Surat Keputusan kepala Desa tentang Pengurus Takmir Masjid Jami

Share

Contoh Surat Keputusan Pengurus atau Takmir Masjid dari Kepala Desa maupun Lurah dalam format doc ms word PDF tahun 2021 bisa unduh gratis free download mengacu kepada berbagai ketentuan yang berlaku.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, Kepala desa atau lurah merupakan pimpinan di suatu wilayah atau desa yang keberadaannya terikat dengan aturan dan perundang undangan dalam mengeluarkan surat keputusan.

Termasuk disini yaitu dalam membuat SK Pengurus Takmir masjid. baik tahun 2020 atau nantinya pada tahun 2022.

Ada baiknya sebelum mengunduh file yang kami unggah, sampean bisa mencermati ketentuan dasar pengurus takmir masjid yang diangkat oleh kepala Desa atau Lurah.

Dalam pembuatan SK Takmir masjid dari desa ini yang perlu diperhatikan didalamnya adalah keberadaan dari Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor DJ.II/802 tahun 2014 tentang standar pembinaan manajemen masjid.

takmir masjid desa

Khususnya yang terdapat dalam huruf F perihal Masjid Jami.

Masjid jami dalam SK Dirjen ini memiliki pengertian sebagai masjid yang terletak di pusat pemukiman pedesaan atau kelurahan dengan kriteria tertentu.

Adapun kriteria tertentu dimaksud dapat anda baca pada artikel Masjid Jami

Landasan Pokok Pembuatan Contoh SK Takmir Masjid dari Desa

Selain aturan dan ketentuan dari Menteri dalam Negeri yang berkaitan dengan desa, dalam pembuatan contoh SK ini juga menyebutkan dasarnya.

Ada 2 aturan, yang pertama berasal dari Peraturan Menteri Agama nomor 56 tahun 2006 dan yang kedua yaitu Keputusan Dirjen Pendis nomor tahun tentang.

Itulah landasan pokok pengurus masjid sebagai acuan kami menyusun tulisan ini.

Ketentuan kepengurusan Takmir Masjid Jami

Dalam SK Dirjen dimaksud, berkaitan dengan kepengurusan atau pengurus takmir masjid Jami desa atau kelurahan adalah sebagai berikut;

  • Kepengurusan Masjid dipilih oleh Jamaah
  • Ditetapkan oleh pemerintah setingkat kelurahan atau Desa
  • Takmir Masjid atas Rekomendasi Kepala KUA Kecamatan
  • Periode Kepengurusan adalah 3 tahun dan dapat dipilih kembali maksimal 2 periode
  • Merupakan representatif dari perwakilan mushalla, majelis taklim dan tokoh desa.

Itulah setidaknya hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat akan dilakukan pembuatan SK Pengurus masjid Jami tingkat desa oleh Kades atau Lurah.

Setelah memahami ketentuan dalam SK Dirjen Bimis, maka bisa dilakukan eksekusi pembuatan SK Takmir Masjid dari Kepala Desa Kelurahan ini dengan standar susunan Kepengurusan yang telah digariskan.

Baca : Tulisan Masjid Jami’ Arab beserta artinya

Seperti apa struktur organisasi kepengurusan Masjid tingkat Desa?

Tidak ada ketentuan yang menunjuk secara spesifik untuk masjid jami, akan tetapi mengacu kepada standar struktur yang umum berlaku dalam SK dirjen maka susunan takmir masjid tingkat desa setidaknya adalah sebagai berikut;

  • Penasihat
  • Ketua
  • Bendahara
  • Sekretaris/Ketua Bidang Idarah
  • Ketua Bidang Imarah dan
  • Ketua Bidang Ri’ayah.

Adapun jumlah pengurus menyesuaikan dengan banyak sedikitnya pekerjaan.

Contoh Teks SK DKM Pengurus Masjid oleh Kepala Desa

pengurus masjid jami dan pengurusnya
ilustrasi jamaah masjid sedang menunggu iqamah

Berikut adalah teks bunyi dari SK Kepala desa atau lurah untuk Takmir Masjid Jami menyesuaikan dengan berbagai ketentuan yang ditulis diatas.

Langsung saja, berikut contoh teks yang disusun.

KEPUTUSAN KEPALA DESA GIRIMULYO
KECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR

NOMOR : 01/01 TAHUN 2021

TENTANG

PENGANGKATAN PENGURUS MASJID JAMI
DESA GIRIMULYO KECAMATAN NGARGOYOSO
MASA JABATAN 2021-2023

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

KEPALA DESA GIRIMULYO

Menimbang

  • Bahwa untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan di masjid Jami Desa Girimulyo perlu mengangkat pengurus masjid Jami tingkat Desa Girimulyo Kecamatan Ngargoyoso.
  • bahwasanya mereka yang namanya tercantum dalam lampiran keputusan ini, dianggap cakap dan mampu untuk melaksanakan tugas dimaksud;
  • bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud huruf a dan b tersebut diatas, perlu ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa Girimulyo tentang Pengangkatan Pengurus Masjid Jami Desa Girimulyo Kecamatan Ngargoyoso

Mengingat :

  1. Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 292, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5601);
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4737);
  3. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 6);
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 1100);
  5. Peraturan Menteri Agama nomor 54 tahun 2006 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Kesejahteraan Masjid
  6. Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor DJ.II/802 tahun 2014 tentang Standar Pembinaan Manajemen Masjid
  7. Rekomendasi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Ngargoyoso Nomor …../….. Tahun 2020 Tentang Susunan Pengurus Masjid Jami Desa Girimulyo.
  8. Pemilihan pengurus masjid Jami Desa Girimulyo Kecamatan Ngargoyoso pada tanggal ………………… di ………

Memutuskan

Menetapkan

Pertama : Mereka yang namanya tersebut dalam lampiran keputusan ini ditetapkan sebagai Pengurus Masjid Jami Desa Girimulyo.

Kedua Bahwa yang namanya tercantum dalam lampiran keputusan ini dianggap mampu dan cakap dalam menjalankan tugas dan fungsi sertatanggungjawab dibidangnya masing-masing.

Ketiga : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan bahwa apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam Keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di : Ngargoyoso
Pada Tanggal : 01 Januari 2021
Kepala Desa Girimulyo

……………………………

  1. Camat Ngargoyoso;
  2. Kepala KUA Kecamatan Ngargoyoso;
  3. Ketua BPD Desa Girimulyo;
  4. Masing-Masing Yang Bersangkutan;
  5. Arsip.

LAMPIRAN : SURAT KEPUTUSAN KEPALA DESA GIRIMULYO KECAMATAN NGARGOYOSO
NOMOR : 01/01 TAHUN 2021
TANGGAL : 01 JANUARI 2021
TENTANG : PENGANGKATAN PENGURUS MASJID JAMI
DESA GIRIMULYO KECAMATAN NGARGOYOSO MASA JABATAN 2021-2023

PENGURUS MASJID JAMI DESA GIRIMULYO KECAMATAN NGARGOYOSO
MASA JABATAN TAHUN 2021-2023

Penasihat : Kepala Desa
Ketua : Dafit Jaelani
Bendahara : Erna Jayanto
Sekretaris/Ketua Bidang Idarah : Sriyanta
Anggota : Jaka Parmanta
: Gunung H
Ketua Bidang Imarah : Panoto
Anggota : Waluyo Jati
: Tri Wanti
Ketua Bidang Ri’ayah : Nunus
Anggota : Catur
: Wardoyo

Ditetapkan di : Ngargoyoso
Pada Tanggal : 01 Januari 2021
Kepala Desa Ngargoyoso

(Nama Kepala Desa)

untuk memantau tampilan SK Kepala Desa Tentang Pengurus masjid format PDF bisa dipantau sebagaimana penampakan preloved dibawah ini;

apabila ingin memilikinya, silakan saja unduh dengan gratis alias free dalam rangka download file contoh SK Pengurus masjid dari desa, apabila ada kendala pengambilan langsung dari preloved, kami siapkan tautannya dibawah ini.

Download Contoh SK Pengurus Masjid dari Kepala Desa atau Lurah

Berikut adalah link tautan untuk melakukan unduh gratis free download contoh Surat Keputusan Kepala Desa atau Lurah tentang Takmir Pengurus Masjid Jami tingkat Desa dalam format doc ms word.

Ini hanya merupakan contoh olahan pribadi saja dimana anda dapat melakukan perubahan apapun didalamnya baik dari segi kata kalimat susunan kepengurusan dan yang lain.

Baca : Contoh Profil Masjid

Atau sampean boleh juga memakainya persis seperti yang dibuat, silakan saja pilihan ada ditangan anda.

Buat para re-upload dan jagoan copas repost di blog website pribadi maupun instansi institusi, silakan dicantumkan tautan ya.

Here it is the sample

sk takmir masjid format PDF
sk pengurus masjid dari desa format doc

Nah begitulah hal yang dapat kami lakukan pagi menjelang siang ini pada hari libur, semoga bisa menjadi pertimbangan dalam pembuatan surat keputusan takmir masjid jami.

Orang bijak meninggalkan jejak, begitulah kata yang tenar di kalangan para blogger beberapa tahun belakangan. Wilujeng enjang menjelang awan. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.