perbedaan robbana dan allahumma

Perbedaan Robbana dan Allahumma dalam Doa, Penjelasan Alumni Mesir

Share

Perbedaan lafadz doa menggunakan kata robbana dengan Allahumma berdasarkan penjelasan Ustadz Lutfi Chakim. Beliau adalah Direktur Pondok Pesantren Nurul Islam tengaran Kab. Semarang, Lulusan Al Azhar Kairo Mesir. Jenjang SMA belajar pada MAPK Surakarta dan MTs PPMI Assalaam Solo, jenjang dasar di SD Bugel Salatiga.

pontren.com – assalaamu’alaikum, pernahkah sampean memperhatikan ada banyak doa yang awal kalimatnya memakai kata Allahumma dan robbanaa, dalam terjemahnya bahasa Indonesia diartikan dengan Yaa Allah atau Wahai Tuhan kami.

Jika artinya sama, apa perbedaan doa yang diawali dengan lafal kalimah robbana dengan allahumma?

Adakah perbedaannya atau memang sama saja?

Nah berikut adalah penjelasan H. Lutfi Chakim, Direktur Pesantren Nuris Tengaran, suatu pesantren yang menyediakan jenjang pendidikan SMPIT, SMAIT dan juga Madrasah Aliyah yang santrinya mondok full 24 jam.

Pesantren ini juga memiliki penekanan tahfidz meskipun bukan suatu kewajiban untuk hafal 30 juz.

Keunggulan lainnya pesantren nuris Tengaran Kab Semarang yaitu keseimbangan antara pendidikan Agama dan Umum.

Sehingga banyak alumninya yang bisa lolos UMPTN perguruan tinggi negeri serta meneruskan s1 ke Timur Tengah muapun Mesir.

Kembali lagi kepada tema apa sih perbedaan robbana dengan allahumma?

Langsung saja begini penjelasan beliau

Perbedaan robbana dan allahumma dalam doa

Berkata Ust. Lutfi Chakim melalui whatsapp yang menjelaskan perbedaannya doa yang diawali kata robbana dengan Allahumma.

Dalam Al Quran.. Ayat-ayat yg memakai kata Rabbana setelah nya diikuti dengan permohonan yg bermakna doa..

Sedangkan Allahumma dipakai dalam ayat-ayat yang maknanya sanjungan atau ats-tsana..

Arti Indonesia nya sama.. Ya Allah.. Wahai Tuhan kami.

Dalam menjelaskan mengenai beda awal doa ini beliau memberikan contoh kongkrit dalam al-Qur’an.

Contoh doa menggunakan allahumma dan robbana

Yang pertama mengenai contoh doa menggunakan kata Allahumma pada surat al Ali Imran ayat 26 berbunyi

قُلِ اللهم مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ ۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ – ٢٦

Artinya : Katakanlah (Muhammad), “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Contoh kedua yaitu doa dengan menggunakan kata Robbanaa dalam Surat Al Maidah ayat 114

قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ – ١١٤

Artinya : Isa putra Maryam berdoa, “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

Dalam Ayat kedua.. Tampak sekali Allahumma disitu dia sanjungan, Sedangkan Rabbana sudah masuk dalam shighoh doa.. Karna diikuti dengan permohonan

Nah begitulah penjelasan pak Direktur Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran Kab. Semarang dengan layanan pendidikan SMP, SMA, MA Nurul Islam Tengaran.

Selanjutnya admin menambahkan informasi bahwasanya;

Kedua ayat ini (ali Imran 26 dan al Maidah ayat 114) saya copas teks Arab dan artinya dari situs al-Qur’an Kementerian Agama.

Jika anda memperhatikan terjemahnya maka arti robbana maupun allahumma merujuk kepada makna yang sama yaitu Ya Tuhan atau Wahai Tuhan.

Allahumma mekso, tips doa supaya semangat tidak malas

nah kalau ini bukan dari ustadz Lutfi Chakim, tapi pengalaman aye konsultasi ama orang yang bermental kayu jati dan melihat berbagai macam status doa pada whatsapp maupun facebook.

jare Icha Allahumma mekso

bergini kisahnya,

Beberapa bulan sebelumnya (atau mungkin setahun yang lalu), saya ngobrol dengan guru Bahasa Inggris pada MTs Mazda Kudus.

Selain mengajar, juga memiliki aktivitas lain berbisnis kuliner, dengan memasak sendiri olahan makanan, dan menjualnya sendiri juga mungkin adakalanya di ewaki kakanda atau anaknya).

Etos kerja yang bagus ini membuat saya berkonsultasi, piye carane supaya ben semangat. Opo dongane, kira kira begitu.

Selanjutnya dijawab dengan doa “Allahumma mekso”.

Maksudnya memohon kepada Allah untuk dihilangkan kemalasan dan memaksa untuk rajin dan giat dalam berusaha dan berikhtiar.

Lha ternyata di internet banyak sekali interpretasi dan variasi doa menggunakan kata Allahumma sebagai awalnya kemudian diikuti dengan berbagai permintaan.

Nganti saya lali apa saja variasinya, nanti kalau sudah dapat berbagai model doa campuran boso Arab Indonesia Jowo “semisal doa Allahumma mekso” akan saya list pada bagian bawah tulisan ini.

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil;

  • Secara arti terjemah, kata allahumma dan robbana adalah sama yaitu wahai Tuhan,
  • Ayat diawali Rabbana setelah nya diikuti dengan permohonan yg bermakna doa..
  • Sedangkan Allahumma dipakai dalam ayat-ayat yang maknanya sanjungan atau ats-tsana..

Nah itulah sebagai tambahan khazanah pengetahuan dalam arti Bahasa Arab dalam doa, semoga kita termasuk orang-orang yang rajin berdoa, dikabulkan permintaan dan masuk kategori orang soleh solihah diampuni semua salah dan khilaf.

Akhirul kalam, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.