Cara Tayamum di Bus Pesawat

jet bus sugeng rahayu by golden express

Informasi tentang tatacara dan urutan melakukan tayamum pada saat berada di kendaraan umum baik moda transportasi darat semisal bus travel taxi opelet ataupun pada moda transportasi udara seperti pesawat helikopter jet temur (kalau ada).

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Era saat ini banyak kaum muslimin dan muslimat yang bepergian jauh dengan menggunakan kendaraan. Kendaraan ini bisa mobil pribadi atau moda transportasi darat maupun laut semisal bus umum atau pesawat komersial.

Jika perjalanan ini memakan waktu berjam – jam lamanya dan tidak ada pemberhentian untuk melaksanakan shalat beserta wudhu maka umat islam mendapatkan rukhshah atau keringanan dalam pelaksanaan ibadah.

Dengan syarat tertentu seorang muslim dapat melaksanakan ibadah shalat dalam kendaraan umum seperti bis atau pesawat terbang menyesuaikan kondisinya.

Akan tetapi kebanyakan sebelum melaksanakan ibadah ini seorang muslim harus dalam kondisi suci untuk melakukan ibadah shalat, yaitu bersih dari hadats kecil maupun besar.

Hadats kecil dihilangkan dengan cara wudhu atau tayamum dan hadats besar dengan mandi wajib atau bertayamum.

Kondisi berada dalam bus umum atau pesawat terbang komersial menjadikan seseorang pada umumnya tidak mendapatkan air untuk berwudhu.

shalat-qashar

Sehingga untuk menghilangkan hadats kecil karena kentut atau buang air dan penyebab hadats lainya diperlukan metode lain untuk menghilangkan hadats ini.

Metode yang dipakai untuk menghilangkan hadats selain wudhu adalah dengan cara tayammum.

Apa itu tayammum?

Dalam buku Pelajaran Fikih untuk MTs, disebutkan bahwa tayamum merupakan pengganti wudhu atau mandi wajib. tayammum dilakukan dengan menggunakan sarana debu yang suci. Debu ini digunakan sebagai pengganti air.

فَتَيَمَّمُوا صَعِيدَاً طَيِّبَاً

Lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan sho’id yang baik (suci).” (QS. Al Maidah: 6)

Kebanyakan mengartikan sho’id dengan debu, akan tetapi sebagian ulama berpendapat bahwa sho’id adalah segala permukaan yang ada di bumi. (sumber : rumaysho.com)

Penggantian wudhu dengan tayamum ini Hal ini dilakukan sebagai rukhsah (keringanan) untuk orang yang tidak dapat memakai air karena beberapa halangan ( uzur ).

Cara tayammum di dalam bus umum atau pesawat terbang komersial

bus

Kalau tayamum menggunakan debu, bagaimana jika berada dalam kendaraan atau pesawat yang sangat bersih?

Berikut adalah cara melakukan tayamum pada saat kondisi sedang berada pada kendaraan umum baik moda transportasi darat ataupun laut, tentunya terpenuhi syarat untuk bertayamum.

Yang pertama dilakukan adalah tempelkanlah sekali (tepukkanlah sekali) kedua tangan anda pada permukaan kursi didepan anda atau pada kaca atau pada permukaan apapun disekitar anda yang bersih dan mudah dijangkau (bisa dinding bus atau pesawat). Jangan lupa berniat dalam hati untuk bertayamum.

Niat tidak ada ketentuan bunyi dan ucapannya harus seperti apa, ada seorang alumni dari mesir (Tri Bimo Soewarno) berpendapat bahwa melafalkan niat adalah untuk memantabkan niat dalam hati.

Salah satu contoh niat tayamum yang jika anda hendak lafalkan secara lirih bisa seperti dibawah ini lengkap dengan arti beserta terjemahnya.

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Tulisan latin : Nawaitut Tayammuma Lisstibaahatish Shalaati Fardlol Lillaahi Ta’aalaa.
Arti bahasa Indonesia : Aku berniat tayamum agar diperbolehkan shalat karena Allah.

Kedua, Sapukan kedua telapak tangan ke wajah secara merata dari ujung rambut (dahi) sampai ke dagu (area wudhu pada wajah).

Ketiga, tempelkanlah / tepukkanlah kembali kedua telapak tangan anda sekali pada area lainnya (yang berbeda dengan anda menempelkan pertama kali untuk tayamum),

Keempat, Menyapukan tangan kanan hingga pergelangannya dengan tangann kiri, dan menyapu tangan kiri dengan tangan kanan.

selesai sudah anda menghilangkan hadats kecil dengan cara tayamum

Hadits tata cara Tayamum

Adapun dalil hadits tentang tata cara tayammum dapat anda baca dari hadits ammar bin yasir Hadits riwayat Abu Dawud nomor 318 yang dishahihkan al alBani :

أَنّ عَمَّارا كَانَ يُحَدِّثُ أَنَّهُمْ “تَمَسَّحُوا وَهُمْ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالصَّعِيدِ لِصَلَاةِ الْفَجْرِ فَضَرَبُوا بِأَكُفِّهِمُ الصَّعِيدَ، ثُمَّ مَسَحُوا وُجُوهَهُمْ مَسْحَةً وَاحِدَةً، ثُمَّ عَادُوا فَضَرَبُوا بِأَكُفِّهِمُ الصَّعِيدَ مَرَّةً أُخْرَى فَمَسَحُوا بِأَيْدِيهِمْ كُلِّهَا إِلَى الْمَنَاكِبِ وَالْآبَاطِ مِنْ بُطُونِ أَيْدِيهِمْ”

‘Ammâr bin Yâsir Radhiyallahu anhu menceritakan bahwa mereka bertayamum ketika mereka bersama Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan menggunakan tanah untuk shalat Subuh, lalu mereka menepuk dengan telapak tangan mereka tanah kemudian mengusap wajah sekali usapan kemudian kembali memukulkan telapak tangan mereka ke tanah sekali lagi untuk mengusap tangan mereka semuanya sampai ke pundak dan ketiak dari telapak tangan mereka.

Demikian informasi tentang cara tayamum di pesawat atau bis dalam kendaraan umum. Selamat melakukan perjalanan, semoga selamat sampai tujuan barakah dan sakiinah.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar