bahasa arabnya selamat malam

Bahasa Arabnya Selamat Malam

Pontren.com – Bahasa Arabnya Selamat Malam. Kali ini kita akan mengupas lebih dalam mengenai ucapan selamat malam dalam bahasa arab baik dari segi dialek, ucapan selamat malam yang standar dan formal serta jawaban umum yang diucapkan kembali menanggapi ucapan selamat malam dalam bahasa Arab ini.

Seperti diketahui umum, bahwasanya bahasa arab mempunyai tata bahasa atau grammar yang unik dan dibedakan antara laki laki perempuan (mudzakkar dan muannats) serta orang pertama/orang yang berbicara (mutakallim), kedua/lawan yang diajak bicara (mukhatab), dan ketiga (ghoib). Tidak berhenti sampai disitu tapi juga dalam jumlah orang tunggal (mufrod), 2 orang (mutsanna) dan 3 orang atau lebih (jama’).

Dari kombinasi tata bahasa yang rumit ini membuat pengucapan ucapan selamat malam menjadi berbeda beda peruntukan disaat mengucapkan kepada seorang pria atau wanita dan dengan satu orang berbeda dengan ucapan kepada dua orang atau 3 orang.

Dengan begitu perlu ketelitian dalam menyampaikan ucapan selamat malam kepada seseorang apakah dia pria atau wanita dan berapa jumlahnya. Dengan ketepatan kata akan menghindarkan dari kesalahan dalam ucapan dan tidak menimbulkan perasaan malu jika menyadari kesalahan yang dibuat.

Berikut adalah macam macam ucapan selamat malam dalam bahasa arab.

Ada 2 cara menyampaikan ucapan selamat malam dalam bahasa arab, anda bisa mengatakan tusbahul khair (تصبح على خير ) dan yang kedua dengan mengucapkan lailah saidah ( ليلة سعيدة ).

Keduanya berarti selamat malam. Akan tetapi, ucapan pertama yaitu tusbah alal khair lebih biasa dipergunakan.

Dalam bahasa yang formal dan standar, kata kata toobat lailatak atau bahkan masaaul khair (مساء الخير ) atau lailah saidah ( ليلة سعيدة ).

Dengan banyaknya dialek di negara arab, di Shaami Yordania menggunakan kata tisbah alal khair (تِصْبَحُ عَلَى خَيْرٍ,( dan dialek ini juga dipergunakan di beberapa daerah.

Arti terjemahan secara letter lijk ucapan selamat malam dalam bahasa arab

Diketahui bahwasanya ucapan ini mempunyai arti yang sesungguhnya bukan selamat malam, akan tetapi dipergunakan dalam fungsi yang sama dengan selamat malam atau good night. Sedangkan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata kata dimaksud memiliki arti sebagai berikut;

تُصْبَحُ عَلَى خَيْرٍ = kata tusbah ‘alal khoir dimaknai dengan berharap semoga memiliki malam yang indah dan pagi yang bagus pada saat bangun.

ليلة سعيدة =lebih tepat untuk diartikan dengan selamat malam

Ucapan selamat malam dalam bahasa arab untuk pria wanita mufrod mutsanna jama

selamat malam dalam bahasa arab
have a nice dream

Setelah mengetahui tentang ucapan ucapan dalam bahasa arab selamat malam, berikut adalah cara pengucapannya berdasarkan kepada siapa dan berapa orang yang dihadapi atau lawan bicara.

Tusbah ‘alal khoir
تُصْبَحُ عَلَى خَيْرٍ = untuk 1 orang pria)
تُصْبَحَانِ عَلَى خَيْرٍ = untuk 2 orang pria)
تُصْبَحُوْنَ عَلَى خَيْرٍ = untuk 3 orang pria atau lebih)

تُصْبُحِيْنَ عَلَى خَيْرٍ = untuk 1 perempuan)
تُصْبَحَانٍ عَلَى خَيْرٍ = untuk 2 wanita
تُصْبُحْنَ عَلَى خَيْر = untuk 3 atau lebih wanita

Ucapan yang formal selamat malam dalam bahasa Arab

Untuk pria

طَابَتْ لَيْلَتُكَ = untuk laki-laki 1 orang
طَابَتْ لَيْلَتُكُمَا = untuk laki laki 2 orang
طَابَتْ لَيْلَتُكُمْ = untuk laki laki 3 orang atau lebih

Untuk wanita

طَابَتْ لَيْلَتُكِ orang 1 wanita
طَابَتْ لَيْلَتُكُمَا orang 2 wanita
طَابَتْ لَيْلَتُكُنَّ orang 3 atau lebih wanita

Kata kata lain ucapan selamat malam dalam bahasa Arab

نوما هنيئا (nauman hanii an) = have a nice dream, semoga bobo manis, dan lain lain.

Sekarang sudah tau khan tentang ucapan selamat malam dalam bahasa arab beserta macam macam cara penggunaannya kepada siapa berhadapan dan diucapkan.

Jawaban selamat malam dalam bahasa arab

Tentunya ada respon balik dari lawan yang mendapatkan ucapan ini, atau misalnya anda mendapatkan ucapan selamat dalam bahasa arab, anda dapat merespon dengan jawaban سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَة

loading...

Silakan berkomentar