Tulisan Masjid Jami’ Arab beserta artinya

Informasi tentang tata cara penulisan dalam bahasa arab masjid jami’ yang benar model arab gundul dan dilengkapi dengan harakat syakal bagi yang menghendaki kemudahan dalam membaca versi huruf hijaiyah untuk awam.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, salah satu istilah yang dikenal di kalangan masyarakat mengenai masjid adalah “Masjid Jami’.

Dalam pembangunan masjid atau pembuatan plakat plang papan nama untuk dipasang di area depan masjid, lazim mencantumkan nama menggunakan 2 bahasa alias 2 teks penulisan yaitu secara alphabet latin dan huruf hijaiyah arab.

Demi memastikan tata cara penulisan masjid jami’ dalam bahasa arab yang benar, saya mencari cari referensi yang membahas secara detil mengenai tata cara penulisan dan arti beserta pengertian supaya bisa menjadi pegangan yang kuat sebagai landasan berpendapat.

Baca : Susunan Struktur Organisasi Pengurus Masjid dan Tugasnya

Pembahasan dalam artikel ini akan dibagi menjadi 2 macam, yang pertama akan mengulas tata cara dan tulisan masjid Jami’ dalam huruf Arab, dan yang kedua membahas mengenai arti dari masjid jami’ secara bahasa dan Istilah.

Langsung saja menuju pembahasan yang pertama yaitu tulisan masjid jami’ dalam teks arab.

Penulisan Masjid Jami dalam tulisan Arab

Cara penulisan masjid jami’ dalam huruf hijaiyah arab ini bisa dalam 2 versi yaitu;

Susunan sifat mausuf = اَلْمَسْجِدُ الْجَامِعُ
Dengan susunan idhafah = مَسْجِدُ الْجَامِع

Jika hendak ditulis dalam versi arab gundul maka versi susunan sifat dan mausufnya adalah

المسجد الجامع

(al Masjid al Jaami’)

Apabila penulisan tanpa harakat dalam bentuk model susunan mudhaf dengan mudhaf ilaihnya maka tertulis sebagaimana berikut;

مسجد الجامع

Masjid al Jaami’i

Nah secara teknis begitulah cara penulisan dari masjid jami dalam bahasa arab yang benar disertakan pula keterangan dan alasan kenapa ditulis seperti itu (sifat mausuf atau mudhaf mudhaf ilaih).

Arti masjid Jami’

Secara bahasa, kata masjid jami’ tersusun dari 2 kata yaitu masjid dan jami.

Masjid artinya tempat untuk sujud, sedangkan jami’ berarti mengumpulkan atau menghimpun.

Dalam I’laamus Saajid bi Ahkaamil Masajid karya az-Zarkasyi halaman 27 Pada dasarnya istilah masjid menurut syara adalah setiap tempat di bumi yang digunakan untuk bersujud karena Allah di tempat itu

Sedangkan untuk kata atau lafal al-jaami’ (اَلْجَامِعُ) merupakan sifat dari kata al-Masjid (اَلْمَسْجِدُ)

lihat detil sifat mausuf dan mudhaf mudhaf ilaih masjid jami’ di Referensi: https://almanhaj.or.id/2524-pengertian-masjid.html

Disifati dengan demikian (lafadz al jaami’) karena masjid adalah tempat yang mengumpulkan para ahli masjid disana.

baca : pengertian Idarah Imarah Riayah dalam Manajemen Masjid

Mengutip dari fatwa MUI DKI Jakarta, bahwasanya arti atau pengertian untuk masjid jami’ adalah tempat sujud yang dalam hal ini adalah masjid yang dipergunakan untuk salat jum’at.

Secara teks arab dan artinya tentang pengertian masjid jami dari Majelis Ulama DKI Jakarta adalah sebagai berikut;

المسجد ما جعل موضعا للصلاة أرضا كان أو بناء فإن أقيمت فيه الجمعة فهو مسجد جامع و الا فغير جامع

“Masjid adalah tanah atau bangunan yang dikhususkan untuk tempat shalat, baik yang digunakan untuk shalat Jum’at atau tidak. Apabila digunakan untuk shalat Jum’at maka disebut masjid jami’ dan jika tidak, disebut masjid ghoiru jami”.

Pengertian diatas tentang arti masjid jami’ dapat anda baca pada situs MUI DKI yang beralamat di : https://www.muidkijakarta.or.id/fatwa-tata-cara-shalat-tahiyyat-al-masjid/

Kesimpulan

Secara tata bahasa, penulisan dalam huruf arab masjid jami bisa menggunakan dua versi yaitu al masjid al jaami’ (المسجد الجامع) dengan sifat mausuf, atau dengan model mudhaf mudhaf ilaih yaitu masjid al jaami’ (مسجد الجامع).

Secara arti, masjid jami’ adalah lokasi yang khusus tempat salat yang dipergunakan untuk melaksanakan sholat jum’at.

Itulah pembahasan singkat tentang masjid jami’ secara tulisan arab dan artinya dilengkapi referensi sebagai rujukan.

Tentunya ada istilah yang lain untuk sebutan masjid jami’ dalam Kementerian Agama mengacu kepada strata kepengurusan pengelolanya, jika dalam Kementerian Agama, sebutan masjid jami’ ini disematkan bagi masjid tingkat Desa.

Wilujeng enjang, selamat beraktivitas ataupun liburan, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

loading...

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: