Tegese Pingget atine Gawe Pinggeting Ati Tegese Ukarane

Tegese Pingget atine Gawe Pinggeting Ati Tegese Ukarane

Tegese pingget atine yaiku marakake serike ati, agawe jengkel, atau dalam ungkapan lain menyebut dengan agawe pinggete ati, kalebu jenise tembung entar Basa Jawa yang artinya adalah membuat kesal hati dan jengkel. Pinggete atimu tegese yaiku ndadekake larane perasaanmu.

Jadi dalam bahasa Jawa arti gawe pinggeting ati tegese yaiku agawe mangkel, larane utawa serike atine uwong. artinya adalah membuat hati menjadi menjadi berbekas yang maknanya bikin mangkel

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng siang para peminat bahasa Jawa. Kali ini kita akan membahas arti tembung entar pingget atine atau agawe pinggete ati yang artinya adalah membuat sakit hati kesal dan dongkol.

Dalam Bahasa Jawa, tegese pingget yaiku laran atèn, gampang sêrike, artinya mudah sakit hati, mudah tersakiti perasaannya. Adapun ati (atine) tegese yaiku peranganing jêroan kang dianggêp tandhon sarining pangan (bagian dalam yang dianggap tempat sari makanan).

Ati juga bisa berarti têlênging rasa kabatinaning manungsa, rasa-rumangsa, pangrasa. Artinya rasa perasaan yang ada pada diri manusia.

Dalam tembung entar kali, maksudnya atine (hatinya) adalah yang berkenaan dengan perasaan. Bukan hati yang bersifat fisik sebagai organ tubuh manusia.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan hati jengkel, serik (pingget atine). Misalnya omongan yang kasar, mengumbar rahasia dan aib, berita omongan yang sifatnya fitnah, kebohongan dan lain sebagainya.

Tuladha ukara contoh kalimat pingget atine agawe pinggete ati Tuladhane Ukarane gawe pinggeting ati

Berikut ini adalah contoh kalimat dalam Bahasa Jawa tembung entar pingget atine lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan dalam memahami ungkapan ini.

Omongane agustinus kasar lan seneng ngapusi ndadekake pingget atine kanca-kancane lan agawe pinggete ati tangga-tanggane. Artinya omongan Agustinus kasar dan suka bohong menjadikan sakit hati teman temannya dan membuat sakit hati para tetangganya.

Ada juga yang menyebutkan istilah ini sebagai ungkapan mengenai orang yang mudah tersinggung, gampang ngambeg dan lain sebagainya.

Tuladha tuladhane contoh kalimat dalam Bahasa Jawanya adalah sebagai berikut;

Agustinus gampang nesu lan ngamuk, dituturi sithik wae wis pingget atine artinya adalah agustinus mudah marah dan ngamuk, diomongin sedikit saja sudah sakit hatinya.

Contoh kalimat yang lain misalnya yaitu “Omongane Agustinus sik ora kepenak marang sliramu muga muga ora dadi pinggete atimu (menjadikanmu sakit hati).

Jadi tegese pinggete atimu yaiku gawe lara atine sliramu, artinya membuatmu sakit hati.

Demikianlah informasi dan contoh ungkapan tembung entar mengenai sakit hati dalam Bahasa Jawa. Terima kasih sudah mampir, wilujeng sonten, selamat sore, salam kenal dan wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*