Iman kepada Allah, Dalil, Contoh, Kesimpulan, dan Hikmahnya

Share

Iman kepada allah rukun iman ke 1, adapun dalil dalam al-Qur’an terdapat dalam surat an nisa ayat 136. sedangkan kesimpulan kesimpulannya kami lampirkan pada bagian bawah tulisan ini.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, iman kepada Allah artinya percaya, yakin dengan sepenuh hati keberadaan Allah, adapun pengertiannya secara istilah adalah percaya dan meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikan dengan perbuatan.

Dengan begitu, ada 3 komponen yang menandakan iman kepada-Nya yaitu;

  • Percaya dengan sepenuh hati
  • Mengucapkan dengan lisan
  • Membuktikan dalam perbuatan.

Itulah arti dan pengertiannya dalam pelajaran PAI kelas VII SMP.

Adapun hikmahnya adalah akan selalu ditolong oleh Allah Swt., hati menjadi tenang dan tidak gelisah, dan medatangkan’ keuntungan dunia akhirat.

iman kepada Allah
tulisan syahadat

Sekedar tambahan, bahwasanya Keimanan hamba bisa tebal dan bisa tipis, bisa bertambah maupun berkurang.

Salah satu cara untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt. salah satu caranya dengan dengan memahami nama-nama-Nya yang baik dan indah.

Kita sering mendengar nama nama indah itu dari para kiai ustadz ustadzah mubaligh maupun da’i dengan sebutan al-Asmau al husna.

Bagaimanakah dalilnya?

Dalil Iman Kepada Allah

Sebutkan dalil al-Qur’an berkenaan dengan beriman kepada Allah, tulis secara lengkap dengan teks arab dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

Sebagaimana sudah kami tuliskan, salah satu dalilnya terdapat dalam Q.S. An Nisa ayat 136.

Adapun tulisan teks arabnya beserta latin adalah sebagai berikut;

Teks latin : yaa ayyuhalladziina aamanuu aamanuu billaahi wa rosuulihii wal kitaabilladzii nazzala ‘alaa rosuulihii wal kitaabilladzii anzala min qobl, wa mayyukfar billaahi wa malaaikatihii wa kutubihii wa rusulihii wal yaumil aakhiri faqod dholla dholaalam ba’iidaa.

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

Nah inilah salah satu dalil naqli dalam Al-Qur’an lengkap dengan tulisan arab, teks latin dan terjemahnya surat annisa ayat 136. (surat ke empat dalam al-Qur’an).

Contoh beriman kepada Allah

Misalnya ada soal ulangan atau ujian berbunyi seperti ini.

berilah contoh tentang perilaku iman kepada Allah Swt! sebutkan 5 saja!

Sebutkan contoh iman kepada Allah! Tuliskan jawaban anda pada titik titik dibawah ini!

Bagaimanakah contohnya?

Contohnya secara umum adalah melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Lebih spesifik lagi contoh iman kepada Allah seperti menjalankan shalat, puasa, zakat, ibadah haji karena Allah SWT.

Menjauhi perbuatan keji dan munkar seperti mengundi nasib, datang kepada dukun, berlaku zalim kepada orang lain, sombong takabur dan sifat jelek yang dilarang dalam syariat Islam.

jawaban ini bisa anda pecah pecah menjadi satu, misalnya melaksanakan puasa, menjalankan ibadah sholat, dan seterusnya.

Kesimpulan

Apakah kesimpulan beriman kepada Allah?

Dalam rangkuman buku mapel PAI kelas 1 SMP menyebutkan ada 3 (tiga) kesimpulan yaitu;

pertama : Iman kepada Allah Swt. adalah percaya dengan sepenuh hati bahwa Dia itu ada, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dalam perbuatan sehari-hari.

Kedua Cara meneladani asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari adalah, mencintai ilmu pengetahuan, selalu gigih untuk mencari ilmu, dalam melakukan pekerjaan senantiasa menginginkan yang terbaik, teliti dalam berbuat, mau mendengarkan apa yang dikatakan orang lain sebagai saran, dan selalu melihat serta mengamati dampak yang sekiranya akan terjadi serta mampu menyelesaikannya dengan baik.

ketiga Sedangkan hikmah iman kepada Allah adalah mendapatkan pertolongannya, hati menjadi tenang, tidak ada kegelisahan hati serta beruntung dunia dan akhirat.

Demikian ringkasan ini semoga membantu dalam mengerjakan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas 1 SMP.

Salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *