Makmum Masbuq

makmum masbuq

Informasi tentang pengertian dari makmum masbuq yang diambilkan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang sekiranya dapat menjawab pertanyaam, apakah yang disebut dengan makmum masbuk?

Untuk menjawab pertanyaan dengan ada titik titik seperti “Makmum masbuq adalah makmum yangtitik titik. Maka dibawah ini semoga dapat membantu.

Makmum adalah makmum yang tidak sempat membaca surat al fatihah bersama imam di rakaat pertama

Lawan katanya adalah makmum muwafiq,yakni makmum yang dapat mengikut seluruh rangkaian salat berjamaah bersama imam.

Makmum masbuq dan makmum muwafiq

Dari keterangan diatas dapat diketahui bahwasanya yang dimaksud makmum masbuq (menurut buku pelajaran kelas 7 SMP) adalah makmum yang tidak memiliki kesempataan membaca bacaan surat al fatihah bersama dengan imam pada waktu rakaat shalat yang pertama.

Sedangkan makmum muwafiq yaitu seorang makmum sholat yang dapat mengikuti keseluruhan rangkaian sholat berjamaah bersama dengan imam sholat.

Dibawah ini adalah pertanyaan pertanyaan yang sering ditanyakan seputar makmum yang terlambat atau makmum masbuk. Mari kita petakan beberapa pertanyaan yang kemudian kita coba untuk menjawab secara bersama sama.

Selain itu, Makmum masbuq adalah makmum yang tidak dapat ….

Ada beberapa jawaban untuk pertanyaan ini, ada yang menjawab tidak dapat membaca surat al fatihah bersama dengan imam (versi buku SMP kelas VII).

Makmum masbuq jika mendapati imam sujud maka ia harus? Harus bagaiamana? Dalam ilustrasi buku dijabarkan sebagai berikut;

Pada saat makmum d atang u ntuk berjamaah imam sedang i‘tidal atau sujud untuk rakaat pertama. Makmum berniat, takbiratul ikram, dan langsung i‘tidal atau sujud bersama imam. Pada saat imam menutup salat dengan salam,

makmum berdiri lagi untuk menambah kekurangan rakaat yang belum selesai.

Maka jawaban untuk pertanyaan bagaimana jika makmum masbuq mendapati imam sedang ruku atau sujud maka yang dilakukan makmum yaitu takbiratul ihram dan selanjutnya mengikuti gerakan imam (baik itu sujud atau ruku’ tergantung sang Makmum masbuq mendapati imam ruku atau sujud maupun tahiyyat dan lain sebagainya.

Makmum masbuq tertinggal 1 2 3 rakaat

sholat-jum'at

Berikut adalah ilustrasi memudahkan dalam memahami makmum masbuq atau muwafiq.

Tidak dapat menyelesaikan bacaan al fatihah tapi mendapatkan ruku rakaat pertama imam.

Saat makmum datang untuk salat berjamaah asar, imam sholat masih dalam keadaan berdiri rakaat pertama.

Makmum kemudian niat, takbiratul ikram, lanjut membaca surat al fatihah, akan tetapi sebeum makmum tadi merampungkan bacaan alfatihah, imam melakukan gerakan ruku’.

Dalam hal ini makmum harus mengikuti gerakan imam tanpa harus menyelesaikan bacaan surat al fatihah tadi.

Dalam kondisi ini makmum masih dinyatakan mendapatkan keseluruhan rokaat bersama imam salat. Dengan begitu pada saat selesai salat dan imam mengucapkan salam, makmum juga mengituti salam tanpa harus menambahi rakaat karena keterlambatan.

Saat sholat dhuhur, makmum datang untuk berjamaah, kondisi imam salat sedang rukuk untuk rokaat pertama.

Maka makmum melakukan niat, takbiratul ihram, selanjutnya membaca al fatihah meskipun satu ayat.

Selanjutnya makmum segera rukuk mengikuti imam tanpa harus harus menyelesaikan bacaan surat al fatihah.

Dalam kategori makmum yang mendapati rukuk imam sholat, masih dimasukkan dalam kategori mendapatkan keseluruhan rakaat bersama imam. Jadi disaat imam menutup sholar dengan salam maka sang makmum juga ikut salam.

Imam sedang I’tidal

Pada saat makmum datang sholat dhuhur, imam sedang I’tidal atau sujud untuk rakaat pertama.

Selanjutnya makmum niat shalat, takbiratul ihram dan langsung I’tidal atau sujud bersama imam.

Pada waktu imam menutup salat dengan salam, maka makmum berdiri untuk menambahkan kekurangan rakaat yang belum selesai.

Demikian semoga menambah wawasan tentang makmum masbuq dalam salat berjamaah. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar