Hamdan wa Syukron Lillah Tulisan Arab Beserta Arti


tulisan hamdan wa syukron lillah bahasa arab

informasi tentang tulisan arab hamdan wa syukron lillah artinya dalam bahasa Indonesia dan tulisan huruf hijaiyah gundul dan versi lengkap dengan harakat syakal yang biasa dipergunakan dalam pembukaan pidato keagamaan baik bahasa Indonesia Arab Inggris termasuk lomba arabic english speech.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, hamdan wa syukron lillah di sore hari ini bisa membuat sebuah postingan sebagaimana judul diatas dengan cara penulisan secara Bahasa Arab dan terjemahan artinya kedalam Bahasa Indonesia, untuk versi tulisan huruf hijaiyah dipergunakan model arab gundul dan juga ada yang dilengkapi dengan tanda syakal harakat.

Umumnya kalimat hamdan wa syukron lillah ini berada di awal pembukaan suatu khotbah atau pidato termasuk juga sambutan yang dilakukan tuan rumah dalam berbagai acara sebagai hal yang pertama perlu dilakukan yaitu memuji kepada Allah SWT dan bersyukur, mensyukuri segala macam nikmat yang diberikan Allah.

Nah yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah tulisan arab Hamdan wa syukron lillah?
Berikut tulisannya

Tulisan Arab Hamdan Wa Syukron Lillah

Sebagaimana kami tuturkan diatas, bahwa tulisan dalam bahasa arab kalimat hamdan wa syukron lillah ini ditulis atau kami tuliskan dalam dua buah model yaitu versi arab gundul dan yang satu lagi model versi dilengkapi dengan syakal atau harakat semisal fathah kasrah, dhammah tasydid sukun tanwin, dan lain sebagainya.

Langsung saja berikut tulisan untuk versi yang pertama yaitu arab gundul tanpa adanya harakat tulisan hamdan wa syukron lillah.

حمدا وشكرا لله

Bagaimana jika dilengkapi dengan harakat lengkap semisal fathah, sukun, fathatain, dhammah ataupun tasydid?

Berikut adalah cara penulisan hamdan wa syukron lillah dengan harakat dan syakal guna kemudahan dalam membacanya.

ِحَمْدًا وَشُكْرًا لله

Nah, begitulah cara penulisan untaian kata pujian dan rasa syukur kepada Allah secara huruf arab baik dengan versi tanpa harakat alias gundul atau dilengkapi dengan syakalnya. Pada beberapa aplikasi atau blog komputer adakalanya tulisan dalam Allah hilang tasydid dan fathah berdirinya, silakan ditambahkan sendiri.

pada kata lillah seharusnya ada harakat kasrahnya, akan tetapi jika saya beri tanda kasrah maka tanda tasydid dan alif khanjariyahnya akan hilang.

Arti hamdan wa syukron lillah

Sekarang menginjak ke pembahasan yang kedua yaitu menjawab pertanyaan yang berbunyi “apa arti hamdan wa syukron lillah artinya adalah.

Mari kita coba urai satu persatu alias kata perkata. Kalimat ِحَمْدًا وَشُكْرًا لله (hamdan wa syukron lillah) terdiri dari beberapa kata atau kalimat dibawah ini

حَمْدًا = pujian
وَ = dan
شُكْرًا = terima kasih
ِلِلّه = bagi Allah

Dengan demikian jika dirangkai dalam kalimat maka arti hamdan wa syukron lillah adalah segala puji dan syukur kepada Allah SWT yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Lazimnya kalimat diatas dipergunakan dalam pembukaan untuk khutbah jum’ah, lomba pidato, sambutan pengajian yang kemudian setelahnya dilanjutkan dengan salawat serta salam kepada Nabi Besar Muhammad saw.

Atau ada yang menyingkat dengan menggunakan kata kata ammaa ba’du.( أَمَّا بَعْدُ ).

Nah sekarang sudah pada tahu khan apa artinya hamdan wa syukron lillah beserta tata cara penulisannya dalam bahasa Arab, dan satu lagi, tulisan ini dapat di copy paste pada word ataupun di blog anda.

jika anda sedang akan tampil untuk memberikan sambutan, semoga dapat lancar dan beres dalam menyampaikan prakata sambutan dalam acara yang anda bertindak sebagai panita ataupun tuan rumah.

kalau sampean sedang dalam rangka menyusun teks untuk lomba pidato baik bahasa arab indonesia ataupun Inggris semoga mampu meraih juara satu dan berhasil menjadi juara umum secara team. kalau nada sekedar iseng iseng mencari tulisan, salam kenal saja 😀 .

Demikian, wilujeng sonten, selamat membuka buka website dan blog, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.