Beda Takmir dan Pengurus Masjid, Tinjauan Arti dan Pengertian

Share

perbedaan atau beda takmir dan pengurus masjid sebagai tambahan informasi mengenai pengelola kemakmuran pada tempat ibadah kaum muslimin wal muslimat di Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum para jamaah yang rajin dan memakmurkan kegiatan masjid maupun musholla, semoga Allah merahmati anda semuanya dan semakin mendapatkan tambahan iman dan taqwa.

perbedaan antara takmir dengan pengurus masjid
salah satu pengelola lembaga pendidikan Islam sebagai bagian dari takmir Masjid

Sering kita mendengar sebutan untuk person atau orang mendapatkan amanat tugas mengelola tempat ibadah muslim dengan sebutan takmir masjid atau istilah yang lain.

harapan dengan artikel mengulas perbedaan dan persamaannya bisa menghilankan keraguan bimbang pertanyaan masyarakat tentang istilah organisasi kepengurusan tempat Ibadah Muslim ini.

cara meyakinkannya yaitu dengan mengacu kepada kamus Besar dan SK Dirjen Pendis beserta pengertian dari berbagai karya ilmiah.

Apa bedanya takmir dengan pengurus masjid?

Mari kita bersama sama menyimaknya.

Apa itu takmir masjid?

Arti Takmir dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia maka dengan merujuk kepada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI).

Kata takmir mempunyai 2 arti atau pengertian.

Arti takmir masjid yang pertama adalah upaya memakmurkan atau meramaikan, contohnya hal yang berkenaan dengan masjid (memakmurkan masjid).

Arti takmir masjid yang kedua dalam KBBI adalah Pengurus masjid.

Dari arti dan penjelasan mengenai asal kata “Takmir” ini keduanya berkaitan erat dengan tempat orang islam untuk melakukan Ibadah utamanya sholat yaitu masjid atau musholla.

Arti pertama memiliki makna kegiatan usaha untuk menjadikan masjid makmur, dan arti yang kedua yaitu orang yang menjadi pengurus masjid.

contoh dalam hal upaya memakmurkan atau meramaikan misalnya tentang masjid

mekanisme pemilihan pengurus Masjid

Adapun pengertian takmir masjid adalah organisasi yang mengurus seluruh kegiatan yang mempunyai kaitan dengan masjid, baik pembangunan, perawatan maupun kegiatan memakmurkan (menurut Siswanto; 56-57)

Bagaimana dengan pengertian pengurus masjid? Yaitu orang yang mendapatkan amanat untuk menjadi takmir masjid, singkatnya kira kira seperti itu.

Jadi apa bedanya dong?

Beda takmir dan Pengurus masjid

Setelah membaca tentang arti Takmir secara KBBI serta pengertiannya maka kesimpulannya adalah kedua istilah ini adalah sama saja.

Perbedaannya hanyalah terletak pada pengistilahan dan penyebutan secara lisan maupun tulisan akan tetapi secara definisi tidak ada perbedaan.

Meskipun anda menggunakan definisi secara bahasa maupun secara istilah, hasilnya akan tetap sama, takmir = pengurus masjid.

Dengan begitu apabila anda menyebut takmir maka maksudnya adalah pengurus masjid, begitu pula berlaku sebaliknya.

Kesimpulan

Berikut adalah kesimpulan yang bisa kami ambil yaitu;

  • Istilah tentang organisasi kepengurusan masjid sampai saat ini tidak ditemukan dalam istilah fikih
  • Kata takmir sudah masuk dalam kosakata baku atau resmi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
  • Takmir dan pengurus masjid adalah sama saja, hanya beda dalam menyebutnya. Secara definisi keduanya tidak mempunyai perbedaan.
  • Dalam SK Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam nomor DJ.II/802t tahun 2014 tentang Standar Pembinaan Manajemen Masjid menyebut organisasi kepengurusan masjid dengan sebutan “Pengurus Masjid”
  • Tidak ada masalah dan perbedaan apakah menggunakan istilah salah satu dari keduanya dalam kop surat, plakat papan nama pengumuman dan lain sebagainya.

Demikian informasi tambahan berkenaan dengan sebutan organisasi kepengurusan tempat ibadah kaum muslimin dan bagi yang penasaran apa perbedaannya. Semoga menambah informasi. Salam kenal, wassalamualaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.