Gedhe Tekade Tegese, Ukara, Kalebu Tembung

Gedhe Tekade Tegese, Ukara, Kalebu Tembung
ungkapan tembung entar Basa Jawa yang menggambarkan keinginan dan niat yang kuat untuk meraih cita cita keinginan

unen unen tembung gedhe tekade tegese yaiku ora gampang pasrah, ora gelem mundur, artinya yaitu besar tekadnya, maksudnya adalah pantang menyerah, tidak mudah menyerah, tidak mau mundur, kalebu basa rinengga jenise tembung entar.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, untuk menggapai cita cita, meraih keinginan, mendapatkan kesuksesan perlu ikhtiar usaha yang keras serta telaten.

Semangat yang tinggi dan pantang menyerah ini merupakan tekad manusia, keinginan yang sangat beriringan dengan usaha dan tindakan kongkrit.

Ora mundur babar blas sakdurunge kelakon apa kang dadi gegayuhane, tidak mundur satu langkahpun sampai mencapai apa yang menjadi cita – citanya.

Keadaan semangat yang tidak mau menyerah ini menggambarkan keadaan tekad yang besar, yang dalam ungkapan tembung entar yaiku gedhe tekad.

Gawea tuladha Ukara nganggo tembung Gedhe Tekade lan andharna apa tegese unen unen tembung entar ing ngisor iki!

Sebelum kita menyampaikan contoh kalimatnya dalam basa jawa, mari kita uraikan maksud dari ungkapan kiasan dalam bahasa Jawa ini.

Tembung entar merupakan ungkapan bahasa Jawa berupa pemisalan, kiasan, sehingga tidak bisa kita memaknainya secara harfiah apa adanya dari kata-kata ini.

tegese gedhe yaiku kosokbaline tembung cilik, bisa ditegesi akeh barange, ukurane kang ora cilik lan sakpiturute.

Artinya besar adalah kebalikan dari kecil, merupakan kata sifat, bisa diartikan banyak kuantitasnya atau kualitasnya, ukuran yang tidak kecil dan lain sebagainya.

Tekade asale saka tembung lingga tekad, tegese yaiku kaanteping ati. Artinya adalah tekad, yaitu kemantaban hati, keinginan, niat, dan lain sebagainya.

Adapun tuladhane ukarane atau contoh kalimatnya dalam Basa Jawa adalah sebagai berikut;

Asti Setyarini wis manteb lan gedhe tekade anggone ndaftar nyang UGM Fakultas Hukum. Artinya Asti Setyorini sudah bulat tekadnya untuk mendaftar di Universitas GadjahMada Yogyakarta pada Fakultas Hukum.

Contoh kalimat yang lain misalnya;

Aning Setyaningsih wis gedhe tekade anggone nglembara marang Sumatera supayane uripe mulya. Artinya ; Aning Setyaningsih sudah bertekad kuat untuk merantau ke Sumatera agar hidupnya sukses.

Demikianlah informasi dan contoh kalimat tembung entar kang ateges ora gelem pasrah, ora gelem mundur. Artinya besar tekadnya, maksudnya yaitu pantang menyerah. Maturnuwun sudah mampir dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*