Contoh Perilaku Iman kepada Qada dan Qadar

Share

Contoh perilaku iman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari hari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX SMP.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, wilujeng siang mas mbak yang sedang menjadi siswa siswi pada jenjang pendidikan kelas 9 SMP maupun MTs. Kali ini kita akan membahas mengenai contoh perilaku iman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari – hari.

Contoh ini kami ambilkan dari buku panduan guru untuk mengajar mapel PAI untuk jenjang pendidikan kelas 3 SMP alias tingkat IX.

untuk dalil naqli, anda bisa membaca pada artikel dengan judul : Dalil AlQuran tentang Qada dan Qadar beserta Pengertian dan Manfaat

Langsung saja, apa saja contohnya perilaku beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari hari?

Ada 5 contohnya.

Ini dia jawaban mengacu kepada buku panduan.

Pertama, Menanamkan dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT (contoh perilaku iman kepada qada dan qadar)

Salah satu cermin beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan cara menanamkan dalam dada jiwa dan hati keimanan serta ketaqwaan kepada sang Khaliq yaitu Allah Subhana wa ta’ala.

perilaku anak salih menghormati orang tua

Dalam kata ini menyebutkan menanamkan selanjutnya meningkatkannya, dengan begitu ada kesinambungan dalam memelihara iman dan taqwa beserta usaha dan ikhtiar untuk melakukan peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kedua, Meneladani & senantiasa membiasakan diri membina hubungan baik dengan dengan para Muslimin

Dalam menjadikan contoh teladan orang-orang islam yang soleh bisa dengan membaca dan mempelajari buku mengenai perilaku dan tindakan kesalehan para ulama maupun shalihin pada masa dahulu.

Atau bisa pula meneladani orang islam yang masih hidup dalam menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangannya.

Selanjutnya contoh perilaku mengenai iman kepada qada dan qadar yaitu senantiasa menjalin hubungan baik, menjaga sillaturrhami dengan kaum muslimin.

Ketiga, Menyadari bahwa manusia sebagai makhluk yang lemah dan mempunyai sikap lapang dada dan ikhlas menerima segala sesuatu yang berhubungan dengan adanya qada dan qadar

Dengan menyadari sebagai makhluk lemah maka kesombongan maupun tinggi hati menjadi tidak berlaku dalam hati maupun pikiran.

Dan memang kenyataannya manusia merupakan mahluk lemah, mengalami sakit maupun kesusahan yang lainnya.

Selain itu, contoh perilaku beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari hari adalah dengan menerima segala sesuatu yang berhubungan dengan keberadaan qadha maupun qodar dengan ikhlas.

Keempat, Berbaik sangka kepada Allah terhadap ketentuan yang Allah Swt. berikan kepada kita (contoh perilaku iman kepada qada dan qadar)

Salah satu contoh dalam kehidupan sehari hari beriman kepada qadha maupun qadar yaitu dengan berhusnudhan kepada Allah SWT, yaitu berbaik sangka kepada Allah SWT akan ketentuan-Nya yang Dia berikan kepada kita.

Hal ini sejalan dengan hadits qudsy yang berbunyi;

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu ( kumpulan Malaikat).
(H.R. Bukhari, no. 6970 dan Muslim, no. 2675 )

Kelima, Senantiasa berdoa kepada Allah Swt. agar mempunyai ilmu yang bermanfaat dan mempunyai akhlak yang mulia

berdoa saat bintang jatuh
berdoa dengan baik, bukan seperti hanya memohon saat ada bintang jatuh

Contoh lain perilaku mencerminkan kepada qada dan qadar yaitu dengan senantiasa berdoa kepada Allah, misalnya setelah salat wajib 5 waktu.

Selanjutnya memohon kepada Allah supaya mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta memiliki akhlak yang mulia.

Demikianlah lima Contoh perilaku iman kepada qada dan qadar yang kami tulis mengacu kepada buku PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX SMP. Dan kami tambahkan sedikit uraian penjelasan.

Selamat menulis, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *