Doa sunatan khitanan

Share

Download teks doa sunat khitan anak kombinasi antara arab dan indonesia dalam rangka mendoakan anak yang menjalankan sunnah, memuji kepada Allah, salawat dan salam kepada Nabi Muhammad saw, dijadikan orang yang bersyukur, mendapatkan barakah dan rahmat, memiliki sikap mental kuat dan akhlak mulia, diampuni kesalahan dan khilafnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, sebelum lanjut tulisan ini, saya ucapkan kepada mas Ius Hadi yang telah membagikan contoh teks doa khitanan sehingga bisa dibaca warganet yang membuka postingan ini.

ucapan khitanan sunat

Wilujeng dalu para ustadz maupun pemuka agama baik di kota ataupun desa perkampungan penduduk, semoga kesehatan dan keselamatan serta keberkahan senantiasa dilimpahkan kepada kita semuanya.

Pada acara hajatan sunatan atau dalam bahasa jawa disebut tetak, dalam bahasa Indonesia yang lain disebut khitan, lumrahnya didalam acara tersebut diadakan doa yang diamini oleh para undangan.

Siapa yang biasa ditunjuk? Kalau menunjuk kok kayaknya kurang sopan ya, siapa yang diminta pertolongan untuk menjadi pemimpin doa acara hajatan sunat atau khitan?

Masyarakat awam yang memiliki acara hajatan sunatan ini mestinya akan meminta tolong kepada tokoh agama pemuka masyarakat yang ada dilingkungannya.

Apabila pejabat atau kaum terpandang bisa jadi mengambil tokoh yang lebih kondang dan mempunyai derajat pangkat lebih tinggi (dalam anggapan manusia tentunya) pada lingkungan berada.

Misalnya Kepala KUA, Kasi di Kemenag atau bahkan Kankemenag alias Kepala Kantor Kementerian Agama.

Kalau masyarakat umum ya pak modin atau imam besar masjid tempat biasanya masyarakat melakukan jamaah, atau sekurang kurangnya guru Agama.

Nah karena acara sunatan ini bukan seperti biasanya, maksunya bukan seperti kegiatan harian, dan supaya tamu undangan yang hadir bisa paham maksud doanya, disini ada contoh doa dalam rangka acara walimatul khitan atau walimatul yang lain.

Tanpa basa basi, berikut adalah teks doa walimatul khitan acara hajatan sunatan

Contoh teks doa khitanan atau sunatan

Kami lampirkan teks lafal arab dan juga tulisan latin supaya anda bisa memilih mana yang lebih mudah dibaca.

Jangan khawatir, kami tambahkan harakat syakal pada teks huruf hijaiyahnya.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ

يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

يَا رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّد في الأَوَّلِينَ وَالآخِرِينَ

A’udzubillahi minasysyaithannirrajim
Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi ni a’mahu wa yukaafi mazziidah ,

ya rabbana lakal hamdu kama yambaghi li jalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthaniki

Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru

Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin

Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat-MU, atas segala rahmat dan karunia-MU yang telah ENGKAU limpahkan kepada kami, kepada para pendahulu kami, Kakek Nenek Kami, Bapak-Ibu kami, kepada anak-cucu kami dan kepada seluruh yang hadir pada acara malam tsyakuran khitanan ini

Allahumma Ya Allah Ya Rabbana Ya Karim..

Jadikanlah kami semua yang hadir di sini menjadi orang yang pandai bersyukur, atas segala nikmat yang telah Engkau karuniakan kepada kami. Jadikan kami orang yang mempunyai tekad yang kuat untuk selalu berbuat baik dan memiliki nilai-nilai kebaikan, seperti kejujuran, ketekunan, Rasa Peduli, Semangat untuk Maju, dan Tanggung jawab.

Allahumma Ya Allah Ya Rabbana Ya Karim,

……………………………………………………………… saat ini menjalankan sunah Nabi-Mu qolbun saliim “ Ibrahim alaihissalam” dengan melakukan khitanan ananda ………………………………………… Untuk itu Ya Allah, terimalah amalannya, hapuskanlah dosa-dosanya, lapanganlah rejekinnya dan bahagiakanlah keluarganya. Dan kepada ananda …………………………………. muliakanlah dirinya, panjangkanlah umurnya, terangilah hatinya, teguhkanlah imannya, perbaikilah amal perbuatannya, tunjukkalah jalannya untuk selalu mencapai ridloMu, dekatkanlah pada kebaikan, dan jauhkanlah dari keburukan. Jadikan ia anak yang Sholeh yang menjadikan amal jariah bagi Ibu-Bapaknya.

Yaa Alloh… hanya kepada-MU kami melakukan pengabdian dan hanya kepada-MU kami memohon pertolongan. Anugrahkanlah kepada kami kekuatan, keikhlasan, perlindungan, bimbingan dan rejeki yang halal untuk menjalankan syariah agamamu demi mencapai akhirat kami.

Iyyaka na’ budu waiyyaka nasta’in

Rabbana taqabbalminna innaka antassami’ul alim, watub ‘alaina innaka antattauwaburrahim.

Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin

Nah seperti itulah contoh teks doa khitanan yang bisa menjadi panduan atau setidaknya gambaran berdoa menggunakan bahasa Indonesia yang diawali dengan kalimat Arab.

Tentunya ini tidak berlaku mutlak, hanya satu dari banyak contoh yang ada.

Sampean bisa melakukan perubahan modifikasi atau memang membaca persis seperti yang dibuat diatas.

Atau anda bisa mengabaikan sama sekali alias tidak menggunakannya dan memakai doa yang berbeda. Bukan suatu hal yang perlu untuk diperdebatkan.

Download Doa acara hajatan Sunatan khitan

Kami sudah menyiapkan file softcopy berupa dokumen dalam format doc ms word yang bisa anda unduh gratis free download.

Dibuat dalam bentuk landscape alias posisi kertas yang tidur sehingga memudahkan membaca karena 1 lembar kertas dibagi menjadi dua. Maksudnya dapat dilipat.

Berikut tampilan preloved alias penampakan sebelum pengunduhan.

Sampean dapat mengunduh file diatas langsung dari tampilan dimaksud dan menyimpan pada drive atau hape anda.

Jika memang perlu, tidak ada salahnya anda mencetak pada kertas untuk keperluan unjuk doa di hadapan para tamu.

Akan lebih elegan lagi jika anda berdoa tanpa teks alias anda sudah menghafal sebelumnya (tapi antisipasi saja silakan dikantongi teksnya jaga jaga kalau ada yang lupa).

Ada kendala dalam pengunduhan? Berikut kami lampirkan tautannya.

Download doa khitan sunnat format doc

Nah itulah yang bisa kami sampaikan malam ini, apabila anda memiliki contoh yang lebih keren dan bermaksud membagi kepada kami, akan kami sambut dengan dada terbuka.

Atau ada kritik saran? Jangan sungkan untuk menuangkan apa yang ada dalam fikiran anda pada kolom komentar.

Demikian, wilujeng dalu, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.