Pengertian Salat Berjamaah adalah beserta artinya

salat berjamaah adalah

Mengulas tentang pengertian atau arti dari salat berjamaah mengacu kepada buku pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SMP atau MTs (Jenjang pendidikan Dasar Sekolah) Kelas 7.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat pagi menjelang siang hari kaum warganet citizen +62 di segala penjuru pulau tanah air Indonesia.

Pastinya kaum muslimin dan muslimah Indonesia mengetahui apa itu sholat dan minimal pernah mendengar apa yang dimaksud dengan salat jamaah.

Sekedar mengingatkan kembali apa itu salat jamaah artinya seperti apa, berikut informasinya.

Apa yang dimaksud dengan salat berjamaah?

Salat berjamaah salat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam, sedangkan yang lainnya menjadi makmum.

Dalam hal ini, salat wajib 5 waktu sangat diutamakan untuk dikerjakan secara berjamaah, bukan dengan salat sendirian (munfarid). Adapun kelima salat wajib dimaksud yaitu;

  1. Salat subuh;
  2. Salat dhuhur;
  3. Salat asar;
  4. Salat magrib, dan
  5. Salat isya.

Paling Sedikit salat berjamaah

Jika ada pertanyaan sebagaimana dibawah ini misalnya,

salat berjamaah paling sedikit dikerjakan oleh berapa orang?

Maka mengacu kepada pengertian dari salat berjamaah diatas, salat berjamaah paling sedikit dikerjakan oleh dua orang, satu menjadi imam dan yang satunya lagi menjadi makmum.

Salah satu landasan adalah Hadis Riwayat hadits Ahmad no.22189, dishahihkan oleh Syu’aib Al Arnauth dalam Takhrij Al Musnad).dari Abu Umamah Al Bahili, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda ketika ada seorang yang memasuki masjid untuk shalat:

ألَا رَجُلٌ يَتصدَّقُ على هذا يُصلِّي معه؟ فقام رَجُلٌ فصَلَّى معه، فقال رسولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ: هذان جَماعةٌ

“Tidakkah ada seseorang yang mau bersedekah terhadap orang yang shalat ini?”. Maka seorang lelaki pun berdiri untuk shalat bersamanya. Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Dua orang ini adalah jama’ah”

Posisi imam dan makmum suami istri salat berjamaah dan imam makmum hanya 2 orang laki laki

Bagaimana jika ada suami istri yang hendak melaksanakan salat jamaah? Bagaimana posisinya?

apabila suami istri ingin melaksanakan shalat berjamaah maka Istri bermakmum kepada suami dan posisinya di belakang suami.

Trus kalau hanya ada 2 orang pria yang hendak melaksanakan salat berjamaah?

Jika keduanya laki-laki maka posisinya sejajar dan makmum terletak di samping kanan imam (ada juga yang mengatakan posisi makmum agak mundur sedikit).

Berikut hadits sebagai dasar atau dalil posisi makmum 1 orang.

Dalam Hadis Riwayat Imam Bukhari no 117, 697 dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu’ahuma, ia berkata:

بِتُّ فِي بَيْتِ خَالَتِي مَيْمُونَةَ فَصَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ العِشَاءَ، ثُمَّ جَاءَ، فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ، ثُمَّ نَامَ، ثُمَّ قَامَ، فَجِئْتُ، فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ، فَصَلَّى خَمْسَ رَكَعَاتٍ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ نَامَ

“Saya pernah menginap di rumah bibiku, Maimunah (binti Al Harits, istri Rasulullah). Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat isya (di masjid), kemudian beliau pulang, dan shalat 4 rakaat. Lalu beliau tidur. Kemudian beliau bangun malam. Akupun datang dan berdiri di sebelah kiri beliau. Lalu beliau memindahkanku ke sebelah kanannya. Beliau shalat 5 rakaat, kemudian shalat dua rakaat, lalu tidur kembali” (HR. Bukhari no. 117, 697).

Bolehkah makmum sejajar dengan imam?

Makmum tidak boleh sejajar dengan imam jika ;

Makmum tersebut wanita dan imamnya laki laki;

Jumlah makmum lebih dari 1 orang.

Adapun makmum diperbolehkan berdiri sejajar dengan imam jika hanya ada dua orang yang melaksanakan salat jamaah (1 orang imam dan 1 orang makmum).

Demikian informasi tentang salat berjamaah. Selamat menjelang salat jum’at, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barkaatuh.

loading...

One Comment on “Pengertian Salat Berjamaah adalah beserta artinya”

Silakan berkomentar