Allahumma Firlahu Warhamhu Arab Latin artinya, Bisa Copas

Share

Doa allahumma firlahu warhamhu dalam tulisan arab teks latin dan arti terjemah dalam bahasa Indonesia bacaan takbir ketiga pada salat jenazah. Biasanya mengikuti kalimat istirja “inna lillahi wa inna ilahi rojiun.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat malam semoga semuanya dalam kondisi sehat selalu dan mendapatkan rahmat serta hidayat dan inayah dari Allah SWT.

tulisan allahumma firlahu warhamhu

Bagi yang hendak mengetahui tulisan Arab Allahumma firlahu warhamhu wa afihi wa’fu anhu adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Teks latin : Allaahuummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu artinya adalah Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia

Allahumma firlahu warhamhu untuk wanita

Sedangkan allahumma firlahu warhamhu untuk wanita adalah allahummaghfirlahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa.

Tulisn allahumma firlahu warhamhu untuk wanita sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Artinya : Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia (wanita). Bebaskanlah dan maafkanlah dia (wanita).

Kata istirja (inna lillahi wa inna ilahi rojiun) biasanya mendahului doa ini (allahummaghfirlahu).

Apabila mendengar berita duka biasanya kita mengucapkan kata inna lillahi wa inna ilai roji’un, allahummaghfirlahu warhamhu, tulisannya arab adalah sebagai berikut.

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

innaa lillahi wa innaa ilaihi rojiun allahumma firlahu warhamhu artinya adalah Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali,
Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia

Bacaan setelah takbir ketiga salat jenazah

merupakan doa lebih lengkap untuk versi doa allahummagh firlahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu dalam bacaan setelah takbir ketiga shalat jenazah.

Berikut adalah tulisan arab beserta teks latin dan artinya dalam bahasa Indonesia bacaan dalam salat jenazah takbir ketiga.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Teks latin (Alloohummaghfirlahuu warhamhuu wa’aafihi wa’fu ‘anhuu wa akrim nuzulahu wa wassi’ mudkholahu waghsilhu bil maa-i wats-tsalji wal barod.
Wa naqqihii mina-l khothooyaa kamaa naqqoita-ts tsauba-l abyadho mina-d danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhu-l jannata wa a’idzhu min ‘adzaabi-l qobri au min ‘adzaabin naar.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia.
Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun.
Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka.

Tidak merubah doa allahummaghfirlahu warhamhu meskipun wanita

Dahulu kala saat saya belajar pada madrasah Aliyah, dalam mendoakan orang meninggal dunia baik itu laki laki perempuan pria wanita, tetap memakai doa allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu.

Alasan beliau adalah kita menyesuaikan dengan apa yang datang dari doa atau teks yang mutawatir. Bukan teks yang menyesuaikan dengan kita.

Maksudnya begini, allahummaghfirlahu, dhomir hu(هُ ) kembalinya kepada kata mayyitun (mudzakar), jadi misalnya yang meninggal adalah fulanah maka doa ini allahummaghfir mayyit fulanah.

Sehingga dhomirnya baik yang meninggal itu pria atau wanita tetap memakai allahummaghfirlahu. Demikian pendapat dari Kiai Rosyid Wasi’un pada waktu mengajar dan menjelaskan mengenai doa ini.

sengaja teks arab tulisan doa allahummaghfirlahu warhamhu beserta istirja bukan dalam versi gambar supaya bisa anda copy paste dan menjadi status pada WA alias Whatsapp anda.

wilujeng dalu, salam kenal dan selamat malam wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.