Cepak Rejekine Empuk Rembuge Tegese Yaiku

cepak rejekine empuk rembuge

Ukara unen unen tembung entar Basa Jawa cepak rejekine lan empuk rembuge, artinya, tegese, kalebu basa rinengga jenise tembung entar basa Jawa, tuladha ukara, contoh kalimat beserta terjemahnya dalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, selamat sore para pemirsa internet yang budiman. Kali ini kita akan membahas tentang dua tembung entar berkaitan dengan rizki dan cara berbicara.

Dalam Basa Jawa tembung entar artinya adalah kata pinjaman. Yaitu suatu ungkapan kata yang tidak bisa kita mengartikannya apa adanya. Ora bisa ditegesi salugune, begitulah basa Jawanya.

Jadi kita mengartikannya tidak secara harfiah, namun berupa apa maksud dari kata pinjaman ini.

Tanpa basa basi berikut ulasannya.

Tegese cepak rejekine

Unen unen tembung entar cepak rejekine tegese yaiku gampang oleh rejeki artinya adalah dekat rizkinya, maksudnya yaitu mudah dalam mendapatkan rizki.

Dalam Bahasa Jawa tegese cepak yaiku wis cedhak karo dunungé (wektuné lan sakpiturute. Bisa uga tegese yaiku gampang sarta énggal (kena lelara, cilaka, nepsu lsp);

Arti Bahasa Jawa cepak adalah sudah dekat dengan sesuatu (bisa waktu dan lain sebagainya). Dapat juga berarti mudah serta cepat (kena penyakit, celaka, nafsu, dan lain sebagainya).

Rejeki tegese yaiku pangan (sega), apa-apa sing prelu kanggo urip). Artinya adalah rizki, yaitu makanan (nasi), atau apapun yang perlu untuk hidup (kebaikan tetangga, dan lain sebagainya).

Jadi dalam ungkapan ini memberikan julukan kepada orang – orang yang mudah mendapatkan rizki, tembung entar kang tegese gampang oleh rejeki.

Gawea tuladha ukara ; Amarga sregep, ulet, setiti lan ngati-ati si Asti Setyorini cepak rejekine.
Artinya; Karena rajin, ulet, teliti dan hati-hati si Asti Setyorini mudah mendapatkan rejekinya.

Tegese Empuk Rembuge

Unen unen tembung entar empuk rembuge tegese yaiku carane ngomong utawa rembugane kepenak dirungokake. Artinya empuk komunikasinya, maksudnya adalah caranya berbicara/berkomunikasi nyaman untuk didengarkan.

Tembung empuk tegese yaiku ora atos, ora kaku, gampang dipamah. Artinya adalah empuk, yaitu tidak keras, lunak tidak kaku, mudah dikunyah.

Rembuge asale saka tembung rembug, tegese yaiku wis condhong, sarujuk, artinya adalah sudah cenderung, atau menyetujui, maksudnya adalah percakapan yang menuju arah setuju atau kesepakatan.

Jadi dalam hal ini maksudnya adalah bagaimana cara berbicara, berkomunikasi seseorang yang baik sehingga nyaman bagi orang yang mendengarkannya.

Wenehana tuladha ukara! Buatlah contoh kalimatnya.

Amarga wis suwe anggone dodolan online si Asti tambah empuk rembuge. Artinya karena sudah tinggi jam terbangnya dalam berjualan online si Asti Setyorini semakin canggih dalam berkomunikasi.

Ungkapan ini biasa menjadi sebuah lontaran kalimat dalam pacelathon mengomentari situasi keadaan seseorang yang mudah dalam mencari rejeki atau mereka yang pintar bicara menata kata dan komunikasi.

Demikianlah tambahan unen unen tembung entar Basa Jawa empuk rembuge lan cepak rejekine tegese, artine, artinya, tuladha ukara, contoh kalimat. Wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *