Perilaku Menghormati Orang Tua yang Masih Hidup

Share

Contoh perilaku dan sikap cara menghormati orang tua yang masih hidup berdasarkan buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII (tujuh) SMP/MTs.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, dalam soal ujian maupun pertanyaan ulangan semester 2 mapel PAI mungkin meminta anda menyebut tentang orang tua.

perilaku menghormati orang tua yang masih hidup

Salah satunya mengenai contoh perilaku menghormati orang tua yang masih hidup.
Contoh soal misalnya;

  • Sebutkan cara menghormati orang tua!
  • buatlah contoh perilaku menghormati kedua orang tua!
  • bagaimana cara menghormati orang tua? jelaskan
  • cara menghormati orang tua yang masih hidup

Seperti itulah kira kira salah satu soal pertanyaan dalam ujian ulangan mid semester maupun semesteran genap kelas VII SMP/MTs mapel Pelajaran PAI dan Budi pekerti.

Cara menghormati orang tua yang masih hidup

Bagaimana cara menjawabnya? Merujuk kepada buku pegangan maka cara menghormati orang tua yang masih hidup adalah dengan cara merendahkan diri serta berlaku sopan kepada keduanya dengan kasih sayang, bersikap lemah lembut.

Selanjutnya mengatakan (berdoa)

رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

artinya : rabbi irhamhuma kama rabbayanii saghiiran

kemudian tidak sekali-kali mengatakan uffin (ah) kepada orang tua.

contohnya sebagai beriku;

5 contoh perilaku menghormati orang tua yang masih hidup

  1. Memperlakukan keduanya dengan sopan dan hormat;
  2. Membantu pekerjaanya;
  3. Mengikuti nasihatnya (apabila nasihat itu baik);
  4. Membahagiakan keduanya.
  5. membantu kehidupan perekonomian

Dalil al-Qur’an tentang menghormati orang tua

Berikut beberapa dalil al-Qur’an mengenai menghormati kepada orang tua, tidak menyebutkan baik semasa masih hidup maupun sudah meninggal.

Al isra ayat 23 – 24

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا – ٢٣

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.
17:24

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ – ٢٤

Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.”

An nisa ayat 36

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ – ٣٦

Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri,

Demikian informasinya, semoga bisa membantu dalam mengerjakan tugas maupun soal berkenaan dengan cara menghormati orang tua yang masih hidup. Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.