shower-mandi-wajib

Niat Mandi Haid Tulisan Arab Latin dan Terjemahnya

Informasi tentang bacaan niat mandi besar karena haid dalam tulisan arab disertai cara membaca dalam latin dan terjemah untuk kemudahan pemahaman maksud dari ucapan atau lafadz niat mandi haid.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sugeng siang poro rawuh dunia maya, semoga kesehatan dan kelancaran serta kemakmuran selalu terlimpahkan kepada para pembaca yang budiman.

Kali ini mengenai tulisan niat mandi besar karena haid dalam teks arab latin dan terjemah bagi kalangan wanita atau perempuan yang telah mencapai akil baligh yang ditandai dengan keluarnya darah tanda kedewasaan. Kata lain dari haid biasa disebut dengan menstruasi.

Jadi teringat obrolan pada grup whatsapp tentang niat, bahwasanya niat itu berada dalam hati, sehingga ada diskusi kecil antara sesama alumni al azhar Kairo mesir, yaitu mengenai pengucapan atau pelafadzan niat.

Intinya ada pendapat dari salah satunya yang menurut saya cocok untuk dipergunakan. Yaitu bahwasanya mengucapkan niat atau melafadzkannya merupakan bentuk pemantaban niat yang telah ada dalam hati.

Sehingga dampak hukum dari pemantaban adalah seorang yang mandi wajib karena haid tapi lupa melafadzkan tidak menggugurkan niat yang telah ada dalam hati.

Bacaan Lafaz Niat Mandi Wajib Karena Haid Arab

Berikut adalah tulisan dalam bahasa Arab lengkap dengan harakat syakal disertai arti bagi yang hendak memantabkan niat dalam hati dengan mengucapkannya. Dilengkapi dengan harokat untuk huruf hijaiyah supaya memudahkan dalam membacanya.

Berikut niat mandi wajib arab.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْحَيْضِ للهِ تَعَالَى

Tulisan latinnya adalah sebagai berikut : nawaitul ghusla lirof’il hadatsil haidzi lillahi ta’aala
Artinya : aku niat mandi (besar) untuk menghilangkan hadats karena haid karena Allah Ta’ala.

Rukun Mandi Wajib

Ada 2 hal yang menjadi rukun untuk mandi wajib menghilangkan hadats karena haid bagi wanita dewasa atau yang sudah baligh.

Yang pertama adalah niat, yaitu sebelum mandi hendaknya sudah ada niat bahwasanya peruntukan mandi ini dalam rangka menghilangkan hadats karena peristiwa haid yang dialami.

Kedua, meratakan air ke seluruh badah, diratakan kepada seluruh anggota badan, rambut dan sela sela anggota tubuh yang dapat dikenai air, dimana air yang dipakai mencapai keseluruhan dari badan. Untuk itu perlu diperhatikan agar tidak ada anggota badan yang terlewat dari kena air.

Sunnah sunnah Mandi wajib

Jika hal yang wajib dalam mandi haid yaitu niat dan meratakan air ke seluruh badan, maka berikut ada sunnah dalam mandi haid menurut Imam Abu Syuja’ di dalam kitab Taqrib.

Adapun kelima sunnah mandi haid atau mandi besar yang lainnya adalah sebagai berikut;

  1. Membaca basmalah,
  2. berwudu sebelum mandi,
  3. menjalankan tangan ke seluruh tubuh,
  4. terus menerus, dan
  5. mendahulukan anggota kanan atas anggota kiri.

Gambar tulisan niat mandi wajib

Jika anda hendak mengunduh gambar dalam format JPG tentang niat mandi haid yang dipakai dalam DP whatsapp atau postingan di facebook, berikut kami sediakan pic dimaksud sebagai salah satu cara untuk mengingatkan diri (self reminder kata anak anak gaul sekarang) dan memudahkan dihafalkan dengan melihatnya jika agak lupa alias lali.

niat-mandi-besar-karena-haid
niat mandi wajib karena Haid

Demikian tulisan tentang bacaan niat mandi besar karena haid disertai dengan informasi 2 buah rukun dan 5 macam sunnah sunnah mandi besar yang mungkin sudah anda hafal atau ketahui diluar kepala. Sugeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar