PMA nomor 18 tahun 2014 tentang Satuan Pendidikan Muadalah pada Pondok Pesantren

PMA no 18 tahun 2014 tentang Muadalah

Informasi dan download peraturan Menteri Agama nomor 18 tahun 2014 tentang satuan pendidikan muadalah pada pondok pesantren yang menjadi pedoman dan dasar hukum dalam pendaftaran pondok pesantren sebagai penyelenggara, ketentuan lain tentang nama kurikulum serta mata pelajaran yang wajib diajarkan.

pontren.com –assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, yang menjadi pertimbangan dikeluarkan PMA nomor 18 tahun 2014 ini adalah pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh pondok pesantren dengan mengembangkan sistem pendidikan pesantren memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan bangsa dan telah mendapatkan pengakuan penyetaraan (muadalah) dari lembaga pendidikan luar negeri sehingga lulusan dari satuan pendidikan keagamaan Islam tersebut dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi;

pertimbangan yang kedua yaitu diperlukannya aturan yang kuat bahwa dalam rangka pengakuan penyetaraan satuan pendidikan muadalah pada pondok pesantren dengan satuan pendidikan formal di lingkungan Kemenag.

Undang Undang, Peraturan dan PMA Dasar Pertimbangan

Aturan aturan yang menjadi pertimbangan dalam penerbitan PMA no 18 tahun 2014 diantaranya adalah;

  • Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  • Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar Pendidikan Dasar
  • Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru
  • Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
  • Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama
  • Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam

Yang dimaksud dengan muadalah pesantren adalah (maksudnya satuan pendidikan muadalah pada pondok pesantren) satuan pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di lingkungan pesantren dengan mengembangkan kurikulum sesuai kekhasan pesantren dengan basis kitab kuning atau dirasah islamiyah dengan pola pendidikan muallimin secara berjenjang dan terstruktur yang dapat disetarakan dengan jenjang pendidika n dasar dan menengah di lingkungan Kementerian Agama.

Sedangkan yang dimaksud dengan pondok pesantren adalah adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh masyarakat yang menyelenggarakan satuan pendidikan pesantren dan/ atau secara terpadu menyelenggarakan jenis pendidikan lainnya.

santri-muadalah-ilustrasi-di-pulau-karimunjawa

Tujuan Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Muadalah pada Pesantren

  • menanamkan kepada peserta didik untuk memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala;
  • mengembangkan kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik untuk m enjadi ahli ilmu agama Islam (mutafaqqih fiddin) danjatau menjadi muslim yang dapat mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupannya sehari-hari; dan
  • mengembangkan pribadi akhlakul karimah bagi peserta didik yang memiliki kesalehan individual dan sosial dengan menjunjung tinggi jiwa keikhla san, kesederhanaan, kemandirian, persaudaran sesama umat Islam (ukhuwah Islamiyah), rendah hati (tawadhu), toleran (tasamuh), keseimbangan (tawazun), moderat (tawasuth), keteladanan (uswah), pola hidup sehat, dan cin ta tanah air.

Download PERATURAN MENTERI AGAMA NOMOR 18 TAHUN 2014 TENTANG SATUAN PENDIDIKAN MUADALAH PADA PONDOK PESANTREN

Berikut ini adalah halaman review guna melihat tampilan peraturan ini tanpa harus download atau unduh jika hanya sekedar perlu melihat beberapa aturan yang tercantum didalamnya.

Anda dapat kembali lagi mengunjungi dilain waktu sekiranya memerlukan.

Model hanya melihat tanpa mengunduh dapat menghemat ruangan drive pada handphone dan dapat dipergunakan untuk penyimpanan file lainya. Jika anda perlu mengunduh juga sudah disiapkan tautannya.

Berikut reviewnya.

Untuk download PMA no 18 tahun 2014 muadalah berikut tautan link yang dapat anda ikuti, format file ini berbentuk PDF yang rapi yang memudahkan untuk di convert kedalam word melalui aplikasi online maupun offline.

Download PMA no 18 tahun 2014 tentang Pesantren Muadalah

Sugeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar