Mengucapkan selamat pagi sayang Bahasa Jawa untuk suami istri pacar kekasih

selamat pagi sayangku bahasa jawa

Otak atik bagaimana membuat atau menyusun kata kata berupa ucapan selamat pagi sayang yang diperuntukkan bagi seseorang yang disuka disayang dicinta entah itu pacar kekasih pujaan hati ataupun suami, istri yang dalam ikatan yang sah, jangan coba coba dipakai untuk selingkuhan yaa.. bisa digebugin ama bojone lho.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Sayangnya menyusun kata sapaan yang singkat dalam bahasa Jawa ini bukan hal yang mudah, kalau mudah tentu saya tidak perlu repot repot konsultasi bertanya kepada seorang alumni strata satu dari universitas yang terkenal di Yogyakarta, alumni Universitas Gadjah Mada dan tentunya juga kuliah di Sastra Jawa atau semacamnya lah, kalau tanya ke teknik kimia tentu malah ga nyambung.

Sebelum saya berkonsultasi kepada si dia yang jago bidang Bahasa Jawa, saya mengutarakan bahwa mengucapkan selamat pagi sayangku istriku suamiku kekasihku pujaan hati sulit untuk diterjemahkan kedalam boso Jowo, minimal wagu alias aneh didengar jika diucapkan atau bikin mengeryitkan dahi jika dibuat SMS atau pesan lewat whatsapp.

Baiklah, sekarang kita coba menerjemahkan terlebih dahulu kedalam bahasa Jawa,

Selamat pagi = sugeng enjang (kromo inggil) atau memakai Wilujeng enjang (kromo Madya), perihal tingkatan bahasa kromo inggil atau kromo madya ini bisa diperdebatkan dan anda dapat membuka buku penjebar semangat atau ahli bahasa Jawa, disini tidak akan dibahas mengenai pemilihan kata wilujeng atau sugeng.

Yang kedua, istri atau suami bahasa ngoko nya adalah “bojo”, kromo madya disebut “semah” dan kromo inggil menggunakan kata “garwo”.

sugeng enjang boso jowo

Coba sekarang kita coba menerjemahkan kata sebagai berikut, “selamat pagi istriku” jika diterjemahkan dengan bahasa Jawa Ngoko menjadi Wilujeng enjang Bojoku. Aneh gak 😀 ?

Atau pakai bahasa kromo alus, maka menjadi sugeng enjang garwo kawulo. Keduanya menurut saya tetap saja aneh.

Dari situ sang Dewi (yang lulusan strata 1 UGM Sastra Jawa, namanya Dewi) mengatakan bahwa hal ini terkait dengan budaya dimana dalam kebudayaan orang Jawa tidak dikenal ucapan seperti diluar negeri saat bangun tidur mengucapkan ucapan selamat pagi kepada pasangannya.

Kalau dalam film kita akan melihat orang menyapa pasangannya dengan mengatakan, hai, good morning honey, good morning my baby dan lain sebagainya.

Tidak begitu dengan masyarakat Jawa.

Bagaimana dengan bahasa tulisan, misalnya melalui pesan pendek atau whatsapp, atau melalui media sosial seperti facebook ataupun twitter, bisakah memakainya?

Akhirnya saya utak atik seperti apakah yang paling wangun ataupun mendingan tidak wagu dibanding dengan kata kata diatas kemudian terbersitlah penyusunan ucapan selamat pagi sayang sik rodok patut.

Apakah itu?

cara menulis bahasa arab dalam bahasa arab

Begini usulan saya, wilujeng enjang kratesnanku. Nah tresno memiliki arti suka sehingga katresnan adalah seseorang yang di gandrungi disukai yang dalam bahasa Indonesia cocok untuk dipadankan dengan kata sayang.

Dengan begitu, entah anda mengucapkan kepada istri suami kekasih ataupun pacar pujaan hati menurut saya akan pas jika menggunakan kata “Wilujeng Enjang Katresnanku”, bukan memakai kata yang lain. Kalau memaksakan dengan kata semah bojo garwo malah menjadi humor dagelan dalam dunia ucapan selamat pagi (minimal menurut saya).

Kemudian pemilihan kata wilujeng, merupakan bahasa kromo madya atau tengah tengah karena dalam ucapan selamat pagi siang sore malam hari bahasa jawa tidak ditemukan atau tidak ada dalam bahasa Ngoko, adanya kromo madya yaitu wilujeng, dan kromo inggil yaitu sugeng.

Akan tetapi jika ada yang masih begitu memegang teguh bahasa kromo inggil bahasa dari seorang istri kepada suaminya, secara teknis tentunya akan lebih baik jika memakai “sugeng enjang garwo kawulo”.

Nah ini hanyalah opini pribadi saya setelah mengutak atik kata yang cocok dan familiar sebagai ucapan selamat pagi sayang untuk kekasih pacar atau suami istri yang sah anda.

Wilujeng dalu katresnanku, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar