Sambutan Tuan Rumah Karang Taruna Bahasa Jawa


anggota karang taruna

Contoh kata sambutan Tuan rumah dalam acara kegiatan rutin kumpul Karang Taruna secara singkat padat praktis mudah dihafal dalam bahasa Jawa alias Boso Jowo yang biasanya masuk dalam agenda susunan acara rapat rutin yang tempatnya bergiliran dari rumah anggota satu ke yang lainnya.

pontren.com – assalamu’alaikum mbak mbak dan mas mas anggota karang taruna dimanapun anda berada, salam sejahtera dan semoga keselamatan serta kesehatan kesejahteraan selalu dilimpahkan kepada kita semuanya, salam kenal dan salam gaul.

Salah satu wadah kegiatan untuk para putra putri remaja dan pemuda pemudi baik di desa, kompleks rumah atau bahkan dikota yang masih bagus suasana bertetangga adalah organisasi Karang Taruna.

Paling lazim acara ini diadakan sebulan sekali dengan tempat bergiliran sesuai jadwal yang disusun dan disepakati atau berdasarkan kocokan arisan bagi yang muncul akan ketempatan pelaksanaan rapat rutin ini.

Dalam acara biasanya terdapat sambutan, tentunya tuan rumah mendapatkan porsi semestinya untuk memberikan kata sambutan tuan rumah dalam rangka kumpulan rutin kegiatan Karang Taruna.

Baca : Ucapan Selamat Pagi Sayang Bahasa Jawa Untuk Kekasih Pujaan Hati atau kepada Suami/Istri

Untuk memberikan sambutan dalam acara karang taruna yang singkat, maka ada 3 hal yang perlu diperhatikan dan dicantumkan dalam kata kata sambutan ini.

Yang pertama yaitu ucapan puji syukur kepada Allah SWT atas rahmatnya, kemudian ucapan selamat datang kepada para peserta anggota karang taruna, dan ketiga permohonan maaf apabila dalam penyiapan tempat, sambutan, dan hidangan ada yang kurang berkenan di hati para anggota.

Langsung saja praktek seperti apa contoh kata sambutan tuan rumah acara kegiatan karang taruna yang singkat dan padat adalah sebagai berikut;

Kata Sambutan Tuan Rumah Karang Taruna Bahasa Jawa

Dalam sambutan ini, anda perlu memperhatikan siapa saja yang datang hadir dalam acara, misalnya bapak RW atau Bapak RT, sehingga perlu and sebut dalam prakata sambutan tuan rumah ini, berikut contoh sambutan dalam bahasa jawa.

Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Ingkang kawulo hormati, Bapak Ketua RW 5 Dusun Gadungan
Ingkang Kawulo Hormati ugi Bapak RT 3
Ingkang Kawulo Hormati Ketua Karang Taruna Ngudi Santosa Dusun GadunganIngkang kawulo hormati ugi poro rawuh muda mudi anggota Karang Taruna Rw 13 Dusun Gadungan

Sepindah, monggo kawulo dereaken memuji syukur Dumateng Allah SWT amargi kanthi welas asih soho barokah ugi nikmatipun kito sedoyo saget makempal wonten acara kumpul pepanggihan kegiatan rutin rapat Karang Taruna Ngudi Santosa wonten ing papan panggenan kawulo. Mugi mugi gusti maringi barokah ing kegiatan puniko.

Kaping kalih, kawulo matur sugeng rawuh dumateng Bapak erwe, Bapak erte, Ketua Karang Taruna, ugi dumateng poro muda mudi remaja Karang Taruna ….. dusun Girimulyo engkang kinormatan wonten ing panggenan kulo, ugi maturnuwun dumateng sedoyo ingkang kerso lan saget ngrawuhi wonten dalem kawulo sekeluarga.

Ingkang nomer tigo, wondene anggen keluarga kulo nyiapaken panggenan, gelaran, kalebet samangkih unjukan soho ubo rampenipun wonten ingkang kirang mranani panggalih poro rawuh, kawulo nyuwun agenging pangarsami,

Ing Wasono, penutupipun atur pinongko ingkang panggenan rapat kumpulan wonten ing dalu puniko, wonten kirang langkungipun atur, kawulo nyuwun pangapunten. Wa billahi taufik wal hidayah wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Baca : contoh sambutan Tuan Rumah Rapat RT Boso Jowo

Begitulah contoh singkat tentang sambutan dari tuan rumah dalam acara kegiatan rutin kumpulan karang taruna dalam bahasa Jawa yang dapat anda modifikasi, tambahkan kata atau kurangi menyesuaikan dengan selera.

Tentunya untuk alamat serta RT RW dan juga nama dari Karang Taruna menyesuaikan dengan kondisi yang ada di daerah sampean. jangan lupa diubah ya.

Tips dan kiat dalam sambutan Tuan RUmah Acara Karang Taruna

Saran bagi para mas dan mbak yang ketempatan acara kegiatan karang taruna, ada baiknya melakukan latihan beberapa kali dengan praktek berbicara didepan cermin atau dimana diawali dengan membaca, memahami isi kalimat dan inti pembicaraan kemudian dilanjut dengan berlatih tanpa teks.

Persiapan dilakukan guna menjauhkan dari blank saat melakukan sambutan dan meminimalisir keadaan grogi atau bahasa Jawanya ndredek. disitulah fungsi latihan berbicara kata sambutan ini.

Semoga berhasil dalam sambutan dan bisa lancar saat acara dijauhkan dari kata grogi, yang penting belajar dan latihan, serta usahakan tidak tergesa gesa dalam berkata saat melakukan sambutan tuan rumah karang taruna. Wilujeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: