Doa Sapu Jagad


doa sapu jagad arab

Informasi tentang doa sapu jagad dalam tulisan huruf arab lengkap dengan harakat syakal serta ditulis dengan latin dan arti bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa (boso Jowo) beserta khasiatnya dan informasi dimana letaknya dalam surat ayat alqur’an.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, doa sapu jagad merupakan salah satu yang singkat padat dan sangat terkenal di kalangan kaum muslimin dan muslimat, ada yang memberikan tafsiran sapu jagad karena didalamnya berisi permintaan dan permohonan kebaikan di dunia dan juga di akhirat (menyapu semuanya).

berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim (muttafaqun ‘alaih), dari Anas bin Malik meriwayatkan bahwa doa ini paling sering dibaca oleh nabi Muhammad saw.

Berikut matan hadits dimaksud.

وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa doa yang paling sering dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, “ALLOHUMMA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR. (Artinya: Ya Allah, karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka).” (Muttafaqun ‘alaih) [Hadits Riwayat Imam Bukhari, 8:187-188; Hadits Riwayat Imam Muslim, nomor 2690]

Doa Sapu Jagad dalam Al-Qur’an

teks doa sapu jagad ini juga terdapat dalam al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 201, berikut tulisan atau bunyi dari ayat dimaksud:

وَمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

tulisan latin : Arab-Latin: Wa min-hum may yaqụlu rabbanā ātinā fid-dun-yā ḥasanataw wa fil-ākhirati ḥasanataw wa qinā ‘ażāban-nār (Q.S. Al-Baqarah 201).

Mengutip dari situs rumaysho dot com dalam artikelnya disebutkan bahwa :

Menurut Ibnu Katsier, Doa sapu jagad ini berisi permintaan kebaikan di dunia seluruhnya dan dihindarkan dari seluruh kejelekan.

Adapun maksud dari kebaikan dunia adalah nikmat kesehatan, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik, serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.

Sedangkan dalam hal bunyi doa kebaikan di akhirat yang diminta dalam doa ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut), diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat, serta berbagai kebaikan akhirat lainnya.

Doa Sapu Jagad tulisan Arab Latin

Berikut adalah matan atau teks dari doa sapu jagad dalam tulisan huruf hijaiyah arab dan dalam penulisan huruf latin:

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin : Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah waqinaa ‘adzaabannaar

Doa sapu jagad arti Jawa dan Indonesia

Arti dari doa diatas dalam bahasa Jawa (Boso Jowo) dan Bahasa Indonesia adalah sebagaimana berikut:

Arti bahasa Jawa atau boso jowo halus : Duh Gusti Allah, Kawulo Nyuwun Panjenengan paring dumateng kito wonten ing donya gesang kamulyan, soho wonten ing akhirat gesang ingkang mulyo, nyuwun panjenengan tebihaken kito saking Neroko.

Arti bahasa Indonesia : “Yaa Tuhan kami, berilah kepada kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka

Khasiat doa sapu jagad

Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu ‘anhaa bahwasanya nabi Muhammad menyukai doa doa yang singkat dan padat isinya seberti doa sapu jagad robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah … ilal akhir ini.

Berikut riwayat dimaksud yang terdapat dalam HR. Abu Daud no. 1482, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.

Khasiat dari doa sapu jagad diantaranya adalah doa ini ringkas akan tetapi mengandung makna dan cakupan yang sangat luas yaitu:

  1. meminta kenikmatan di dunia,
  2. meminta kenikmatan di akhirat, serta
  3. agar terbebas dari api neraka.

Permintaan nikmat dunia akhirat dan dibebaskan dari api neraka meliputi banyak hal yang kita kesusahan untuk membayangkan apa saja nikmat Allah Subhana Wa Ta’aala.

Khasiat apalagi yang anda minta atau anda cari jika sudah diberikan kenikmatan dunia, kenikmatan akhirat dan dijauhkan dari api neraka?

Demikian, Allah menganugerahkan kepada kita ketiga hal diatas (kebaikan dunia, kebaikan akhirat dan bebas dari api neraka). Sugeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: