Subhanallah Walhamdulillah Wala Ilaha Illallah Allahu Akbar Arab

4 kalimat toyyibah

Informasi tentang tulisan subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah allahu akbar arab baik model lengkap dengan harakat syakal maupun tulisan arab gundul dapat di copy paste pada word dan blog.

pontren.com assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng sonten poro kaum muslimin wa muslimatin di segala penjuru dunia khususnya yang berada di Tanah Air Indonesia entah dimana dari Sabang sampai Merauke.

Kali ini akan ditulis tentang tulisan arab menggunakan huruf hijaiyah kalimat thoyyibah yang berbunyi subhanallah walhamdulillah wala ilaha Illallah wallahu Akbar beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

Langsung saja, berikut adalah arti dari kalimat diatas dan dilanjutkan dengan cara penulisan dalam bahasa arab subhanallah walhamdulillah wala ilaha Illallah wallahu Akbar.

Arti subhanallah walhamdulillah wala ilaha Illallah wallahu Akbar

Seperti diketahui bahwasanya subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar artinya adalah maha suci bagi Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah maha besar.

Dalam hadits disebutkan bahwasanya, keempat kalimat yaitu subhaanallah, alhamdulillah, laa ilaaha Illallah, dan Allahu Akbar adalah ucapan yang paling disukai oleh Allah SWT.

Adapun hadis dimaksud yaitu Hadis riwayat HR. Muslim nomor 2137, diriwayatkan dari Samuroh bin Jundub sebagaimana berikut ini;

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ.

Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: (1) Subhanallah, (2) Alhamdulillah, (3) Laa ilaaha illallah, dan (4) Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai” (HR. Muslim no. 2137).

Dari hadis ini setidaknya ada 2 hal yang dapat diketahui yaitu 4 ucapan yang paling disukai Allah dan tidak ada dosa darimana saja dimulai mengucapkan keempat kalimat dimaksud.

Untuk lebih lengkapnya tentang hadits hadits mengenai 4 kalimat thoyyibaat diatas dapat anda baca di situs rumaysho dengan judul sebagai berikut

https://rumaysho.com/1277-keutamaan-empat-kalimat-mulia.html

Tulisan Arab Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha Illallah wallahu akbar

Berikut adalah teks tulisan Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha Illallah wallahu akbar arab dalam dua buah model atau bentuk, yang satu lengkap dengan harakat dan syakal sedangkan satunya model tulisan arab gundul.

Untuk yang pertama yaitu tulisan arab gundul

سبْحان الله و الحمد للهِ ولا إله إلاّ الله والله أكْبرُ

Sedangkan pada versi berikutnya yaitu tulisan subhaanallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallah wallaahu akbar dilengkapi dengan syakal dan harakat seperti fathah kasrah dhammah sukun tasydid guna kemudahan dalam membaca.

Berikut tulisannya.

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Kehebatan 4 kalimat toyyibat diatas bisa menghapuskan dosa dosa orang yang berada dimuka bumi meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.

Hal ini bersandar kepada hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad 2/158 dengan derajad sanad hasan, hadits riwayat dari Abdullah bin ‘Amr.

Berikut bunyi matan hadis dimaksud.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا عَلَى الأَرْضِ رَجُلٌ يَقُولُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ إِلاَّ كُفِّرَتْ عَنْهُ ذُنُوبُهُ وَلَوْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنْ زَبَدِ الْبَحْرِ »

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang di muka bumi ini mengucapkan: Laa ilaha illallah, wallahu akbar, subhanallah, wal hamdulillah, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah, melainkan dosa-dosanya akan dihapus walaupun sebanyak buih di lautan.”
Begitulah sebagian dari kehebatan atau khasiat 4 kalimat toyyibah yang terdiri dari

Subhanallah = سُبْحَانَ اللهِ
Alhamdulillah = اَلْحَمْدُ لِلَّهِ
Laa ilaaha illallah =لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ
Allahu akbar = اللهُ أَكْبَرُ

Wilujeng sonten, selamat weekend (ditulis pada hari sabtu sore hari tanggal 8 Agustus 2020), semoga kesehatan dan keselamatan senantiasa dilimpahkan kepada kita semua, subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha illallah, allahu akbar. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar