Adus Kringet Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Adus Kringet Kalebu Tembung, Tuladha Ukara

Ukara unen – unen adus kringet tegese yaiku nyambut gawe temenan utawa nyambute gawe abot banget, artinya secara harfiah yaitu mandi keringat, maknanya adalah bekerja keras dengan sungguh-sungguh atau bekerja pada pekerjaan yang sangat berat. Kalebu basa rinengga tembung entar Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng siang para pamiyarsa internet ingkang sae bebudenipun. Kali ini kita akan membahas tentang tembung entar basa Jawa sing ateges nyambut gawe temenan.

Temenan iku asale saka tembung temen, tegese yaiku banget, nyata ora goroh, tenanan. Artinya temenan adalah betul-betul, sungguh-sungguh, sangat dan lain sebagainya.

Jadi biasanya unen unen atau ungkapan tembung entar ini berkaitan dengan etos kerja, semangat, atau pekerjaan seseorang yang berat dan sungguh-sungguh dalam mengerjakannya.

Dalam khazanah kamus Basa Jawa, tegese adus yaiku ngresiki awak sarana digebyur (nyilem lsp) ing banyu. Artinya adalah mandi, yaitu membersihkan badan dengan cara disiram, menyelam dan lain sebagainya pada air.

Namun dalam hal ini bukan air yang menjadi sarana untuk membasahi sekujur badan. Namun keringat.

Kringet yaiku banyu metu saka ing kulit (ing awak). Basa krama inggile kringet yaiku riwe.

Keringat adalah air yang keluar pada kulit (dari tubuh). Adapun bahasa halusnya keringat dalam bahasa Jawa yaitu riwe.

Gawea Tuladha Ukara nganggo Tembung Adus Kringet lan wenehana artine (Buatlah contoh Kalimat tembung entar mandi keringat, dan artinya).

Sebagaimana kita ketahui, tembung ini kalebu jenise tembung entar. Yaitu kata pinjaman yang tidak bisa kita mengartikannya secara harfiah atau apa adanya. Karena tembung entar merupakan metafora atau kata untuk memisalkan.

Jadi mandi keringat ini bukanlah keringat sebagai pengganti air untuk mandi. Namun karena banyaknya peluh yang keluar dari badan karena bekerja sehingga gambarannya bagaikan mandi memakai keringat.

Berikut adalah contoh kalimat tuladhane ukarane.

Amarga nyambut gawene abot banget pak tani nganti adus kringet. Artinya; Karena pekerjaannya sangat berat, pak tani sampai mandi keringat.

Tuladha ukara liyane misale; Asti Setyarini sik nyambut gawe sregep banget nganti adus kringet. Artinya; Si Asti dalam bekerja sangat giat sampai-sampai mandi keringat.

Demikianlah tegese adus kringet kalebu tembung entar basa Jawa, tuladha ukara contoh kalimat dan artinya kedalam Bahasa Indonesia. Maturnuwun salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top