Artinya Mimhatun Tollasatun Arab Indonesia

Share

Arti dan terjemah mimhatun tollasatun arab Indonesia penghapus pensil dan penghapus papan tulis tulisan arabnya beserta contoh penggunaan dalam kalimat mata pelajaran MI Madrasah Ibtidaiyah.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, berikut adalah terjemah arti kata mimhatun dan thollaasatun dari bahasa arab ke Indonesia dilengkapi cara penggunaan dan contoh dalam kalimat.

artinya mimhatun thollasatun arab indonesia

Langsung saja tanpa basa basi, berikut informasinya.

Artinya mimhatun مِمْحَاةٌ

Arti dari kata mimhaatun adalah penghapus. Perlu dicatat bahwa maksud penghapus disini yang dipergunakan untuk menghapus tulisan pensil pada buku tulis. Sehingga apabila dipergunakan dalam kata untuk menghapus papan tulis maka tidak tepat.

baca : ARTI MAKTABUN QOLAMUN KURSIYUN SABUROTUN MISTOROTUN ARTINYA DALAM BAHASA INDONESIA

Berikut tulisan mimhatun dan artinya dalam bahasa Indonesia

مِمْحَاةٌ artinya adalah penghapus pensil.

Contoh penggunaan mimhatun dalam kalimat

Buatlah kalimat bahasa arab dengan menggunakan kata mimhatun (artinya adalah penghapus pensil) lengkap dengan harakat dan syakalnya!

Misalnya anda hendak membuat contoh “ini adalah penghapus pensil, penghapusku diatas buku tulis.

Maka bahasa arabnya adalah “hadzihi mimhaatun, mimhaatii ‘alal kurroosati. Teks arabnya sebagai berikut;

هٰذِهٖ مِمْحَاةٌ, مِمْحَاتِيْ عَلَى الْكُرَّاسَةِ

Atau hendak menulis contoh kalimat “ penghapus berada di dalam tas maka artinya dalam bahasa arab yaitu almimhaatu fil mahfadzoti, tulisannya seperti ini;

اَلْمِمْحَاةُ فِىْ الْمَحْفَظَةِ

Nah seperti itulah arti kata mimhaatun yang mempunyai arti penghapus pensil dan contoh kalimat dalam bahasa arab dilengkapi teks latin dan terjemahannya.

Sekarang lanjut ke arti yang kedua yaitu thollaasatun.

Artinya thollasatun طَلَّاسَةٌ arab ke Indonesia

Arti tolasatun dalam bahasa arab ke Indonesia adalah penghapus, berbeda dengan mimhatun yang menghapus pensil, maka thollasatun artinya adalah penghapus papan tulis, itulah bedanya mimhaatun dan thollaasatun.

baca : ARTI TILMIDZUN USTADZUN MUDARRISUN BAHASA ARAB KE INDONESIA

Jadi apabila anda menggunakan kata tolasatun untuk menghapus tulisan pada buku tulis yang menggunakan pensil maka penggunaannya dalam bahasa arab adalah kurang tepat alias keliru, karena maksudnya thollasatun yaitu penghapus papan tulis.

Contoh penggunaan kata tholasatun dalam kalimat bahasa Arab

Buatlah contoh kalimat menggunakan kata tolasatun dalam bahasa arab lengkap dengan tulisan teks latin dan huruf hijaiyah lengkap dengan harakatnya!

Misalnya anda hendak memberikan contoh kalimat yang berbunyi ; ini adalah penghapus papan tulis, penghapus papan tulis berada di atas meja didepan ibu guru, artinya bahasa arab adalah hadzihi thollaasatun, ath thollaasatu ‘alal maktabi amamaal ustaadzati.

Bagaimana cara menulisnya dalam huruf hijaiyah arab? Monggo disimak sebagaimana dibawah ini.

هٰذِهٖ طَلَّاسَةٌ, الطَّلَّاسَةُ عَلى الْمَكْتَبِ اَمَامَ الْاُسْتَاذَةِ

Atau anda hendak memberikan contoh kata ini adalah penghapus papan tulis yang baru, dan itu adalah penghapus papan tulis yang lama (usang). Maka bahasa arabnya yaitu hadzihi thollaasatun jadiidatun wa tilka tolasatun qodiimatun.

Tulisannnya teks lafadz arab sebagaimana berikut;

هٰذِهٖ طَلَّاسَةٌ جَدِيْدَةٌ وَ تِلْكَ طَلَّاسَةٌ قَدِيْمَةٌ

Semoga saja contoh kalimat diatas cukup membantu dalam mengerjakan tugas pembelajaran bahasa arab untuk siswa MI dan SD Islam. entah dimanapun anda berada baik di Jakarta Bandung Depok Medan Surabaya Semarang Surakarta maupun di pulau Sumatera Kalimantan Sulawesi Papua dan lain sebagainya.

Rangkuman

Arti mimhaatun adalah penghapus pensil
Arti thollaasathun adalah penghapus papan tulis.

Meskipun sama sama mempunyai arti penghapus, ada perbedaan dalam penggunaannya. Mimhaatun untuk menghapus tulisan pensil di buku tulis. Sedangkan thollasatun untuk menghapus tulisan kapur atau spidol pada papan tulis.

Kedua kata ini sama-sama dalam kategori muanntats (pr) dengan ciri huruf ta’ marbutah (ة) yang berada dibelakangnya.

Dampaknya adalah penggunaan kata ini itu dan dia menggunakan kata munantats. Yaitu ini dengan hadzihi, itu dengan tilka, dan dia dengan hiya.

Salam kenal, selamat liburan, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.
(Tegalampel Karangdowon Klaten, 25 Desember 2020).


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.