Macam macam Ijazah Pendidikan Formal Pondok Pesantren


santri pesantren ijazah formal

Informasi tentang berbagai model macam ijazah pendidikan pondok pesantren bagi alumni lulusannya mengacu kepada undang undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren dilengkapi contoh kongkrit dan peluang melanjutkan kuliah dan bidang pekerjaan di instansi pemerintah.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Saya rasa masih banyak orang Indonesia yang masih menganggap bahwa pondok pesantren itu hanya sekolah atau pendidikan nonformal yang lulusannya tidak mendapatkan bekal ijazah guna melanjutkan pendidikan atau bekerja di sektor formal.

Asumsi ini menjadikan pesantren dipandang kurang bagus dalam hal masa depan bidang melanjutkan pendidikan maupun bersaing di dunia kerja kantoran maupun menjadi PNS dan aparatur negara semisal polisi atau tentara.

Bahkan pesantren memiliki pendidikan formal dimulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi yaitu ma’had Aly. Sehingga rataan layanan pendidikan formal pada jenjang umur semuanya tercover oleh pondok pesantren

Alhamdulillah dengan teknologi informasi menjadikan tersampaikan informasi yang valid bahwa pesantren memiliki ijazah yang formal dan dapat dipergunakan sebagaimana pemilik ijazah seperti SD SMP SMA atau MI MTs Aliyah membuat sedikit demi sedikit pendapat yang salah mengenai pondok pesantren menjadi berkurang.

baca : ijazah PDF dan Satuan Muadalah Pesantren bisa untuk daftar Polisi

Untuk lebih detil tentang apa saja ijazah pendidikan formal pada pondok pesantren sudah dimuat dalam undang undang tentang pesantren dimana ijazah formal ini terbagi 2 yaitu ijazah yang memang berasal dari pendidikan pesantren dan ijazah Pendidikan pesantren pengelola satuan pendidikan Umum

Ijazah Formal Pendidikan Pesantren dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi

Dalam undang undang no 18 tahun 2019 tentang Pesantren, pada bab IV pasal 7 disebutkan bahwa jenjang pendidikan pesantren meliputi pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

Pada jenjang pendidikan dasar, ijazah formal dapat diraih dengan pondok pesantren yang menyelenggarakan pendidikan Diniyah Formal Ula (setingkat SD/MI), Wustha (setingkat SMP/MTs).

Contoh Penyelenggara Pendidikan Diniyah Formal Wustha yaitu Pondok pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo, dan masih ada puluhan pesantren yang menyelenggarakan PDF ini.

Pada jenjang pendidikan setingkat SMA atau Madrasah Aliyah, ijazah pendidikan formal pada pondok pesantren didapatkan pada pesantren yang menyelenggarakan Pendidikan Diniyah Formal Ulya maupun pada Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya.

Salah satu Satuan Pendidikan Muadalah yang paling terkenal di Indonesia adalah Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo, pesantren ini membekali santri lulusannya dengan ijazah muadalah, saya pernah bertemu alumni gontor yang menjadi polisi. Prit priit priiit, selamat siang.

ijazah PDF untuk daftar polisi

Kemudian di tingkat pendidikan Tinggi, ijazah formal pondok pesantren dihasilkan bagi lulusan Ma’had Aly.

Bagaimana kekuatan hukum atau posisi ijazah lembaga pendidikan formal pesantren diatas?

Pada tahun 2020 melalui situs resmi penerimaan anggota polri, disebutkan bahwa yang termasuk dapat diterima untuk mendaftar Anggota Polisi yaitu Ijazah SPM (satuan Pendidikan Muadalah) dan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) pada jenjang Ulya / setingkat SMA.

Baca ; Berbagai Profesi Pekerjaan Alumni Lulusan Pesantren

Dari pengumuman situs resmi milik Polisi Republik Indonesia ini menunjukkan bahwa keabsahan dan kekuatan hukum dari ijazah formal pesantren dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) memiliki posisi sama dengan ijazah SMA maupun Madrasah Aliyah.

Ijazah Pendidikan Pesantren Pengelola Satuan Pendidikan Umum

Untuk ijazah ini sebenarnya bukan merupakan ijazah pesantren, akan tetapi lebih tepat disebut dengan ijazah sekolah yang dikelola oleh pondok pesantren.

Apa sih satuan pendidikan umum itu?

Praktisnya seperti ini, Satuan pendidikan umum adalah lembaga pendidikan yang sering kita jumpai seperti SD SMP SMA, MI MTs MA.

Yang paling lazim terjadi di negeri ini adalah pondok pesantren mengelola satuan pendidikan umum dalam pelayanan ijazahnya, seperti Assalaam yang mengelola satuan pendidikan umum, untuk jenjang dasar yaitu MTs PPMI Assalaam, dan jenjang Menengah yaitu SMA Assalaam maupun SMK Assalaam.

Atau sebagaimana pondok Krapyak yang mengelola satuan pendidikan Madrasah Aliyah bagi santri yang belajar pada jenjang menengah.

santri-cilik-seragam-polisi-hajuan

Dengan begitu saat nanti lulus sekolah atau selesai pendidikan pada masing masing jenjang, akan mendapatkan ijazah formal sesuai dengan satuan pendidikan umum yang di selenggarakan oleh pondok pesantren dan tentu juga ada ijazah tambahan internal pesantren.

Contohnya santri PPMI Assalaam Surakarata lulusan SMA assalaam akan mendapatkan ijazah SMA dengan nilai standar UN sebagaimana SMA lainnya dan juga blanko ijazah dari Kementerian Pendidikan.

Atau santri MTs Assalaam maupun MA Krapyak akan mendapatkan ijazah yang mana blangko serta ketentuan kelulusan dan nilai kekuatan hukum ijazahnya sama seperti MTs MA negeri atau Swasta yang berada dibawah naungan Kementerian Agama.

Nah dari sini sudah dapat diketahui bahwa ijazah pondok pesantren banyak yang berasal dari pendidikan formal baik itu dari pondok pesantren tersendiri atau karena menyelenggarakan satuan pendidikan umum.

Yang jelas untuk ijazah Satuan Pendidikan Muadalah maupun Pendidikan Diniyah Formal dan Ma’had Aly berkutat di Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

baca : kisah santri dipaksa masuk pondok pesantren

Sedangkan pesantren penyelenggara satuan pendidikan umum kebanyakan menginduk di Kementerian Agama melalui jalur pendidikan MTs Madrasah Aliyah atau pada Kementerian Pendidikan dengan pendidikan SMP atau SMA.

Semoga menambah wawasan tentang berbagai macam ijazah formal pesantren, jika anda ragu apa dan bagaimana serta seperti apa ijazah pesantren yang hendak anda tuju, langsung saja anda tanyakan kepada pesantren tersebut.

Sugeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: