doa-pagi-hari

Doa Pagi Hari Islam Bergambar lengkap arti dan Terjemah

Informasi mengenai doa pagi hari agama Islam dilengkapi dengan gambar yang dapat dijadikan dp atau linimasa pada whatsapp maupun instagram sebagai pengingat diri yang ngetrend dengan istilah self reminder, juga ditulis dalam tulisan arab lengkap dengan arti terjemah dan huruf latinnya.

Pontren.com – assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, pagi hari merupakan awal mula umumnya orang melakukan aktivitas, pengecualian manusia tertentu yang memiliki jam kerja malam atau dimulai siang hari atau sore hari. Dan alangkah baiknya jika dapat berdoa pagi hari secara rutin dan utamanya ada yang bersumber dari riwayat rasul.

Doa dipagi ini kami kumpulkan dari beberapa situs website atau internet yang berasal dari kalangan NU maupun muhammadiyah dengan menukilkan dari nu.or.id dan doa dari pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Barat dari situs sangpencerah.id, juga beberapa sumber lainnya mengenai doa pagi hari Jumat.

Berikut beberapa doa yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam memanjatkan doa pagi hari.

Doa Pagi Hari Rosulullah

Mengutip apa yang ditulis pada website resmi NU berikut adalah doa yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah yang diajarkan Nabi Muhammad saw yang dibaca pada waktu pagi hari sebagaimana dikutip oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 63.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.
Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

ada juga doa yang lain, Imam An-Nawawi juga mengutip doa pagi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).berikut ini:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya, “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,”

Sedangkan dibawah ini merupakan doa yang disampaikan oleh Doktor Dadang Syaripuddin MA, Wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat dilansir dari sangpencerah.id

Diawali dengan taawudz

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Audzu billahi minasy syaithonirrojiim
Artinya “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.”

Dilanjutkan dengan membaca ayat kursi sebagaimana tulisan dibawah ini;

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي
الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَم مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ
بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا،
وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Doa pagi hari Jumat

Untuk doa di pagi hari, (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir) sebagaimana dibawah ini;

مَنْ قَالَ صَبِيْحَةَ يَوْمِ الْجُمُعَةِ قَبْلَ صَلاَةِ الْغَدَاةِ: أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ، ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوْبَهُ، وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ.

Man qoola sabiihahu yaumil jum’ati qobla solaatil ghodaati, astaghfirullahalladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaih, tsalaasa marrootin, ghofarallahu lahu dzunuubahuu walau kaanat mitsla zaadi bahri.

“Barangsiapa yang mengucapkan pada pagi hari Jum’at sebelum shalat Jum’at, ‘Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia Yang Mahahidup lagi terus menerus mengurusi makhlukNya dan aku bertaubat kepadaNya, sebanyak tiga kali, maka Allah mengampuni dosa-dosanya, walaupun sebanyak buih di lautan“.

Dengan begitu, yang menjadi kalimat doa dari hadist diatas adalah kalimat berikut ini dan dibaca sebanyak 3 kali :

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ الحَيَّ القَيُّوْمَ وأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullâh alladzî lâ ilâha illâ huwa-l-hayyal qayyûma wa atûbu ilaihi
Artinya, “Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia Yang hidup kekal serta terus menerus mengurus (makhluk); dan aku bertobat kepada-Nya.”

Gambar doa pagi hari format JPG PNG dan yang lainnya.

Berikut adalah beberapa gambar doa dipagi hari yang dapat dijadikan sebagai DP atau wall di linimasa timeline whatsapp atau media sosial yang lain.

doa-pagi-hari-islam
doa-pagi-hari-3

Sugeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

loading...

Silakan berkomentar