Entek Atine Tegese Tembung Entar

Entek Atine Tegese Tembung Entar

Entek atine tegese tembung entar iki yaiku kuwatir banget, keweden, artinya adalah habis artinya, maknanya atau maksudnya adalah sangat khawatir, begitu ketakutan, masuk dalam kategori jenise tembung entar basa Jawa.

Sebagaimana dalam bahasa Indonesia, pada Basa Juga memiliki ungkapan berupa kiasan atau pemisalan untuk istilah kata-kata tertentu.

Penggunaan ungkapan kata – kata kiasan dalam basa Jawa disebut dengan tembung entar. Yaitu suatu tembung yang tidak boleh kita mengartikan secara harfiah apa adanya. Tembung Ora kena ditegesi sawantahe

Jadi dalam pengertian dalam Bahasa Jawa, Tembung entar yaiku yaiku tembung silihan, tembung kang ora kena ditegesi mung sawantahe bae, dadi tegese ora salugune.

Merupakan kata pinjaman, kata yang tidak boleh kita mengartikannya apa adanya secara harfiah, jadi maksudnya tidaklah seperti harfiah dalam tembung ini.

Contohnya entek atiku, maksudnya bukanlah habis hati karena dimakan atau larut pada sesuatu. Apabila kita mengartikan apa adanya seperti itu, yaitu hilangnya hati karena habis maka akan keliru memaknainya.

Namun maksud dari entek ati yaiku keweden, wedi banget, kuwatir nemen.

Tegese entek atine yaiku, tuladha ukara tembung entar dan artinya dari Basa jawa kedalam Bahasa Indonesia

Dalam bahasa Jawa, tegese entek yaiku wis rampung kabeh tumrap gawean, utawa ilang kabeh, ora ana sisaen, artinya adalah sudah selesai semuanya (dalam hal pekerjaan) atau hilang semua, tidak ada sisanya.

Atine asale saka tembung lingga ati, tegese yaiku rasa-rumangsa, pangrasa, artinya hati adalah rasa , perasa, perasaan.

Jadi secara harfiah, artinya adalah habis perasaannya. Maksudnya ya seperti itu, rasa khawatir yang sangat, bercampur dengan ketakutan karena was was ada akan ada kejadian buruk yang menimpa.

Wenehana tuladha utawa gawea ukara nganggo tembung entar kang nduweni teges kuwatir banget, keweden nganggo basa Jawa!

Buatlah contoh kalimat tembung entar yang artinya sangat khawatir, waswas ketakutan menggunakan Bahasa Jawa.

Berikut tuladhane ukarane Basa Jawa.

mangerteni BBM mundhak,para supir entek atine. Artinya adalah mengetahui harga bensin dan solar naik, para driver kendaraan menjadi sangat khawatir (dengan perekonomian mereka).

Demikian tegese tembung entar basa Jawa kang ateges kuwatir banget, keweden beserta contoh kalimat tuladha ukara, artinya kedalam Bahasa Indonesia. Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*