Kalimat Bahasa Arab tentang Perpustakaan dan Artinya

Share

Contoh Kalimat Bahasa Arab tentang Perpustakaan lengkap dengan harakat dan syakal beserta Artinya terjemah dalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh untuk mbak mas yang ganteng dan cantik yang belajar pada MTs serta adik adik yang kyut dan imut pada Madrasah Ibtidaiyah.

Kali ini kami akan membuat contoh kalimat menggunakan bahasa Arab dengan tema perpustakaan. Dalam Bahasa inggris kita mengartikan dengan kata “LIBRARY”. Sedangkan arti perpustakaan dalam bahasa Arab adalah MAKTABATUN.

Kita akan membuat contoh yang sederhana dan simpel serta contoh lumayan panjang guna membantu siapapun yang membutuhkannya untuk mengerjakan soal pada LKS maupun buku bahkan saat ulangan ujian mid semester dan lain sebagainya.

contoh kalimat bahasa arab tentang perpustakaan

Langsung saja tanpa basa basi berikut beberapa contoh kalimat yang kami haturkan, semoga tidak mengecewakan kakak adik semuanya.

Contoh Kalimat Bahasa Arab tentang Perpustakaan dan Artinya beserta teks latin

Bukan hanya berupa huruf hijaiyah dengan syakal harakatnya, pada contoh ini kami juga melampirkan dalam teks latin dan tentunya arti beserta terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

Ini untuk menjawab soal pertanyaan yang berbunyi “Buatlah contoh kalimat menggunakan kata Perpustakaan dalam Bahasa Arab!”

Untuk contoh sederhananya seperti ini;

هَذَا فَصْلٌ وَ تِلْكَ مَكْتَبَةٌ

Hadza fashlun wa tilka maktabatun artinya ini kelas dan itu adalah perpustakaan.

أَمَامَ الْمَكْتَبَةِ سَاحَةٌ

Amaamal maktabati saahatun, didepan perpustakaan ada halaman.

هَذِهِ مَكْتَبَةٌ كَبِيْرَةٌ

Hadzihi maktabatun kabiirotun artinya ini adalah perpustakaan yang besar.

Nah itu cocok bagi para santri siswa siswi madrasah Ibtidaiyah jika mama cantiknya hendak membantu dalam membuat contoh kalimat.

Sekarang kita meningkat pada dataran contoh yang lebih kompleks berisi kata kerja.

Contohnya seperti ini;

أَنَا أَذْهَبُ إِلَيْ الْمَكْتَبَةِ فِيْ وَقْتِ الْإِسْتِرَاحَةِ وَ أَقْرَأُ بَعْضَ الْكُتُبَ

Ana adzhabu ilal madrasati wa aqro-u ba’dha-l kutuba artinya saya pergi ke perpustakaan pada waktu istirahat dan membaca beberapa buku

يَنْتَهِيْ الدِّرَاسِيْ فِيْ السَّاعَةِ الْوَاحِدَةِ وَ النِّصْفِ ظُهْرًا. ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَيْ الْبَيْتِ وَ أَحْيَانًا أَذْهَبُ إِلَيْ الْمَكْتَبَةِ لِأَسْتَعِيْرَ بَعْضَ الْكُتًبَ

Yantahi-d diraasii fi-s saa’ati-l waahidati wa-n nishfi dluhran. Tsumma adzhabu ilal baiti wa ahyaanan adzahbu ilal maktabati liasta’iiro ba’dha-l kutuba

Pelajaran selesai pada jam setengah dua wakthu dhuhur. Kemudian saya pergi kerumah dan adakalanya saya pergi ke perpustakaan untuk meminjam beberapa buku.

جَاءَ وَقْتُ الْإِسْتِرَاحَةِ, هَيَّا بِنَا إِلَي الْمَكْتَبَتِ الْمَدْرَسَةِ

Jaa-a waqtu-l istiraahati, hayya binaa ila-l maktabati-l madrasati artinya telah datang waktu istirahat, mari kita ke perpustakaan sekolah.

penutup

Nah itulah enam contoh kalimat menggunakan kata perpustakaan dalam bahasa Indonesia dalam versi singkat pendek dan lumayan panjang beserta fi’il fa’il dan manf’ul.

Semoga memudahkan dalam mempelajarai bahasa Arab utamanya dalam tema maktabatun atau perpustakaan. Salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *