengan kaos berwarna merah itu bukanlah darah dagingnya sendiri.

Tutup usia arti ungkapan ini adalah meninggal; contoh kalimatnya yaitu; akhirnya bapak menteri tutup usia setelah beberapa saat menderita sakit.

Bermuka dua artinya munafik; contoh kalimat ungkapan ini misalnya, saat ini banyak orang yang bermuka dua, nampak tersenyum pada layar kaca meski sebenarnya kejam, sebagaimana dalam sinetron.

Jago merah artinya adalah kebakaran, contoh kalimat; akhirnya si jago merah bisa segera dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dengan mobil damkar.

Menjaga lidah artinya adalah bicara dengan hati hati; anak-anak menjaga lidah didepan bapak dan ibu guru.

Bunga tidur artinya adalah mimpi, contoh kalimatnya, kemarin malam saya mendapat bunga tidur bersua denganmu dengan pakaian paling indah yang pernah ada.

Nah demikianlah berbagai ungkapan dan artinya adalah sebagaimana diatas serta contoh kalimatnya dalam bahasa Indonesia untuk buku tema satu kelas dua semester satu.

Akhirnya salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *