Surat an nahl ayat 114 tulisan latin arti per kata, hukum bacaan

makan minum halalan thoyyiban an nahl ayat 114
Share

Tulisan arab surat an nahl ayat 114 teks latin artinya perkata hukum bacaan mim sukun lam dan ra pada ayat dalam surat ini beserta hadits yang berkaitan, isi kandungan tentang tentang perintah memakan makanan yang halal lagi baik.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, berikut adalah rangkuman materi pembelajaran PAI kelas 2 SMP alias jenjang pendidikan kelas 8 tentang perintah memakan makanan yang halal dan baik. Beserta tulisan arab surat an nahl ayat 114 latin artinya perkata terjemahan bahasa Indonesia.

Serta menyertakan hukum bacaan mim sukun dan lamra dalam surah an nahl pada ayat 114.

Langsung saja berikut informasinya

Tulisan arab surah an nahl 114 dan tulisan latin beserta terjemah Bahasa Indonesia

فَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًاۖ وَّاشْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ – ١١٤

annahl ayat 114 tulisan latin : Fakuluu mimmaa rozaqumullaahu halaalan thoyyiban wasykuruu ni’matallaahi in kuntum iyyaahu ta’buduun.

Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.

Surat an nahl ayat 114 artinya per kata

Teks Arab:Arti per kata
فَكُلُوْا:Maka makanlah
مِمَّا:Dari apa
رَزَقَكُمُ:Yang telah di rezekikan kepada kalian
اللّٰهُ:Oleh Allah
حَلٰلًا:Yang halal
طَيِّبًاۖ:Yang baik
وَّاشْكُرُوْا:Dan bersyukurlah kalian
نِعْمَتَ:Terhadap nikmat
اللّٰهِ:Allah
اِنْ:Jika
كُنْتُمْ:Kalian adalah
اِيَّاهُ:Kepada-Nya
تَعْبُدُوْنَ:Kalian menyembah

Isi kandungan

Sebutkan isi kandungan dalam surat an nahl ayat 114 2 saja.

Jika ada pertanyaan seperti itu maka jawaban ini bisa anda lihat dalam buku PAI dan budi pekerti untuk siswa.

Berikut jawaban atau isi kandungan dalam surah annahl ayat 114 yang menjelaskan isi kandungannya.

  1. Islam mengajarkan kepada umatnya agar mengkonsumsi makanan dan minuman yang halalan thayyiban. Halal artinya dibolehkan agama, sedangkan thayyib artinya bergizi dan baik bagi kesehatan tubuh.
  2. QS An-Nahl (surat ke enam belas) ayat 114 berisi perintah untuk memakan makanan yang halal lagi baik, serta mensyukuri nikmat Allah Swt.

Hukum Bacaan lam ra dan mim sukun pada suroh an-nahl 114

Lafdzul jalaalah lam tafkhim pada bacaan رَزَقَكُمُ اللّٰهُ dan kalimat نِعْمَتَ اللّٰهِ, alasan dibaca lam tafkhim karena didahului harakat fathah.

Bacaan ra tafkhim pada kata رَزَقَكُمُ karena hurug ra dengan tanda baca fathah.

Baca : Contoh Bacaan tafkhim tarqiq lam ro

Bacaan idzhar syafawi pada kalimat كُنْتُمْ اِيَّاهُ karena bertemunya huruf nun sukun dengan huruf alif.

Hadits berkaitan dengan surat an-nahl ayat 114

Berikut adalah teks bunyi hadits yang berkaitan dalam surat an nahl ayat 114.

Anda bisa melihatnya dalam Syarh Hadits ke-10 Arbain anNawawiyyah

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ { يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ } وَقَالَ { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ } ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ

Dari Abu Hurairah –semoga Allah meridlainya- beliau berkata: Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah adalah baik dan tidaklah menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin sebagaimana perintah kepada para Rasul :

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Wahai sekalian para Rasul, makanlah yang baik-baik dan beramal sholihlah, sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan (Q.S al-Mukminun:51)

Dan Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ

Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik dari rezeki yang Kami berikan kepada kalian (Q.S Al Baqoroh:172).

Kemudian Nabi menceritakan keadaan seseorang yang melakukan safar panjang, rambutnya kusut, mukanya berdoa, menengadahkan tangan ke langit dan berkata: Wahai Rabbku, wahai Rabbku. Sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, diberi asupan gizi dari yang haram, maka bagaimana bisa diterima doanya?! (H.R Muslim)

Demikianlah informasi tentang tulisan arab surat an nahl ayat 114 teks latin beserta artinya per kata dan hadits yang berkaitan untuk memakan yang halalan thoyyiban (halal dan baik). Mapel PAI kelas 2 SMP untuk mengerjakan soal ujian maupun ulangan.

Salam kenal, wilujeng dalu wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *