Sambutan Tuan Rumah Pengajian Singkat

sambutan tuan rumah dalam pengajian singkat

Contoh kata sambutan dari tuan rumah acara pengajian rutin dalam bahasa Indonesia dan Boso Jowo yang singkat padat mudah dihafal dan dipraktekkan yang mencakup pembukaan, ucapan selamat datang, permohonan maaf jika ada yang kurang berkenan, dan penutup.

pontren.com – salah satu kegiatan positif di lingkungan adalah keberadaan pengajian atau dalam istilah resminya disebut dengan majelis taklim, termasuk model pengajian rutin yang dilaksanakan mingguan, dwi mingguan atau satu bulan sekali bergilir satu rumah ke rumah yang lain maupun menetap pada satu tempat tapi giliran yang mendapat jatah sebagai tuan rumah.

Lazimnya suatu kegiatan atau acara, termasuk kumpulan mencari ilmu alias pengajian rutin ini dilaksanakan semi formal dan santai akan tetapi tetap dibutuhkan keberadaan susunan acara, paling lazim susunan acara pengajian dibuat singkat yaitu pembukaan, sambutan tuan rumah, inti pengajian, dan penutup.

Bagi yang sudah terbiasa berbicara didepan umum, tentu bukan masalah jika harus berbicara sebagai kapasitas tuan rumah yang mendapatkan giliran ketempatan untuk majelis taklim atau pengajian, yang belum terbiasa tentunya perlu belajar kemudian praktek supaya saat menyambut para jamaah yang datang sebagai tamu dapat berjalan dengan baik dan lancar.

baca : contoh sambutan tuan rumah kumpulan RT

Karena lumrahnya pengajian rutin dilaksanakan di malam hari, tentunya sambutan yang singkat, padat, jelas dan mengena akan lebih disukai dan bermanfaat bagi jamaah dan juga tuan rumah sendiri, kata Kaji Tarmo, ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus.

Tanpa basa basi, dibawah ini adalah contoh sambutan singkat dalam bahasa Jawa dan bahasa Indonesia yang dapat dijadikan panduan atau acuan dalam menyambut para pencari ilmu yang hadir di tempat anda sebagai jamaah pengajian rutin.

Inti dari kata sambutan pengajian yang dicontohkan ini adalah pembukaan, ucapan selamat datang kepada para tamu (kiai/ustadz/penceramah dan para jamaah), permohonan maaf jika ada sesuatu hal yang kurang bagus dalam penyambutan, dan diakhiri dengan penutup salam.

Langsung saja, berikut salah satu contoh dari ratusan artikel yanga da di internet dunia maya ini.

Sambutan Tuan Rumah Pengajian Bahasa Jawa

Jika berada di kampung atau kompleks perumahan yang masih menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar sehari-hari, bisa saja kelaziman dalam pengajian ini menggunakan pengantar bahasa jawa, dengan begitu tuan rumah mestinya menyesuaikan dengan keadaan.

Berikut contoh sambutan pengajian singkat dalam versi bahasa Jawa.

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه

tulisan latin : Innal hamda lillahi, nahmaduhu wa nasta’iinuhu wa nastaghfiruhu, wa na
Udzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalina, man yahdihillahu falaa mudlilla lah, wa man yudhlil falaa haadiya lah, wa asyhadu al laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariika lah, wa asyadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.

Ingkang kulo Hormati, Bapak Kiai/ustadz ……..
Ingkang kawulo hormati soho bekteni poro kiai alim ulama ugi poro satriyaning nagari
Ingkang kawulo hormati ugi poro jamaah pengajian rutin malam sabtu kompleks RW 13

Ingkang sepindah, monggo bapak ibu kulo dereaken muji syukur dumateng Allah Subhanahu wa Ta’aala ingkang kanthi kathah nikmat barakahipun kito sedoyo saget kumpul wonten ing acara pengajian rutin dalu puniko.

Sholawat ugi salam dumateng nabi akhirul Zaman, Muhammad sollallahu ‘alaihi wa sallam ingkang dados suri tauladan lan panutan umat Islam ingkang dipun tenggo tenggo syafa’atipun ing dinten pembalasan.

Kaping kalih, kawulo aturaken sugeng rawuh dumateng poro rawuh jamaah pengajian, khushushipun bapak ustadz/kyai ingkang samangkih bade ngisi pengajian ing dalu puniko, kawulo ngaturaken panuwun ingkang sanget sesambetan karawuhanipun bapak ibu jamaah pengajian wonten ing papan panggenan kulo sekeluarga.

Kaping tigo, mbok bilih anggen kulo nyambut, nyiapaken papan panggenan ugi sak mangkih unjukan kalebet ubo rampenipun wonten ingkang kirang mranani panggalih, kawulo sekeluarga sanget sanget nyuwun longgaripun manah poro rawuh kerso maringi pangapunten.

Mbok bilih cekap semanten sambutan saking kawulo, wonten kathah klenta klentunipun atur, kawulo nyuwun pangapunten. Akhirul kalam, wa billahi taufiq wal hidayah, wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

BACA : Sambutan tuan rumah karang taruna dalam Bahasa Jawa

Begitulah contoh yang dapat kami haturkan, tentunya kata sambutan tuan rumah pengajian singkat ini sifatnya tidak mengikat, hanya sebagai acuan atau panduan, panjenengan dapat melakukan perubahan, penambahan, atau persis dalam pemakaiannya

Bahkan anda sama sekali memiliki ide kata kata yang sangat berbeda dengan seperti diatas juga akan memperkaya khazanah dalam kata kata sambutan semisal dalam pembukaan majelis taklim sambutan dari tuan rumah.

Bagaimana dengan sambutan tuan rumah pengajian bahasa Indonesia yang singkat? Secara garis besar hal diatas hanya diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, yang hasilnya kira kira seperti dibawah ini.

Sambutan Tuan Rumah Pengajian Bahasa Indonesia

sambutan tuan rumah pengajian boso jowo

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللهِ الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِ الله، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِالله وَ بَعْدُ

Latin : Bismillahilhamdulillah washsholaatu wassalaamu ‘alaa rosuulillah, laa haula wa laa quwwata illaa billah, wa ba’du.

Artinya : Segala Puji bagi Allah, Sholawat dan Salam-Nya semoga tetap tercurahkan ke haribaan Nabi agung Muhammad S.A.W. (tidak harus diucapkan).

Yang terhormat, bapak kiai ustadz …. sebagai nara sumber pada acara pengajian malam ini.
Yang saya hormati, para kia, ustadz, alim ulama, dan juga para pejabat
Dan yang saya hormati pula para hadirin jamaah pengajian rutin RW 13 Dusun Sumber tari.

Yang pertama, mari kita ucapkan syukur kepada Allah atas segala nikmat dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul pada majelis ilmu yang merupakan agenda kegiatan pengajian rutin sebulan sekali di tempat kita ini, semoga Allah memberkahi dan memberikan barakah kepada yang hadir di tempat ini.

Yang kedua, kami ucapkan selamat datang kepada para kiai ustadz ustadzah alim ulama dan juga kepada para jamaah pengajian rutin dan kami haturkan rasa terima kasih atas kehadiran semuanya di tempat tinggal keluarga kami ini, sekali lagi kami ucapkan terima kasih.

Dan yang ketiga, sebagai tuan rumah dalam acara pengajian ini apabila kami dalam menyambut, menyiapkan tempat serta kelengkapannya dan nanti hidangan dan yang lain ada yang kurang berkenan di hati para hadirin, atas nama keluarga saya minta kelonggaran hati para jamaah untuk memberikan maaf.

Demikian sambutan kami selaku tuan rumah dalam acara ini, apabila terdapat tutur kata yang kurang baik, tidak pantas dalam penyampaian, kami mohon maaf dari jamaah sekalian, wallahul muwafiq biaqwaamith thaariq, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Begitulah sambutan pengajian dari tuan rumah yang dibuat ringkas padat cepat dan singkat, kira kira hanya memerlukan waktu antara 1 sampai dengan 2 menit.

Kiat dalam menyampaikan sambutan tuan rumah acara pengajian yang singkat

Meskipun tampak sepele, bagi yang belum terbiasa berbicara didepan orang banyak perlu untuk melakukan latihan beberapa kali secara fasih supaya pada waktu memberikan sambutan dapat berjalan dengan lancar.

Cara terbaik latihan yaitu dengan cara membaca dan memahami isi sambutan, kemudian praktek secara langsung dengan berbicara baik intonasi, volume suara disamakan dengan saat nanti rencana waktu penyambutan.

Ada baiknya memiliki catatan kecil inti dari yang hendak dikatakan dengan maksud jika ada hal yang lupa atau blank, ada kesempatan untuk mengingat lagi dengan cara melihat kedalam catatan kecil yang dibawa, sukur sukur sudah hafal sehingga sang catatan tidak perlu keluar dari catatannya.

Demikian informasi mengenai contoh kata sambutan dari tuan rumah dalam kegiatan pengajian yang singkat baik dengan bahasa Indonesia ataupun menggunakan boso jowo, cekap semanten, wilujeng dalu, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

3 Comments on “Sambutan Tuan Rumah Pengajian Singkat”

    1. Wah.. Sudah menyebar kemana mana ya… Seantero jawa dan sumatera ternyata sudah ada yang dengar.. Aye kira cuma pantun lokal saja. Ternyata sudah antar kota antar provinsi antar pulauuw

Silakan berkomentar