Nabi Muhammad saw diangkat Menjadi Rasul

kaligrafi tulisan Muhammad

Pelajaran semester 1 kelas VII SMP tentang nabi Muhammad diangkat menjadi Rasul berdasarkan buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pontren.com – keresahan dirasakan atas perilaku dan perbuatan yang dilakukan oleh bangsa Arab yang jauh dari nilai Kebenaran. Selanjutnya Nabi Muhammad saw mengasingkan diri (uzlah) di Gua Hira.

Kegiatan menyendiri atau uzlah ini dilakukan berulang kali oleh Nabi Muhammad saw, dan tepat pada tanggal 17 Ramadhan saat nabi Muhammad usia 40 tahun, beliau didatangi oleh Malaikat Jibril dan menerima wahyu yang pertama yaitu Qur’an Surat al ‘Alaq ayat 1 sampai dengan 5.

Wahyu Pertama turun Al-‘Ayat 1-5

Berikut bunyi dan tulisan arab latin serta terjemah surat al ‘Alaq ayat 1 – 5

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

iqra` bismi rabbikallażī khalaq
Terjemah Arti: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,

خَلَقَ ٱلْإِنسَٰنَ مِنْ عَلَقٍ

khalaqal-insāna min ‘alaq
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

ٱقْرَأْ وَرَبُّكَ ٱلْأَكْرَمُ

iqra` wa rabbukal-akram
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah

ٱلَّذِى عَلَّمَ بِٱلْقَلَمِ

allażī ‘allama bil-qalam
Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,

عَلَّمَ ٱلْإِنسَٰنَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

‘allamal-insāna mā lam ya’lam
Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Keberadaan turunnya Wahyu pertama (Q.S Al ‘Alaq ayat 1-5) inilah yang menandakan bahwa Nabi Muhammad saw. dipilih dan diangkat Allah Swt. untuk menjadi utusan-Nya atau Rasul.

Jelaskan pesan-pesan Al ‘Alaq 1-5

Dalam pelajaran PAI tentang nabi Muhammad diangkat menjadi rasul biasanya akan ada pertanyaan atau perintah untuk menjelaskan apa saja pesan yang terdapat dalam surat al ‘Alaq ayat 1 -5.

Adapun pesan pesan dalam al-‘Alaq ayat 1-5 setidaknya mengandung pesan sebagaimana dibawah ini.

  • Prinsip pembebasan manusia dari buta baca dan tulis [Ahmad Syafii Ma’arif, Al-Qur’an dan Realitas Umat].
  • Doktrin tentang kedudukan tuhan sebagai maha pencipta.
  • Pemberitahuan tentang asal usul manusia dari segumpal darah.
  • Penegasan tentang fungsi tuhan sebagai maha pengajar (Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Pesan dan Kesan Keserasian Al-Qur’an, Vol 15, 402).

Itulah sebagian pesan yang terdapat dalam wahyu yang pertama kali turun kepada nabi Muhammad saw yaitu alquran surat al Alaq ayat 1 sampai dengan 5.

Jelaskan sebab sebab turunnya al ‘Alaq ayat 1-5

Asbabun nuzul Surat al-Alaq ayat 1 sampai 5 berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan perintah gemar membaca.

Dalam sebuah skripsi milik Ahmad Islahud Daroini mahasiswa FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNg jurusan Pendidikan Agama Islam mengatakan bahwa “Adapun tentang asbab al nuzul surat Al-‟Alaq ayat 1-5 dalam beberapa buku tafsir Al-Qur‟an tidak ditemukan atau dijelaskan.Adapun yang disebutkan asbab alnuzulnya dalam beberapa tafsir Al-Qur‟an yaitu asbab al-nuzulnya surat Al-‟Alaq ayat 16-19.”

Jika anda mencari di internet dengan kata jelaskan sebab sebab diturunkan wahyu pertama surat al ‘Alaq 1-5 maka muaranya adalah dimulai dari kisah nabi yang resah dengan akhlaq bangsa atau kabilah kabilah di Arab.

Kemudian nabi menyendiri uzlah di Gua hira dan pada saat nabi berusia 40 tahun datanglah malaikat Jibril membawa wahyu pertama kali dimaksud.

Dalam riwayat disebutkan ssaat nabi sedang berkhalwat digua Hiro’ , datanglah malaikat jibril , lalu mendekap Muhammad seraya berkata bacalah, Muhammad menjawab , Sesungguhnya saya tdk bisa membaca, kemudian malaikat jibril mendekapnya kembali sampai Muhammad merasa lela, setelah itu dilepaskannya dan seraya berkata bacalah, kembali Muhammad bilang Sesungguhnya saya tdk bisa berkata , hal ini terulang sampai 3 kali, ahirnya Muhammad berkata apa yg harus aku baca, maka turunlah surat al alaq ayat 1-5 (sumber : brainly).

Wahyu Kedua surat al Mudatsir ayat 1-7

Setelah mendapatkan wahyu pertama kali yang disampaikan oleh malaikat Jibril, malaikat pembawa wahyu ini tidak muncul untuk bebebrapa saat, dilain pihak nabi Muhammad terus menantikan wahyu selanjutnya dan berulang mendatangi gua Hira.

Dalam keadaan tersebut kemudian turun wahyu yang kedua yaitu al-Qur’an surat Al-Mudatsir ayat 1 – 7.

Adapun bunyi serta tulisan arab latin dan terjemahnya kedalam bahasa Indonesia Q.S. Al Mudatsir ayat 1 sampai dengan 7 adalah sebagai berikut;

يٰٓاَيُّهَا الْمُدَّثِّرُۙ

yā ayyuhal-muddaṡṡir
Wahai orang yang (berselimut)!

قُمْ فَاَنْذِرْۖ

qum fa anżir
bangunlah, lalu berilah peringatan!

وَرَبَّكَ فَكَبِّرْۖ

wa rabbaka fa kabbir
dan agungkanlah Tuhanmu,

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْۖ

wa ṡiyābaka fa ṭahhir
dan bersihkanlah pakaianmu,

وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْۖ

war-rujza fahjur
dan tinggalkanlah segala (perbuatan) yang keji,

وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُۖ

wa lā tamnun tastakṡir
dan janganlah engkau (Muhammad) memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.

وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْۗ

wa lirabbika faṣbir
Dan karena Tuhanmu, bersabarlah.

Jelaskan pesan pesan surat al Mudatsir ayat 1-7

Dalam buku PAI SMP kelas 1 disebutkan sebuah perintah (atau beberapa perintah) bagi para siswa untuk menyebutkan pesan yang terkandung dalam surat al Mudatsir ayat 1 sampai dengan 7.

Melansir dari makalah mahasiswa PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM LUQMAN AL HAKIM SURABAYA yang disusun oleh Disusun Oleh : Nur Adliyah, Nurul Syamsiah, Nur Samawati, Santi Dewi Arfani, Sri Wahyuni merangkum pesan dari surat al Mudatsir ayat 1-7 sebagai berikut:

Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Muhammad saw untuk melepaskan selimutnya dan bergegas menyerukan dakwah Islam, mengajak manusia untuk masuk Islam, khusunya untuk melaksanakan hal-hal berikut:

  • Mengagungkan nama Allah.
  • Mensucikan diri lahir dan batin.
  • Menjauhi perbuatan dosa dan noda.
  • Memperbanyak sedekah, serta tak mengharapkan balasan atasnya.
  • Memperteguh tekad hati, bermental baja, serta tidak berputus asa dalam mengabdi dan menyembah Allah.

Sebab sebab turunnya al mudatsir ayat 1-7

Bagi para siswa biasanya diminta untuk memberikan penjelasan mengenai sebab sebab turun surat al Mudatsir ayat 1 sampai dengan 7 atau yang biasa disebut dengan asbabun nuzul.

Mengenai sebab turunnya surat al-Muddatstsir ini, berdasarkan riwayat dari sahabat Jabir ibn Abdullah menjelaskan bahwa Nabi bersabda: “Ketika saya berada di atas bukit Hira, saya mendengar suara memanggil. Orang itu berseru, “Hai Muhammad, engkau adalah Rasul Allah.”

Saya melihat ke kanan ke kiri, saya tidak melihat apa-apa. Kemudian saya melongok ke atas, melihat ada malaikat duduk di kursi di antara langit dan bumi, karena itu saya pun merasa takut dan kembali kepada Khadijah, seraya berkata: “Tutuplah badanku, tutuplah badanku.”

Maka tuangkanlah air dingin untukku, dan pada saat itulah turun ayat-ayat ini. Dalam ayat-ayat ini Allah memerintahkan Rasul Muhammad untuk bangun memberikan peringatan kepada manusia dan mensucikan diri mereka dari tabiattabiat keji. Nabi juga diperintah bersabar menghadapi gangguan orang-orang musyrik (ash-Shiddieqy, 2000: 4400). Sumber :skripsi karya Nur ‘Aini NIM 11112255 JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA 2016 http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1344/1/skripsi.pdf

Demikian informasi mengenai nabi Muhammad saw diangkat menjadi rasul mengacu kepada buku PAI Kurikulum kurtilas, buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar