Arti muwadhofun muwadhofatun arab

Share

Terjemah artinya kata muwadzofun arti muwadhofun muwadhofatun arab kedalam bahasa Indonesia dan cara mengisi titik titik ini itu beserta contoh dalam penggunaan kalimat mapel B. Arab lengkap tulisan latin dan huruf hijaiyah lengkap dengan harakat dan syakal.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, pada pelajaran bahasa arab untuk pendidikan MI (madrasah Ibtidaiyah) di beberapa kelas terdapat kata muwazzofun, apakah artinya dalam bahasa Indonesia?

arti muwadhofun muwadhofatun

Baiklah, tanpa basa basi berikut adalah arti dari kosakata muwadzofun dalam bahasa arab dan juga kata muwadzofatun artinya adalah sebagai berikut;

Arti muwadzofun muwadzofatun arab dalam bahasa Indonesia

Muwadzofun artinya adalah pegawai kantor laki-laki, sedangkan muwadzofatun artinya adalah pegawai kantor perempuan atau wanita. Kenapa berbeda? Karena seperti itulah tata bahasa arab, seperti ustadzun untuk pria, dan ustadzatun artinya guru perempuan.

Bagaimana tulisan arab muwadzofun dan muwadzofatun?

Berikut tulisannya;

Muwadzofun = مُوَظَّفٌ
Muwadzofatun = مُوَظَّفَةٌ

Singkatnya, muwadzofun artinya dalam bahasa indonesia adalah pegawai laki-laki, sedangkan artinya muwadzofatun bahasa arabnya ke Indonesia yaitu pegawai wanita/perempuan.

Menggunakan ini dan itu hadza hadzihi muwadzofun muwadzofatun

Isilah titik titik dibawah ini dengan menggunakan hadza (ini lk) atau hadzini (ini pr) dan itu untuk laki laki dengan tepat sesuai tata bahasa ilmu nahwu bahasa Arab.

baca : KOSAKATA PERKENALAN PROFESI DAN HOBI DALAM BAHASA ARAB

Apabila ada soal sebagaimana diatas, maka perlu menyesuaikan penggunaan hadza dan hadzihi atau dzalika dan tilka.

Contoh soal;

مُوَظَّفٌ ……..
مُوَظَّفَةٌ ……..

Maka isian yang benar menggunakan ini itu yang tepat pada kosakata diatas adalah sebagai berikut;

Hadza muwadzofun artinya ini pegawai laki-laki, hadzihi muwadzofatun artinya ini pegawai wanita. Teks arabnya sebagai berikut;

هٰذَا مُوَظَّفٌ
هٰذِهٖ مُوَظَّفَةٌ

Dzalika muwadzofun, itu pegawai pria, tilka muwadzofatun artinya itu pegawai perempuan, tulisan dalam huruf arab sebagaimana dibawah ini.

ذٰلِكَ مُوَظَّفٌ
تِلْكَ مُوَظَّفَةٌ

Nah begitulah penggunaan hadza hadzihi dzalika dan tilka untuk kosakata pegawai dalam bahasa Arab lengkap dengan tulisannya beserta teks latin.

Contoh kalimat menggunakan kata muwadzofun muwadhofatun Arab

amali fil mustaqbal artinya

Buatlah kalimat dalam bahasa arab dengan menggunakan kata muwadzofun dan muwadzofatun lengkap dengan tulisan latinnya!

Misalnya anda ingin membuat contoh kalimat muwadzofun sebagai berikut, ini ayahku, namanya Ahmad, dia adalah seorang pegawai, maka artinya adalah hadza abii, ismuhu ahmad, huwa muwadzofun. Tulisan arabnya seperti ini;

هٰذَا أَبِيْ اِسْمُهُ أَحْمَدُ, هُوَ مُوَظَّفٌ

Bagaimana contohnya untuk kata muwadzofatun dalam kalimat bahasa Arab?

baca : Arti amali amaluna fil mustaqbal

Mudah saja, tinggal dibuat seperti diatas diganti dengan nama wanita, misalnya seperti ; ini ibuku, namanya Sita, dia seorang pegawai perempuan maka bahasa arabnya adalah hadzihi ummii, ismuhaa Siitaa, hiya muwadzofatun.

Teks arabnya sebagai berikut;

هٰذِهٖ أُمِّى, اِسْمُهَا سِيْتَا, هِيَ مُوَظَّفَةٌ

Tentunya penggunaan nama ayah dan ibu bisa disesuaikan dengan kenyataan di dunia nyata semisal nama ayahnya adalah Syamsul Huda, ibunya bernama Maysita, atau Susiyanti dan lain sebagainya untuk memudahkan anak mengingat pembelajaran.

Penutup dan ringkasan

Itulah penjelasan singkat tentang arti kata muwadhofun artinya pegawai laki-laki dan muwadhofatun pegawai perempuan dalam bahasa Arab ke Indonesia.

Muwadhofun termasuk kosakata arab mudzakkar (laki-laki) sehingga penggunaan kata “ini” menggunakan hadza, dan kata “itu” dengan dzaalika.

Muwadhofatun masuk dalam kosakata arab muannats (perempuan) sehingga menggunakan kata hadzihi untuk “ini” dan tilka untuk “itu”.

Dalam membuat kalimat bahasa arab untuk contoh bagi tugas PR ujian ataupun semesteran siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) gunakakanlah kosakata yang sederhana dan mudah ditulis bagi anak, termasuk cara penulisan yang jelas dan usahakan untuk rapi.

Wilujeng sonten, selamat sore, salam kenal, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

nb : untuk lebih detil mempelajari arti muwadhofun dalam kamus arab silakan dilihat di kamus ma’ani tentang pegawai


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.