Tegese dadi Gawe Oleh Ati Yaiku, Kalebu Tembung

Tegese dadi Gawe Oleh Ati Yaiku, Kalebu Tembung

Tegese dadi Gawe Oleh Ati basa jawa kang Kalebu jinise Tembung entar Basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya beserta contoh kalimat gawea tuladha ukara tuladhane ukarane.

Tembung entar merupakan kata pinjaman dalam Bahasa Jawa. Kata pinjaman ini kita tidak boleh mengartikannya secara harfiah atau apa adanya (sawantahe).

Jadi dalam kata tembung entar ini ada maksud dari arti lahir dalam unen – unen yang memiliki arti metafora atau pemisalan.

Berikut adalah gawea tuladha ukara nganggo tembung entar loro wae lan wenehana tegese.

Dadi gawe tegese yaiku, tuladha ukara contoh kalimat

Dalam ungkapan unen – unen tembung entar Basa Jawa dadi gawe tegese yaiku ngrepotake, agawe repot, marai ribet yang dalam Bahasa Indonesia artinya adalah merepotkan membuat repot.

Secara harfiah arti dadi adalah menjadi, menjadikan. Sedangkan gawe tegese yaiku prakaryan, pagawean, artinya yaitu pekerjaan.

Maka dalam hal ini maksudnya adalah (perbuatan atau situas) yang menyebabkan timbulnya pekerjaan munculnya hal yang perlu anda selesaikan. Yang berakibat merepotkan karena harus mengerjakan sesuatu.

Contoh kalimat tuladha ukara; Aja guneman waton mengko mundhak dadi gawe.

Tegese yen muni kudu ngati-ati mergane mengko bisa ngrepotake nembe mburine. Artinya secara ringkas yaitu apabila berbicara dengan hati-hati supaya tidak merepotkan di belakang hari.

Tegese Oleh Ati, Gawekna tuladha ukara nganggo tembung entar iki

Oleh ati tegese yaiku digatekne tampa katresnan, artinya adalah menerima atau mendapatkan hatinya (cintanya, kasih sayangnya, love nya dan lain sebagainya, uhuyyy).

Selain itu, dalam dataran diluar urusan cinta, maksudnya adalah mendapatkan perhatian, yang dalam Bahasa Jawa artinya perhatian adalah gatek, diperhatikan artinya dalam bahasa jawa yaitu digatekne.

Contoh kalimat tuladha ukara misalnya sebagai berikut; Asti Setyorini oleh ati pak dosen amarga sregep lan pinter. Artinya si Asti Setyorini mendapatkan perhatian (mendapatkan hati) pak dosen karena rajin dan cerdas).

Demikianlah tegese oleh ati lan dadi gawe tembung entar basa Jawa, artine, tuladhane ukarane contohnya dalam kalimat basa Jawa. Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*